ONLINE DIGITAL MARKETING GRATIS & LENGKAP

Cara Belajar Internet Digital Marketing Online Gratis di Facebook Instagram Google Ads. Online Marketing Adalah Strategi Pemasaran Terbaru Saat Ini. Tujuan online marketing adalah meningkatkan relasi, melakukan langkah-langkah untuk menjangkau sebanyak mungkin relasi sehingga dari sini relasi akan menjadi aset yang berpotensi. Dan langkah awal dari online marketing adalah membangun kesadaran merek ( brand awareness) yang nantinya akan menjadi pasar potensial untuk produk/jasa yang ditawarkan perusahaan.
belajar online marketing
foto oleh hellomsrini

Online marketing sebenarnya tidak menjual secara langsung produk/jasa, relasi yang tercipta dari strategi online marketing yang dikelola secara baik merupakan jalan terjadinya penjualan produk/jasa. Sehingga bisa disimpulkan, semakin banyak relasi yang dijangkau, semakin besar juga potensi closing terjadinya transaksi. Hanya saja, tidak semua relasi punya niat untuk membeli produk atau memakai jasa, oleh sebab itu butuh strategi online marketing yang tepat agar menyasar potensial relasi.

Semua bermula dari "klik" di jejaring dunia maya, maka online marketing semacam mengulas kiat khusus bagaimana orang meng-klik wadah informasi dari suatu produk/jasa. Dan perlu diingat sebelum memahami lebih dalam tentang online marketing, ada beberapa hal yang tidak berubah dan semacam menjadi aturan tidak tertulis dalam dunia online marketing. Maka pola pikir akan online marketing harus seperti ini, agar tiap strategi berjalan dengan baik.

Mindset1:
Online marketing bukan sesuatu hal yang menghabiskan waktu atau pun uang. Online marketing adalah sesuatu yang ketika berjalan dengan baik akan menjadi investasi

Mindset2:
Online marketing yang sukses bukan tentang apa yang diketahui, tapi tentang membuka pikiran untuk belajar dan komitmen untuk mengelolanya

Mindset3:
Online marketing yang optimal tidak akan terjadi tanpa bantuan. Strategi online marketing akan optimal jika didukung dengan online marketing tools.

Sebelum memulai langkah awal menyelami seni online marketing untuk suatu produk/jasa, akan sangat mudah penerapannya jika ketiga cara pandang tentang online marketing sudah dipahami.

Mindset1: Online Marketing adalah investasi.
Jangan berpikiran bahwa belajar online marketing merupakan pemborosan, bahkan di bulan-bulan awal penerapan online marketing seakan tidak memberikan keuntungan yang signifikan jika dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Hal ini, karena butuh waktu beberapa hari untuk strategi online marketing melakukan pemetaan terhadap relasi yang akan dijangkaunya. Di mulai dari menganalisa demografi, usia, minat, karakter dan hal lainnya terkait produk/jasa yang ditawarkan. Setelah analisa dilakukan, maka relasi tadi akan dikelompokan mana yang menjadi relasi yang potensial kemudian di follow up, atau relasi yang hanya sekadar membutuhkan informasi terkait produk/jasa.

Mindset2: Online Marketing terus berkembang.
Secara konsepnya belajar online marketing tidak seperti ilmu matematika dari dulu hingga sekarang, hasil satu tambah satu adalah dua. Online marketing bersifat dinamis, terus bergerak sesuai keperluan zaman yang terus berkembang. Dulu online marketing menjangkau relasi hanya dari sedikit jejaring online, dan semakin ke sini online marketing begitu luas (facebook, instagram, twitter, linkedin bahkan mencakup perpesanan singkat di perangkat seperti whatsapp, line, bbm, dll). Maka perlu keterbukaan untuk terus belajar menerima hal baru terkait online marketing.

Mindset3: Online Marketing tidak berdiri sendiri.
Belajar online marketing tidak berhenti mempelajari satu hal, melainkan belajar banyak hal yang terkait online marketing. Website building, Search engine optimization, social media manager, content marketing dan banyak hal lainnya yang dipelajari agar online marketing berjalan dengan optimal. Sehingga bisa disimpulkan online marketing didukung banyak hal dan tidak bisa berdiri sendiri. Jadi sebenarnya online marketing tidak bisa dikelola sendirian butuh tim yang memegang jobdesk penting lainnya agar online marketing berjalan dengan baik.

belajar online marketing
foto oleh catatanrahmah

CARA KERJA ONLINE MARKETING


Banyak yang keliru tentang belajar online marketing, mereka berharap dengan belajar online marketing dapat dengan instan meningkatkan profit dari produk/jasa. Faktanya, cara kerja online marketing menjangkau relasi kemudian membangun komunitas dan selanjutnya mendukung penjualan. Dan tujual awal online marketing memperluas jangkauan relasi, dengan memulainya dari meningkatkan brand awareness. Secara eksplisit ruang kerja online marketing mencakup brand, build dan boost business.

BRAND

BUILD

BOOST BUSINESS
Brand
Menciptakan brand awareness di ranah online adalah langkah awal sebelum menjangkau banyak relasi untuk dikonversikan menjadi relasi yang berpotensial menjadi pelanggan. Bagaimana suatu brand dapat menjawab kebutuhan orang akan produk/jasa tersebut. Meliputi pertanyaan-pertanyaan dasar,  bagaimana produk/jasa memberikan manfaat, menjawab solusi, perbedaannya dengan produk/jasa lain, dan bahasan-bahasan lainnya yang dapat meningkatkan kesadaran merek terhadap masyarakat online.

Build
Maka selanjutnya, jika sebuah wadah website atau pun media sosial yang ada sudah dirasa melengkapi informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat online, kemudian online marketing masuk pada tahap membangun jejaring online. Seperti blog post, konten edukasi produk/jasa, bahkan menyangkut hal teknis seperti SEO (search engine optimization). Walau pun untuk membangun SEO terbilang lama dan membutuhkan sumber daya tak sedikit, tapi SEO menjadi investasi yang begitu baik di ranah online marketing. Bagaimana masyarakat online secara sederhana menemukan produk/jasa kita dengan hanya sekali klik.

Boost Business
Online marketing dapat menjamin investasi yang baik dengan hanya mengeluarkan sumber daya yang sedikit. Namun, daya jangkau akan begitu lama dan butuh waktu, tapi dengan membangun online marketing secara organik tanpa mengeluarkan uang untuk ads dan sebagainya, hal ini akan bertahan lebih lama. Berbeda dengan online ads, tv ads, print ads, dan jenis berbayar lainnya yang dapat meningkatkan bisnis secara cepat, jika tidak mengeluarkan biaya ads lagi maka bisnis juga berhenti pada saat itu juga. Bukan berarti boost business tidak baik, hanya saja harus didukung juga dengan strategi brand awareness, building relationship dan akhirnya boost business optimal.


Belajar Online Marketing Pemula



Lalu muncul pertanyaan, untuk belajar online marketing dari mana harus memulainya. Sudah dijelaskan di awal, sebelum menyelami segala teknis mengenai online marketing, pola pikir tentang online marketing harus sehat. Bahwa online marketing menjangkau relasi yang kemudian dikonversikan menjadi relasi potensial yang membutuhkan produk/jasa.
belajar online marketing
foto oleh maswayyyyy

Membangun Online Marketing
Untuk belajar online marketing dari awal perlu sebuah strategi dan pemahaman apa saja yang bisa digunakan untuk menjangkau relasi dari produk/jasa, maka di awal perlu membangun online marketing sebagai fondasi awal agar berjalan dengan baik.

Merencanakan Website
Sebelum memulai dan menyelami perangkat lain dari online marketing, butuh sebuah wadah untuk menjangkau relasi dari sebuah produk/jasa, dan website adalah hal wajib untuk mulai belajar online marketing.

Membangun Website
Setelah website terkonsep sebagai wadah informasi sekaligus wadah pelayanan kepada publik, maka selanjutnya memberi fondasi yang kuat terhadap website agar ramah terhadap pencarian di media sosial mau pun di search engine.


Submit Url Google Webmaster Tool Terbaru

Content Marketing
Untuk menjangkau lebih banyak lagi relasi potensial dibutuhkan sebuah konten yang dapat merangsang psikologis mereka, membuat mereka tertarik dan minat untuk meng-klik sebuah website suatu produk/jasa.

Belajar Copywriting dan Content Writing

Blogging
Saat ini blogging merupakan sarana tepat untuk memberikan informasi dari dua arah, walau pun terkesan 1 arah tapi ada interaksi di sana yang memungkinkan relasi berdiskusi terkait topik blog suatu produk/jasa.

Social Media Marketing
Untuk sekarang ini media sosial merupakan alat yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan, lalu bagaimana caranya mengkonversikan media sosial sebagai alat yang tepat menjangkau relasi suatu produk/jasa.

Web Analytic
Menggunakan alat analisa memberikan kita keleluasaan lebih untuk menilai relasi potensial akan topik tertentu, menggunakan google analytic memberikan inspirasi baru berdasarkan data yang ada untuk mengubahnya menjadi sebuah konten yang optimal.

Search Engine Optimization
Menjadikan situs pencarian sebagai wadah jangkauan memerlukan ekstra tenaga, dari mulai memberikan ruang yang terstruktur dari website dan juga memberikan jangkauan terhadap mesin penelusuran terkait produk/jasa.

Online Advertising/Search Engine Marketing
Tidak ada salahnya meningkatkan secara segera suatu website produk/jasa, tapi sebelum itu harus mempelajari konsep dasar dari iklan berbayar ini agar tidak salah langkah menggunakannya untuk online marketing.

Email Marketing
Data email yang terkumpul, bisa menjadi data yang berharga untuk menjadikannya relasi tetap untuk produk/jasa yang dikelola, hanya saja penggunaan data email yang berlebihan akan memberikan citra buruk suatu produk/jasa.

Online Public Relations
Memberikan keleluasaan seorang PR menjaga brand awareness pada titik stabil, dan secara cepat dapat memberikan feedback yang positif akan produk/jasa, maka online PR menjadi penting untuk dipelajari.

Managing Multitasking Web Marketing
Bagian paling tersulit untuk mempelajari online marketing adalah memastikan semua hal berjalan secara bersamaan dan tidak ada gangguan, dengan harapan tiap bagian dari online marketing saling mendukung.

Setelah belajar online marketing dari segala aspeknya, perlu diingat bahwa online marketing begitu luas. Bahkan, untuk tiap orang memiliki perbedaan memaknai online marketing, tapi secara umum pengertian yang berbeda itu mengacu pada satu konsep online marketing. Membuat, menjaga, mengumpulkan dan terciptalah hubungan relasi yang baik. Dengan mengkombinasikan strategi online marketing dengan konsep marketing yang efektif, maka online marketing menjadi investasi yang sangat bermanfaat. Komponen marketing yang efektif mencakup, awareness, communication/information distribution, connection, service dan sales support.

Awereness

Communication/information distribution

Connection

Service

Sales support

Dan pada akhirnya, saya tutup dengan kesimpulan. Bahwa online marketing tidak meningkatkan penjualan produk/jasa, melainkan relasi yang menjual produk/jasa. Selamat belajar online marketing semoga artikel ini bermanfaat, saya sangat antusias menunggu dan membaca tanggapan kamu semua setelah membaca artikel online marketing ini.
0 Komentar