Guru SEO Medan Aizeindra MENTOR SEO Bisnis Jualan Online

Guru SEO, Belajar SEO, Kursus Private SEO, Ahli Pakar SEO, mencari kata kunci tersebut? Perkenalkan Saya adalah Mentor SEO Medan Guru Belajar SEO di Medan. Apakah kamu berkunjung di blog saya melalui salah satu keyword tersebut, maka saya ucapkan selamat datang dan maknanya kamu telah mengerti bagaimana cara kerja SEO secara umum.

Cara kerja SEO Search Engine Optimization adalah mengoptimalkan halaman situs menjadi yang terbaik di mesin pencari untuk kata kunci yang diinginkan. Contohnya pada artikel ini, saya menginginkan kata kunci "Mentor SEO Medan", lalu bagaimana usaha saya mengoptimalkan halaman situs ini agar ditampilkan oleh mesin pencari google ketika ada yang mencari Mentor SEO Medan.


Tujuan SEO adalah menyediakan konten berkualitas untuk direkomendasikan oleh google kepada pencari informasi, singkatnya tujuan SEO agar halaman situs masuk ke peringkat halaman 1 di google search engine. Maka komponen SEO secara umum meliputi beberapa hal, agar halaman situs masuk dalam daftar halaman 1 google.
  • Konten yang berkualitas bukan hanya persoalan jumlah kata per artikel, namun konten yang mampu menjawab kebutuhan pencari informasi. Bayangkan jika pengguna google mencari spesifikasi laptop tapi yang muncul artikel tentang harga laptop, sudah pasti akan ditinggalkan pengunjung website dengan segera.
  • Struktur dan navigasi website merupakan salah satu komponen SEO yang terpenting dalam membantu google mengenal setiap isi website dari struktur yang terorganisir dan terkategori rapi, bahkan navigasinya mampu membuat pembaca nyaman untuk membacanya. Tentu navigasi yang memudahkan pembaca akan direkomendasikan oleh google kepada banyak penggunanya.
  • Riwayat pengunjung website erat kaitannya dengan kepuasaan pengguna, banyaknya pengunjung dan lamanya durasi waktu ketika dibaca oleh pengunjung website. Google akan dengan senang hati merekomendasikan website di halaman 1, dikarenakan google melihat bahwa konten pada website tergolong berkualitas karena banyak yang membacanya.
  • Popularitas website diperoleh ketika pengalaman membaca pengunjung blog menjadi emosional, sebuah konten yang mampu menggugah emosi pengunjung website, bisa dipastikan pengunjung akan dengan senang hati membagikan url website ke laman media sosial yang mereka miliki. Alhasil, popularitas website di mata google layak diperhitungkan untuk masuk ke halaman 1 karena banyak pembaca yang membagikan website tersebut
Balik ke daftar isi

Private SEO Eksklusif


Private SEO Eksklusif di Medan umumnya untuk yang serius ingin menguasai SEO Bisnis Jualan Online secara tatap muka. Praktisi SEO banyak sekali di Medan, bahkan yang membuka Kursus SEO secara Private untuk belajar pemahaman SEO tidak sedikit. Tapi yang bisa diajak private SEO secara eksklusif di mana pun dan kapan pun masih jarang, kebanyakan belajar SEO secara Private selalu tidak cocok waktunya, maka dari itu private SEO eksklusif di awal harus membuat janji temu agar terjadwal untuk di Medan dan sekitarnya.

