Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Ucapan Idul Fitri Lengkap Artinya & Jawaban

Saya rangkumkan arti ucapan taqabbalallahu minna wa minkum dan cara benar ucapkan jawaban balasan taqabbalallahu minna wa minkum, ketika ada yang mengatakannya maka wajib dijawab jangan keliru. Saya sertakan contoh sekaligus gambar terkait kata kata lebaran hari raya, lengkap pada tulisan ini.

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Adalah Ucapan Idul Fitri Yang Tepat


Taqabbalallahu minna wa minkum dijawab wa taqabbal ya karim, sering diucapkan sebelum dan sesudah sholat idul fitri, secara langsung atau pun melalui whatsapp. 

Bahkan khusus di bulan ramadan menjelang syawal ucapannya dilanjutkan dengan kata wa shiyamana wa shiyamakum yang maknanya melengkapi doa tersebut.

taqabballahu minna wa minkum arti lengkap

Jika tidak terbiasa dengan istilah bahasa arab tentu akan membingungkan, bahkan dibikin keliru.

Bisa jadi menyebabkan salah makna penyebutan taqabbalallahu minna wa minkum, saya pun demikian awalnya bingung, karenanya harus paham betul sebelum mengucapkannya.

Sesaat bulan ramadan menjelang bulan syawal, saya menerima banyak sekali ucapan hari raya idul fitri, di whatsapp, instagram, facebook dan melalui SMS singkat.

Tentunya kamu demikian juga, mendapatkan banyak ucapan selamat lebaran dan disertai kata taqabbalallahu minna wa minkum, dari teman alumni, teman kantor, bahkan orang yang tidak kamu kenal.

Agar tidak bingung untuk menjawabnya, simak tulisan berikut ini dari awal hingga akhir, baiknya tidak membacanya terburu-buru.

Ulasan Taqabbalallahu
Ucapan taqabballahu minna wa minkum memiliki arti keliru karena penulisan huruf latinnya kurang, seharunya ada huruf la ( لَ ) pada taqabballahu sehingga menjadi ucapan taqabbalallahu yang tepat. Taqabba memiliki arti melacak, sudah memiliki arti yang berbeda, taqabballahu akan bermakna melacak Allah. Semoga kita terhindar dari dosa kekhilafan penulisan taqabballahu minna wa minkum, dan menggantinya dengan yang tepat "taqabbalallahu minna wa minkum".

Taqobbalallahu Minna Wa Minkum merupakan doa


Penulisan taqobbalallahu minna wa minkum memiliki makna yang sama hanya saja beda kepenulisannya, kita ketahui bersama dalam literasi bahasa arab, pengucapan bisa saja sama namun penulisan pada latinnya berbeda. Tulisan yang benar dalam bahas arab ( تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ  ) "taqabbalallahu minna wa minkum"  yang artinya semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.
Ucapan taqobbalallahu minna wa minkum memiliki makna yang sama tapi sebagian orang asing ketika membacanya, di Indonesia huruf qaf ( قَ ) pada taqobbalallahu ditulis a - qaf walaupun pada lafadznya terdengar seperti huruf o-qof. Sama seperti penulisan Alloh yang benar seharunya Allah, untuk menghindari perbedaan makna untuk beberapa orang, lebih baik menggunakan penulisan secara umum, Allah. Semoga kita terhindar dari dosa kekhilafan penulisan taqobballahu minna wa minkum, dan menggantinya dengan yang tepat "taqabbalallahu minna wa minkum".

Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum merupakan doa

Kata taqabbalallahu minna wa minkum sering menyertai ucapan selamat hari raya idul fitri, dan dalam penulisan bahasa arab atau pun tulisan latin memiliki arti yang sama merupakan sebuah doa.

Pengertian per kata lengkapnya berikut ini.

Taqabbalallahu artinya "semoga Allah menerima", mengacu pada puasa dan amalan selama bulan ramadan.

Minna wa minkum artinya "dari kami dan dari kalian", menjelaskan lebih lanjut semoga Allah menerima amalan ibadah diri sendiri dan orang lain, memohon pada Allah amalan diri sendiri dan kalian diterima.

Maka, kalimat ucapan lengkapnya "Taqabbalallahu minna wa minkum" artinya "semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian".

Ketika bulan ramadan tiba bulan penuh amalan dan puasa menjelang atau memasuki bulan syawal kalimat ini baik diucapkan, mendoakan untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain sesama muslim.

Sejarah Saling Ucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum


Pada masa itu, tidak ada ucapan mohon maaf lahir batin, para sahabat yang bertemu saat hari raya idul fitri saling mendoakan satu sama lain.

Bulan ramadan identik dengan bulan penuh ampunan, dan hari raya idul fitri merupakan hari kemenangan.

Setelah sebelumnya selama 1 bulan melakukan ibadah puasa dan amalan ibadah lainnya dengan mengharapkan ampunan pada Allah.

Di hari raya ketika bertemu mereka saling mendoakan agar ibadah dan amalan sama-sama diterima Allah serta apa yang diharapkan terkabul.

Dalil Keutamaan Mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum


Bukti yang menjelaskan keutamaan saling mengucapkannya ketika hari raya tiba adalah dalil yang dikutip dari hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

Dari Ibnu 'Aqil menceritakan beberapa hadits mengenai ucapan selamat di hari raya ‘ied. Di antara hadits tersebut adalah dari Muhammad bin Ziyad, ia berkata, “Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya. Jika mereka kembali dari ‘ied (yakni shalat ‘ied, pen), satu sama lain di antara mereka mengucapkan, ‘Taqobbalallahu minna wa minka’.” Imam Ahmad mengatakan bahwa sanad riwayat Abu Umamah ini jayyid.

Wallahu a’lam bish shawab.

referensi: taqabbalallahu minna wa minkum

Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Ketika Orang Mengucapkannya


Jika orang mengucapkannya maka jawablah dengan sebaik-baiknya jawaban, karena ucapan tersebut mengandung doa yang saling mendoakan.

Semakin jelas saya kutip dari Qur'an, Bismillahirrahmanirrahim, “Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal” (QS An Nisa’ : 86).

Qur'an menjelaskan bahwa salam sesama muslim dalam bentuk apa pun wajib dibalas dengan salam lebih baik, atau ucap kembali salam yang tertuju padamu.

Balasan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Ucapkan Amin


Dengan mengetahui arti dari ucapan tersebut, tentu akan memahami bagaimana cara menjawab balasan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum.

Semoga Allah menerima (ibadah puasa dan amalan) dari kami dan juga kalian, maka dengan menjawab 'amin' juga bermakna mohon pada Allah untuk dikabulkan.

Hanya saja, mungkin akan terkesan cuek kalau hanya menjawab satu kata saja, ada baiknya diikuti kalimat lain yang saling mendoakannya.

Ucap Juga Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Sebagai Balasan


Ketika kalimat doa selamat hari raya idul fitri tertuju ke kamu, dengan menjawab yang sama demikian taqabbalallahu minna wa minkum, sudah saling mendoakan dalam kebaikan.

Jadi tidak ada masalah dan tidak perlu bingung untuk menjawab balasannya, ucapkan amin dan disertai juga mendoakan akan lebih baik.

Bahkan untuk beberapa orang sudah mempersiapkan kalimat balasan selain taqabbalallahu minna wa minkum, yaitu kata kata mutiara hari raya lebaran idul fitri.

Wallahu a’lam bish shawab.

Taqabbalallahu Minna wa Minkum wa Shiyamana wa Shiyamakum


Ucapan ini memiliki makna yang sama, tidak ada yang membedakan secara maksud dan tujuan, karena kalimatnya juga mengandung doa.

Arti wa shiyamana wa shiyamakum adalah "dan puasa kami dan puasa kalian" menjelaskan lagi amalan yang dimohon diterima Allah adalah ibadah puasa selama sebulan penuh.

Lengkapnya, taqabbalallahu minna wa minkum wa shiyamana wa shiyamakum artinya semoga Allah menerima puasa kami dan puasa kalian.

Balasan jawabannya bisa mengucapkan amin dan ditambah ucapan tersebut diulang kembali, bahkan baik juga menambahkan kata kata selamat hari raya.

Taqabbalallahu Minna wa Minkum wa Taqabbal ya Karim


Kalimat ini mungkin sudah sering terdengar, setelah sholat berjemaah atau pun pada kajian dan kegiatan amalan ibadah lainnya.

Arti taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya karim, "semoga Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia"

Tidak ada yang membedakan maksudnya, sama juga untuk menyampaikan doa, dan lebih memohon lagi karena ada pengulangan ya karim.

Ucapan ini lebih sesuai untuk jawaban daripada memulai untuk mengucapkan orang lain, ketika diucapkan dan dibalas dengan kalimat ini akan bermakna saling mendoakan serta lebih memohon kembali dengan sangat.

Taqabbalallahu Minna wa Minkum wa Ja'alanallahu Minal ‘Aidin wal Faizin


Penulisan lengkapnya, Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair

Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan."

Bisa digunakan untuk memulai ucapan atau pun juga menjawab balasan ucapan yang datang ke kamu, kalimat ini lebih lengkap daripada yang lainnya.

Selain saling mendoakan dan memohon agat amalan diterima, kalimat lengkap ini juga memohon agar semua muslim selalu dalam kebaikan.

Waktu Tepat Saling Mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum


Hari raya idul fitri pada tanggal 1 syawal - 2 syawal, bertepatan di tanggal 24 - 25 mei 22
020 hari selasa - rabu merupakan waktu yang tepat mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum.

Walaupun demikian, tidak ada salahnya mengucapkan di malam sebelum hari raya ketika takbiran berlangsung, karena keesokannya kamu pasti akan disibukkan dengan membalas ucapan yang datang padamu.

Banyak juga yang mengucapkan bertepatan hari raya lebaran, setelah sholat idul fitri dan sebelum sholat, kalimat terangkai indah dengan pilihan kata berkesan membuktikan ketulusan hati ketika mengucapkannya.

Cara Penulisan Lafadz Bahasa Arab dan Latin Beserta Artinya


Menuliskan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum yang benar dan lengkap harus sesuai dan tidak ada yang keliru satu huruf pun agar artinya tidak berbeda.

Berdasarkan riwayat hadits, para sahabat saling mendoakan setelah selesai sholat idul fitri dengan kalimat tersebut, namun sebuah kitab ilmu yang membahas tentang ucapan selamat hari raya menjelaskan.

Boleh menambahkan ucapan lain selagi ucapan itu mengandung kebaikan dan jauh dari keburukan, seperti ya karim, shiyamana wa shiyamakum dan ja'alanallahu minal ‘aidin wal faizin.

Bahasa arabnya: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ
Bahasa latinnya: Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
Artinya: semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian

Bahasa arabnya: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ, وَأَحَالَهُ اللَّهُ عَلَيْك
Bahasa latinnya: Taqabbalallahu minna waminkum wa ahalahullahu ‘alaik
Artinya: Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian dan semoga Allah menyempurnakannya atasmu

Bahasa arabnya: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ
Bahasa latinnya: Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya karim
Artinya: Semoga Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia

Bahasa arabnya: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ
Bahasa latinnya: taqabbalallahu minna wa minkum wa shiyamana wa shiyamakum
Artinya: semoga Allah menerima puasa kami dan puasa kalian.

Bahasa arabnya:
  تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ
Bahasa latinnya: Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair
Artinya: Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan.

referensi: Minal 'Aidin wal-Faizin

Contoh Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum di Whatsapp

Dimulai dengan hadist:
Siapa yang menghayati malam Hari Raya Idul Fitri dan malam Hari Raya Idul Adha dengan amal ibadah sedang dia mengharapkan ridho Allah semata-mata, hatinya tidak akan mati seperti hati orang-orang kafir. HR. Imam Tabrani

Dimulai dengan kata kata mutiara:
Sayup terdengar takbir berkumandang
Tanda Ramadan akan lewat
Ampunan diharap, barokah didapat
Taqobballahu minna wa minkum
Mohon maaf lahir dan bathin
Selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin
Selamat hari raya idul fitri

Dimulai dengan syair:
Apabila ada langkah yang membekas lara
Apabila ada kata yang merangkai dusta
dan ada tingkah yang pernah menoreh luka
di bulan ampunan ini mohon dibukakan pintu maaf
Selamat idul fitri

Contoh Ucapan Idul Fitri untuk Kantor Instansi

Taqabbalallahu Minna wa Minkum
Segenap Direksi dan Karyawan Nama Instansi
Mengucapkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir dan Batin
Di hari yang penuh bahagia
Mari samakan visi dan cita
Untuk hari esok yang lebih istimewa
Hubungan baik ciptakan etos kerja

Contoh Ucapan Idul Fitri untuk Teman Alumni


Taqabbalallahu Minna wa Minkum
Tiap waktu akan berlalu menjadi kenangan
Tanpa memaknainya yang ada hanya kehilangan
Di bulan ramadan penuh ampunan
Mohon maafkan dan mari raih kemenangan
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon maaf lahir dan batin

Contoh Ucapan Idul Fitri untuk Keluarga


Taqabbalallahu Minna wa Minkum
Banyak kata yang tak sempat terucap
Banyak tingkah yang tak semestinya
Mohon maafkan diri ini (ibunda, ayahanda)
Lahir dan batin karena keluarga
Selamat hari raya idul fitri

Download Lagu Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Lagu ini umumnya menjadi latar ketika suasana hari raya, ketika di rumah saat semua sedang berkumpul bersama. Semoga lagu ini sesuai untuk memberikan pengalaman berharga di hari raya idul fitri tahun ini.

Nanti saya perbarui link downloadnya ya.

Lirik Lagu Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Lagu ini umumnya menjadi latar ketika suasana hari raya, ketika di rumah saat semua sedang berkumpul bersama. Semoga lagu ini sesuai untuk memberikan pengalaman berharga di hari raya idul fitri tahun ini.

Nanti saya perbarui lirik lagunya ya

Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Dengan Gambarnya

Berikut ini informasi umum tentang ucapan selamat hari raya, semoga membantu dan agar tidak keliru ketika mengucapkannya dan menjawab ucapan tersebut.
arti taqabballahu minna wa minkum yang benar

balasan taqabballahu minna wa minkum yang benar

makna taqabballahu minna wa minkum

ucapan taqabballahu minna wa minkum bahasa arab

jawaban taqabballahu minna wa minkum yang tepat

arti jawaban taqabballahu minna wa minkum

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Sekilas kita yang mengucapkan atau mendengarnya seperti terbiasa aja dengan kalimat Taqaballahu Minna Wa Minkum ini, tapi kalo disesapi artinya secara mendalam terasa betapa bagusnya kalimat ini untuk diucapkan saat Idul Fitri nanti.

    BalasHapus
  2. Semoga diterima Allah ibadah puasa kita ya Aizeindra, Aamiin. Dan tulisan ini keren, mengingatkan kita artinya itu apa sebenarnya..

    BalasHapus
  3. MasyaAllah... Memang terkadang budaya kita mengucapkan mohon maaf lahir & batin tdk ada dlm sunnah, adanya ya yg ini taqabballahu minna waa minkum(smpe sempurna). Kek gini jd tau yakan harus ngucapin apa. semoga Allah menerima semua ibadah kita ya, كل عام بخير

    BalasHapus
  4. Ini postingan ditulis sepenuh hati, komprehensif. Apresiasi untuk Bang Aizeindra, semoga bisa terus konsisten. Semoga amal ibadah kita semua diterima Allah, Amin.

    BalasHapus
  5. Wah jadi punya referensi ucapan yang pas dan benar buat atasan dan partner bisnis. Thank alot ya bang, jadi minim kesalahan. Artikelnya bermanfaat !

    BalasHapus
  6. Kalau kalimat itu si pribadi andre lebih untuk mengucapkan selamat lebaran bang, mintak maaf online, kalau langsung lebih ke sungkeman gitu, smga amal ibadah puasa taun ini ditrima sama ALLAH ya abngda

    BalasHapus
  7. wah konteksnya pas banget yah bahas begini bentar lagi idul fitri soalnya

    BalasHapus
  8. bermanfaat sekali informasinya bang Ai, jadi semakin tahu lebih dalam tentang kalimat Taqabbalallahu Minna Wa Minkum ini. apalagi dekat idul fitri.

    BalasHapus
  9. Awak suka typo kalau nulis yang kayak gini, kadangan bisa dobel2 huruf nya. Emang agak susah kan bang waktu nulis arab ke indonesia, hehe..

    Maafin awak ya, siapa tahu ada salah salah kata dari mulut awak :)

    BalasHapus
  10. Selama ini sering denger kalau Idulfitri, tapi ga pernah tau artinya. Makasi udah ngasi pencerahan ya.. ��

    Semoga Ramadan tahun ini bawa kebaikan untuk kita semua. Aminn

    BalasHapus
  11. Tulisannya bermakna dan informatif. Saya non muslim dan menikmati membaca tulisan ini. Memberi pengetahuan baru.
    Terimakasih tulisannya. Ditunggu tulisan selanjutnya. :) oh ya, selamat menjalankan ibadah puasa. Salam.

    BalasHapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .