Cara Submit Url Blogspot di Google Webmaster Tool Terbaru

Submit Url Google untuk index blog tidak bisa, lalu saya bingung apa itu submit a sitemap dan fetch as google tool, baca wahyublahe.id jadi agak paham. Untuk pemilik blogspot atau pun yang custom domain dari blogger.com, wordpress.com pasti akan mengalami hal yang sama. Setelah membaca ulasan di berbagai artikel tentang google search console atau pun webmaster tool pasti akan sedikit bingung. Bagaimana cara submit url blog gratisan yang tidak memiliki sitemap, karena banyak yang mengulas webmaster tool yang baru ini menggunakan website hosting, pasti akan ada perbedaan.
submit url google

Untuk yang baru mempelajari cara submit url ke google index search console sekarang ini pasti akan mengalami kebingungan, karena ulasan-ulasan yang tersedia di pencarian adalah ulasan webmaster tool lama. Beberapa yang sudah familiar dengan webmaster tool lama, mungkin tidak mengalami kesulitan, karena perbedaannya tidak terlalu banyak. Sebelum saya berbagi ulasan submit url blogspot tanpa sitemap ke google search console, ada baiknya saya mengawali pembahasan dari dasar.

Tentunya, kita sebagai pemilik blog, ingin sekali memiliki konten tulisan yang masuk pada halaman pertama google, tapi sebelum masuk halaman pertama google kita harus tau bahwa blog kita mesti diindex ke google. Istilahnya memperkenalkan blog kita ke situs mesin pencari google, bagaimana bisa kita masuk ke halaman pertama google, sementara google tidak mengenal situs kita. Lucu kan ya.

Pentingnya Submit Url Blogspot di Webmaster


Mungkin di antara kita banyak yang mengira bahwa blogspot tidaklah terlalu penting untuk disubmit url agar google mengindexnya. Apalagi blogspot yang tidak terlalu diurus, hanya untuk belajar sesekali tentang SEO, keyword, atau lainnya. Padahal, blogspot bisa sangat berguna untuk backlink membangun authority website utama, maka perlu diindex oleh google. Tapi setelah melihat ulasan webmaster tool yang baru, sepertinya membingungkan, apalagi sulit menemukan sitemap dari blogspot.

Pengertian Sitemap Secara Umum


Sitemap atau peta situs adalah laman yang ada pada situs berisikan daftar konten, berguna untuk memudahkan mesin pencari seperti google, menganalisa isi situs. Format sitemap pun adalah .xml bukan .html yang sering menjadi format default dalam postingan blogspot. Nah, sebelum mendaftarkan blog ke webmaster tool, baiknya buat dulu sitemap untuk blogspot kita, kemudian fetch as google tool.

Baca juga: Cara Buat Sitemap Blog Blogspot Wordpress Custom Domain

Fetch as Google Tool


Fetch as google adalah cara submit url pada webmaster tool yang lama, pada versi terbarunya istilah fetch as google sudah tidak ada lagi. Search google di versi terbaru lebih dikenal dengan istilah url inspection berfungsi untuk mengajukan permohonan pada google agar url postingan blog segera diindex. Jika tidak menggunakan fitur url inspection, memang google tetap mengindexnya, karena kita sudah submit sitemap blog kita, hanya saja tidak tentu lamanya google mengindex url postingan blog kita.

Google Search Console


Google search console adalah layanan yang disediakan oleh google secara gratis yang berfungsi untuk menganalisa bagaimana mesin pencari google mengindex keberadaan situs kita pada hasil penelurusannya. Untuk sebuah postingan blog memang tidak perlu mendaftar google search console agar diindex. Tapi akan membutuhkan waktu yang tidak tentu untuk google mengindex url postingan blog tanpa bantuan google search console.

Google Webmaster Tool


Google Webmaster Tool adalah fitur layanan gratis dari google yang membantu untuk memahami perkembangan yang ada pada situs kita melalui data-data yang dihimpun. Google webmaster tool kini dikenal sebagai google search console dan mungkin dengan beberapa fitur baru yang ada pada google search console. Lalu apakah webmaster dan search console adalah fitur yang sama, bisa dibilang sama. Karena, jika kita membuka webmaster tool, secara otomatis akan mengarahkan kita ke laman google search console.

Cara Submit Url Sitemap Blogspot di Google Webmaster Tool


Sebelum blog kita ingin diindex oleh google, kita harus memperkenalkan blog kita terlebih dahulu dengan cara submit sitemap atau lebih sering dikenal dengan fetch as google. Berbeda dengan sistem google yang dahulu, tanpa submit sitemap kita pun bisa mengajukan url postingan blog untuk diindex melalui add url google, atau add site yang sekarang sudah tidak berfungsi lagi.

Pertama, kita harus sudah mempunyai akun google search console, kemudian menambahkan blog kita dalam property. Jika bingung bagaimana cara menambahkan blog ke property search console, coba cari di sini.
submit url blogspot google


Kedua, pada tab index pilih sitemaps jika dalam bahasa indonesia pilih peta situs, kemudian masukkan ekstensi sitemaps blogspot seperti atom.xml atau ekstensi sitemaps blogspot lainnya. dan submit.

submit url blogspot google


Ketiga, jika file sitemaps benar, maka search console akan menandakan success pada status url sitemaps dan jumlah url yang berhasil ditemukan digoogle.


Penting untuk menambahkan sitemap pada blog kita dan mengajukan index di search console, sehingga memudahkan google untuk menelurusi konten tulisan blog kita. Tapi tentunya membutuhkan waktu untuk benar benar diindex, banyak juga di waktu yang bersamaan yang mengajukan hal yang serupa untuk index sitemap, istilah ngantrilah.

Cara Submit Url Postingan Blogspot di Google Webmaster Tool


Berikutnya, setelah sitemaps sudah disubmit, sudah lebih memudahkan kita jika ada postingan terbaru dari blog atau ingin mengecek apakah situs kita sudah diindex atau belum. Sebenarnya untuk melihat tulisan apa saja yang diindex juga bisa dengan cara, ketik di pencarian dengan => site:namadoman.com maka akan muncul index blog kita yang sudah diindex di google. Berikut cara melihat atau pun mengajukan indexing di search console jika sitemaps sudah disubmit success.

Pertama, klik url inspection atau inspeksi url, kemudian masukkan url postingan blog yang ingin diajukan untuk segera diindex. JIka ingin melihat apakah url postingan tidak ada masalah dan bisa diindex, klik text live url maka akan muncul notifikasi url is available to google.

Selanjutnya, pilih request indexing, dan akan muncul notifikasi => URL telah ditambahkan ke antrian perayapan prioritas. Mengirimkan halaman beberapa kali tidak akan mengubah posisi atau prioritas antriannya. Belajarlah lagi.

Bagaimana, penting juga kan untuk menambahkan blogspot ke dalam google search console, selain baik untuk membangun link building situs kita, juga akan mudah memahami apa yang terjadi blog kita jika ada masalah, apalagi yang sedang belajar atau berprofesi sebagai online marketing

Nah, semoga artikel cara submit url blogspot ini dapat membantu, tentukan ketika ingin menambahkan property pada google search console menggunakan http:// atau https:// dan dengan www. atau tanpa www. karena hal ini akan mempengaruhi kinerja dari google search console itu sendiri kita akan bingung nantinya, walau pun tapi tidak mempengaruhi indexing. Ketika ulasan ini dibuat, google sedang proses index sehingga inspeksi url belum ada tampilannya. Selamat mencoba di blog sendiri, saya sangat senang menunggu tanggapan kamu tentang tulisan ini di kolom komentar.
0 Komentar