Sejauh ini, sebagai Mentor SEO di Medan saya menjadi teman curhat tentang masalah SEO yang dialami teman sekomunitas. Beberapa kali mengisi workshop tentang SEO membahas seputar SEO dasar untuk teman-teman di komunitas. Hal ini saya lakukan sebagai bentuk dedikasi atas ilmu yang saya pahami dan harapannya bermanfaat ketika SEO diterapkan pada halaman situs mereka.
Balik ke daftar isi

Belajar SEO Bisnis Online


Mempelajari SEO untuk Bisnis Jualan Online di Medan sebenarnya Gampang Gampang Susah, tergantung metode Guru SEO seperti apa, berikut ini ada ulasan menulis artikel untuk SEO Friendly. Manfaat SEO untuk blog atau situs bukan rahasia lagi, sebabnya banyak pelaku bisnis mencari Guru SEO untuk Belajar SEO agar menjadi Ahli SEO dan Pakar SEO. Tidak sedikit yang melakukan investasi besar-besaran untuk mengikuti Pelatihan SEO, Seminar SEO bahkan Workshop SEO yang digelar oleh para Master SEO berpengalaman.

Saya seorang Mentor SEO sangat antusias jika diajak mengobrol perihal SEO, karena menurut saya trik SEO yang saya kuasai mungkin berguna untuk orang lain, dan bahkan trik SEO yang dikuasai orang lain bisa jadi saya belum menguasainya. Maka sangat menyenangkan jika saya diajak duduk bareng untuk ngajarin trik SEO yang saya kuasai, saling berbagi informasi seputar optimasi situs yang sedang trending.

aizeindra workshop seo medan
Mengisi Workshop SEO untuk Pemula di Digital Lounge Telkom
Balik ke daftar isi

Pakar SEO Medan


Ingin ajak Pakar SEO Medan adakan Seminar Workshop SEO ke Siantar, Tebing Tinggi, Lubuk Pakam, Tanjongmorawa, Binjai, Langkat, Aceh, boleh saja asalkan sesuai waktunya. Menjadi Mentor SEO secara freelance adalah kegiatan mengisi waktu luang di akhir pekan, secara fulltime saya masih seorang pegawai swasta di sebuah perusahaan kopi di Medan sebagai content writer marketing. Maka praktik SEO selalu saya terapkan ketika bekerja untuk menghasilkan konten SEO untuk website perusahaan.

Dengan pemahaman yang saya miliki tentang SEO untuk bisnis, maka tidak ada salahnya jika saya menjadi mentor SEO atau pun konsultan SEO untuk mereka yang memiliki bisnis. Ilmu SEO sangat besar manfaatnya pada website bisnis untuk mendatangkan pengunjung website berpotensi sebagai pembeli.

Sejarah SEO awalnya malahan bukan diterapkan untuk website pribadi atau pun website yang orientasinya jualan, menurut Danny Sullivan saya kutip dari wikipedia.org, Search Engine Optimization pertama kali digunakan pada tahun 1997 bulan juli tanggal 26, sebuah pesan spam yang diposting oleh Usenet pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu rumit seperti sekarang ini sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma mesin pencari masih kaku, disediakan oleh webmaster berupa meta tag deskripsi yang mana bisa dioptimalkan pada pengaturan html website. Meta tag deskripsi ini ditujukan agar deskripsi dan konten sesuai sehingga memudahkan mesin pencari memberikan konten yang dibutuhkan penggunanya. Hanya saja faktanya, meta tag deskripsi dan isi konten website berbeda, sehingga mesin pencari memberikan konten berbeda dari keinginan penggunanya dan merangking website yang salah karena kata kunci mudah dimanipulasi.
Balik ke daftar isi

Cara Kerja SEO Google


Cara Kerja Google Search Engine Optimization singkatnya Bagaimana Cara Blog Banyak Pengunjung, calon Visitor akan mengklik informasi dari Google. Lebih lanjut sebelum memulai untuk memahami satu per satu langkah untuk memahami teknik search engine optimization ada baiknya mengenal istilah bagaimana cara kerja google. Sebab, ke depannya untuk memahami bagaimana website bisnis kamu masuk ke halaman 1 google, harus lebih mengenal istilah dasar yang ada pada dan sering diucapkan oleh mereka yang paham tentang SEO. Jika sudah membacanya namun masih bingung, Mentor SEO siap untuk terima curhat tentang SEO.

Index adalah istilah untuk menyebutkan arsip yang disimpan oleh google pada mesin pencarinya. Maka semua website yang ada dan tampil di mesin pencari istilahnya sudah diindeks ke dalam google dan ditampilkan google ketika ada pengguna yang membutuhkan informasi. Entri indeks umumnya menampilkan judul, url dan cuplikan deskripsi konten pada halaman website, hal ini dilakukan mesin pencari google setelah mengambil halaman, membacanya dan menambahkannya ke indeks google.

Crawl adalah istilah tentang proses pencarian halaman wesite baru atau website yang diperbarui. Proses mesin pencari google menemukan URL dan mengikuti segala link yang ada di dalamnya disebut crawl. Google akan meng-crawl sebuah website, mencari halaman baru yang belum diindeks, kemudian diindeks jika sesuai.

Crawler adalah perangkat lunak otomatis milik google yang berfungsi untuk meng-crawl (mengambil) informasi halaman dari website dan mengindeksnya.

Googlebot adalah sebutan untuk robot atau perintah crawler google untuk merayap informasi dan menelusuri website secara terus-menerus

SEO adalah sebutan untuk pengoptimalan mesin pencari, sebuah proses untuk membuat website kamu lebih baik di mata mesin pencari.


Istilah dasar SEO

disadur dari support.google.com

Balik ke daftar isi

Menulis Artikel Menarik User Experience


Tips Menulis Artikel SEO Friendly sudah umum, namun Cara Membuat Artikel Berkualitas yang Menarik untuk Dibaca, masih jarang. Menulis artikel SEO tidak jauh berbeda dengan menulis artikel yang mengutamakan User Experience, semua teknik yang selama ini kamu ketahui tentang menulis artikel berkualitas untuk website tidak jauh berbeda. Perbedaan yang paling mendasar adalah menulis artikel bukan hanya untuk kebutuhan blog tapi juga mementingkan kebutuhan pembaca agar pembaca nyaman berlama lama di dalam blog. Maka saya dan kamu, mulai sekarang ubah pola pikir menulis artikel mengejar kata kunci, tapi menulislah untuk kebutuhan pembaca blog atau website kamu.

Menulislah untuk pengalaman pembaca

Kabarnya makin hari google selalu berusaha memperbaiki algoritma mesin perayapan mereka, sehingga semakin akurat untuk menampilkan konten berkualitas untuk para penggunanya yang membutuhkan informasi. Sebabnya, metode menulis artikel SEO friendly secara umum sudah tidak manjur lagi, pengulangan kata yang dibuat-buat sehingga membingungkan pembaca perlahan mesin algoritma google bisa mendeteksinya. Maka, tulislah artikel yang tidak hanya SEO Friendly tapi juga membuat pengalaman pembaca semakin nyaman, jika pembaca nyaman dan menurutnya artikel bagus, tentu secara sukarela mereka akan membagikan tautannya ke mana saja.

Pengalaman pembaca memang tidak hanya menyoal kepenulisan artikel sehingga menghasilkan artikel yang bermutu dan pembahasan yang mendalam. Lebih dari itu, untuk menciptakan pengalaman pembaca yang berkunjung ke website juga harus memperhatikan desain website, navigasi yang memudahkan, ukuran dan jenis font yang nyaman dibaca, mengurangi kesalahan ejaan, interaksi yang baik di halaman website, kecepatan loading, desain yang responsif, dan tentu banyak lagi. Di lain kesempatan izinkan saya mengulas lebih panjang tentang user experience /UX mari saling diskusi bersama Mentor SEO Medan.

Sisipkan Keyword di Judul Artikel

Walau pun mesin pencari google membaca sebuah kata kunci dari paling kiri, bukan berarti ketika kamu menuliskan artikel untuk website, judul artikel menjadi terkesan dipaksa. Tidak perlu memaksakan kata kunci dengan harapan mesin pencari akan fokus menampilkan kata kunci tersebut, malahan bisa jadi mesin pencari tidak memunculkannya.

contoh:
Nama Alat Musik Tradisional Cara Main
Kalender 2020 Jual Murah

Mungkin kamu paling familiar dengan kata kunci yang seperti ini, jika kamu saja mulai bingung tentang artikel apa yang akan disajikan oleh pemilik website, apakah orang lain juga akan masuk untuk membacanya. Hal itu masih logika user experience dari segi pemilihan judul, maka mesin pencari google pun kedepannya tentu akan lebih teliti ketika merangking sebuah artikel, maka ada baiknya menulis artikel untuk pengalaman pembaca walau pun algoritma google berubah-ubah, artikel tetap bertahan.

Umumnya jumlah deskripsi 55 karakter lebih baik, walau pun demikian ada juga device yang menampilkan judul penuh hingga 71 karakter, maka hal ini tergantung device pengguna. Untuk berjaga-jaga agar kata kunci terlihat dan terbaca oleh pengguna google, maka padatkan judul dengan kata pada jumlah 55 karakter.

Judul Mengundang Klik

Istilahnya click-bait, bagi pengguna wordpress hosting menggunakan plugin All in SEO Pack sangat membantu untuk yang ingin mencoba judul mengundang klik. Sampai kapan pun, pengalaman pembaca yang mencari informasi akan tertarik dengan judul artikel dengan angka, tapi bukan berarti memaksakan judul artikel agar diklik oleh pengguna google. Memang peringkat pertama google sangat berpotensi diklik oleh pengguna google, tapi faktanya jika peringkat ke 3 judulnya menarik perhatian pengguna, peringkat 1 menjadi kurang menarik dan kurang jumlah kunjungannya.

contoh:
10 Langkah Awal Belajar SEO untuk Pemula
5 Tips Agar Blog Banyak Pengunjung

Judul artikel seperti ini tentu akan mengundang rasa penasaran untuk membaca isi dari artikelnya, bayangkan jika judul artikel datar saja semisal Belajar SEO untuk Pemula, Cara Blog Banyak Pengunjung. Kamu akan pilih yang mana, judul dengan numerisasi atau judul pada umumnya. Jika peringkat pertama susah diraih, maka bermainlah pada judul yang mampu menarik perhatian pengguna google. Masih bingung tentang judul yang menarik, yuk diskusi bersama saya Mentor SEO Medan.

Pembahasan Artikel yang Mendalam dan Panjang

Menulis artikel yang panjang hanya untuk memenuhi target SEO sah saja, tapi akan lebih baik jika menulis artikel yang dalam tapi tetap mengedepankan pengalaman pembaca ketika berkunjung di blog. Bayangkan jika artikel panjang namun pengalaman untuk pembaca kurang, maka pembaca akan cepat keluar dari artikel dan google menganggap artikel tidak berkualitas karena daya baca kurang di artikel tersebut.

Sisipkan Internal Link

Berapa jumlah maksimal menyisipkan internal link pada artikel, sepemahaman kita mungkin hanya sebatas 3% dari jumlah kata pada artikel. Tapi bayangkan internal link yang ada pada wikipedia, dengan konten yang saling terkait dan satu topik internal link sangat bagus untuk meningkatkan rating SEO. Berapa batasannya, tidak ada batasannya sejauh tidak mengganggu para pembaca artikel di website kamu.

Eksternal Link ke Artikel Terkait di Website Authority

Banyak yang khawatir dengan eksternal link menurunkan peringkat website mereka, jangan malu untuk mengakuinya, karena saya pun demikian. Setelah memahami logika bahwa google (bahasa sederhananya) memaklumi website yang menyisipkan sumber referensi pada artikelnya, malahan google menganggap artikel tersebut berkualitas karena mengambil sumber dari artikel dengan website authority bagus.

Perhatikan Keyword Density

Istilah keyword density mengacu pada seberapa banyak keyword tampil pada halaman artikel, lalu berapa banyak sebaiknya keyword pada artikel agar tidak terjerat keyword density yang merugikan rating SEO website. Namun jika artikel diulas secara mendalam keyword density (bahasa sederhananya) akan dimaklumi oleh google. Terlalu banyak keyword muncul yang terkesan dipaksakan malahan akan dianggap keyword stuffing dan berefek buruk untuk website.

Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keyword pada Artikel

Berbeda dengan keyword turunan, Latent Semantic Indexing adalah kata-kata yang masih satu kategori, masih satu pembahasan dengan keyword utama. Contohnya jika mengejar kata kunci cara buat blog untuk pemula, maka LSI keywordnya yang berhubungan google, backlink, template, dll seputar blogging. Biasanya mencari LSI menggunakan google suggestion untuk memudahkan proses menulis artikel. Sudah baca sampai sini, tapi masih bingung juga, diskusi saja sekarang bersama saya Mentor SEO Medan.

Kurangi Penggunaan Bold, Italic dan Underline yang tidak perlu

Faktanya para pemburu page one, menerapkan Bold, Italic dan Underline terlalu banyak pada keyword yang dituju pada artikel mereka. Memang sangat berpengaruh dan bagus untuk memfokuskan keyword, tapi sangat tidak ramah oleh user experience. Baiknya gunakan dengan kebutuhan saja, bold untuk fokus keyword cukup satu saja, italic untuk istilah asing, dan underline untuk catatan penting.

Terapkan Elemen h1, h2, dan h3 pada Artikel

Penggunaan template mungkin bukan kapasitas kita, tapi kamu bisa mencari template wordpress atau pun blogspot yang mendukung elemen ini. Pastikan penggunaan h1 hanya sekali di  tiap judul artikel, dan h2 atau pun h3 di poin penting yang perlu disorot pada isi bahasan artikel.

Url Pendek Mengandung Keyword Utama Lebih Baik

Untuk pengguna blogspot custom domain, biasanya artikel yang akan dipost secara default diberi url yang panjang sesuai judulnya, maka baiknya diubah sesuai keyword utama. Jangan beranggapan keyword panjang akan berpotensi mengambil keyword lainnya, padahal faktanya keyword utama akan susah bersaing.

Optimasi Meta Deskripsi

Pada pengguna wordpress hosting mengoptimasi deskripsi sangatlah mudah, namun perlu dipertimbangkan bahwa menulis deskripsi juga harus membuat calon pembaca penasaran. Meta deskripsi bukan hanya tentang menyisipkan keyword dan LSI keyword di dalamnya, tapi bagaimana meyakinkan calon pembaca untuk berkunjung di dalamnya.

Optimasi Gambar dengan Alt

Tau tidak, gambar di artikel ini pakai alt Mentor SEO Medan, harapannya agar kata kunci itu masuk ke pencarian. Google tidak bisa membaca gambar maka harus dioptimasi dengan atribut alt, bukan title. Atribut title sama sekali tidak di-crawl oleh mesin pencari hanya alt, maka sisipkan kata dengan LSI keyword atau keyword utama dengan sedikit variasi agar tidak dianggap keyword stuffing.

Menggunakan Media yang relevan di Artikel

Penggunaan media lain untuk mendukung artikel akan dibaca oleh google sebagai artikel berkualitas. Media seperti gambar, video dan media lain sangat berpengaruh juga pada user experience. Pembaca akan lebih berminat membaca artikel dengan disisipkan media di dalamnya daripada tidak sama sekali.

Variasi Keyword di Seluruh Artikel

Istilah ini mengacu pada penggunaan keyword utama pada keseluruhan artikel, namun jangan terlalu sering agar terhindar dari keyword stuffing. Menyisipkan keyword utama pun harus relevan dengan isi paragraf yang dibahas, agar tidak menimbulkan kebingungan ketika membacanya.

Cara menulis artikel SEO User Experience
dirangkum dari: academia.edu

Gimana, tertarik Belajar SEO di Medan? Masih bingung seperti apa sebenarnya SEO ini? Bingung mulai belajar dari mana? Yuk kenalan sama saya Mentor SEO Medan.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Wah... baca ini jadi ingat semua kebiasaan ngeblog masa lalu. Kenapa sekarang sudah lupa semua.... Hahahaha.
    jangankan external link, internal link juga sering lupa sekarang, karena ngeblog sambil kejar-kejaran dengan kebutuhan bayi.
    Untungnya, artikel lama jika diedit ulang tetap bagus, ya, katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak Susindra sangat menyenangkan mendapat balasan dari kamu kak, kebutuhan bayi memang kejar kejaran dengan semangat orang tuanya untuk ngeblog, karena saya pun begitu, belum lagi kami suami istri blogger paruh waktu juga hehehe, nanti anak kami blogger juga gak ya~

      terkait kelupa, memang ilmu kalo gak sering dipraktikkan bakal lupa ya kak, saya pun gitu juga, sebabnya saya senang diskusi dengan yang ingin belajar SEO jadi ingat terus dipraktikin terus mau itu link building dari eksternal link, atau pun internal link ke blog utama.

      artikel lama diedit memang tetap bagus, tapi jangan diganti urlnya, dan diedit pun usahakan dilengkapi dengan bahasan yang lebih mendalam, jika awalnya nulis tentang wisata medan hanya sebatas alamat, diedit lagi ditambah dengan informasi lain berkaitan dengan hal tersebut, makin mantap artikelnya.

      semoga membantu kak~

      Hapus
  2. Kalau udah Mentor SEO nulis, panjang lebar kali tinggi dah pokoknya.

    Semoga makin keren dengan ilmu baru nya yooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai abangda wahyu blahe, senang sekali lihat blog eh yang komen bang blahe seorang digitalpreneur dan dari abanglah awak belajar banyak perihal digital marketing ini.

      bener bang, semoga ilmunya makin keren abang pun makin keren, makin menebar inspirasi ke anak muda Indonesia, jangan menginspirasi anak muda kota medan aja ya kan bang.

      sama kayak abang bilang, ilmu itu harus sering sering dipraktikkan, harus sering cari tau apa hal yang terbaru, dan jangan pelit dengan ilmu karena ilmu bukan punya kita, tapi punya orang lain yang dititipkan ke kita, ilmu = amal jariyah, gini kan bang~

      Hapus
  3. Mas mentor, frekuensi update tulisan apakah berpengaruh ke SEO juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai hai kak atemalem, eh senengnya dikomen ama kak atemalem ini blogger hits nasional, cemanalah biar blog awak bisa kayak kakak hihihi

      nah terkait pertanyaan itu ya kak, apakah frekuensi menulis di blog berpengaruh ke SEO, awak jawab menurut sepemahaman awak ya kak. rajin nulis itu berpengaruh ke otoritas website kak, jadi website akan dilihat oleh google dikelola dengan baik, hanya saja bagaimana jika rajin nulis ternyata yang baca tidak ada, yang klik tidak ada dari google, ini juga bisa dilihat bahwa tulisan kita tidak dibutuhkan oleh pembaca. kayak pisau bermata dua ya kan kak

      baiknya, kalo pun sering nulis, pastikan penerapan basic SEOnya diterapkan kak, jadi makin yahud blognya.

      bayangkan blog parenting rajin nulis soal parenting tapi judulnya tidak SEO Friendly dan jumlah kata hanya sedikit, bandingkan dengan yang jarang nulis tapi judulnya SEO friendly dan jumlah kata artikel banyak sehingga lengkap pembahasan.

      mana yang akan ditampilan oleh google di penelusuran kak?

      Hapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .