Kata Sapaan yang Digunakan Kucing Ketika Menyapa Tikus adalah

Assalamu’alaykum pembaca, jika kamu seorang murid di sekolah yang sedang dapat tugas tentang kata sapaan maka harus baca hingga selesai ya. Mungkin kamu seorang guru yang sedang mencari referensi untuk membuat materi tentang kata sapaan, dan kemudian materi tersebut akan kamu bagikan ke grup whatsapp murid-murid kamu. Akan saya bagikan tips dari hasil rangkuman di ulasan ini, semoga membantu ya pak guru dan buk guru.

Kata sapaan yang digunakan kucing ketika menyapa tikus adalah tikus, tapi jawaban tidak akan sempurna jika kamu tidak membaca dongeng kucing dan tikus. Ada baiknya kamu harus membaca terlebih dahulu dongengnya kemudian menjawab pertanyaannya, agar semakin yakin kata sapaan apa yang digunakan kucing menyapa tikus.


Secara umum sapaan untuk memanggil, sehingga harus sederhana dan mudah dimengerti dengan yang kamu panggil, dari pernyataan ini pastinya kamu sudah bisa menjawab pertanyaan tersebut. Kata sapaan yang digunakan kucing ketika menyapa tikus adalah tikus.


Kata Sapaan Yang Digunakan Tikus Ketika Menyapa Kucing Adalah

Kata sapaan yang digunakan tikus ketika menyapa kucing adalah kucing, tapi jawaban kamu mungkin membuatmu ragu karena kamu tidak membaca secara teliti dongeng kucing dan tikus. Saran untuk lebih meyakinkan dan mantap, baca terlebih dahulu dongeng kucing dan tikus ya. Setelah membacanya, saya bisa pastikan kamu akan dengan mudah menjawab pertanyaan tersebut.


kata sapaan yang digunakan tikus untuk kucing adalah

Pada dasarnya kata sapaan itu digunakan untuk memanggil, jadi tidak pernah kata sapaan menggunakan kata yang sulit dimengerti, pastinya dengan kata kata sapaan yang mudah dipahami. Mengacu dengan pernyataan ini, kamu tentunya sudah semakin mudah untuk menjawabnya. Kata sapaan yang digunakan tikus ketika menyapa kucing adalah kucing.

Apa itu Kata Sapaan?

Kata Sapaan adalah kata yang digunakan untuk menyapa seseorang, memanggil seseorang, menegur seseorang untuk diajak berbicara ataupun untuk menyampaikan banyak keperluan lainnya. Dan umumnya pada pelajaran Bahasa Indonesia, kata sapaan diajarkan di kelas 2 SD, dan berdasarkan kalender ajar sekitar bulan maret pelajaran ini diajarkan.


kata sapaan adalah

Mungkin untuk seorang guru tantangannya adalah memberikan materi kata sapaan secara daring, walaupun materi kata sapaan sebenarnya mudah dimengerti yang membuat materi ini sulit adalah tidak bertatap muka seorang guru dan murid. Maka solusinya adalah merekam pengajaran dengan video dan unggah ke youtube kemudian membagikannya ke murid - murid. Dan bila perlu live streaming untuk mengajarkannya, bagaimana menarik kan?


contoh kata sapaan

Apa Contoh Kata Sapaan?

Beberapa contoh kata sapaan yang sering digunakan sehari-hari tanpa kamu sadari.

Selamat pagi Bu Guru

Hai Agus, pinjam penghapus ya

Tante, kemarin anak tante tidur di kelas

Papa, jajan hari ini minta lebih ya, mau ditabung

Mama, siang nanti mama masak apa

Kakek, lihat baju baruku

Nenek, lihat sepatu baru yang dibelikan papa

Selamat siang pak polisi

Hei om, kok om kurus sekali, kurang makan ya

Hai kak, jangan makan makananku dong


jenis jenis kata sapaan

Jenis-Jenis Kata Sapaan

Hai pak guru dan buk guru, ini ulasan untuk kamu semoga membantu ya. Saya merangkumkannya dan juga ingin bertanya, di beberapa penyampaian materi mengapa jumlah jenis kata sapaan ini berbeda ya.


  1. Hubungan Kerabat Contohnya: Pakde, Bukde, Kakek, Nenek,

  2. Nama Jabatan atau Gelar Contohnya: Dokter, Suster, Bu Guru, Pak Kepling, Pak Camat

  3. Nama Diri, Orang, Benda ataupun Hewan Contohnya: Hai kucing, Ridwan, Oi sapi,

  4. Berbentuk Kata Ganti Contohnya: Kamu, Engkau, Kalian

  5. Menunjukkan Rasa Hormat Contohnya: Tuan, Datuk, Paduka, Puan

  6. Kata Sapaan yang Diikuti Nama Contohnya: Pak Ayus, Buk Nissa


kata sapaan lain dalam cerita

Kata Sapaan Lain yang Terdapat pada Cerita Kucing dan Tikus adalah

Untuk menjawabnya kamu harus membaca dongen kucing dan tikus terlebih dahulu. Dan pahami ceritanya, membacanya diawal sedikit membingungkan setelah diulang-ulang jadi paham. Kamu akan menemukan sapaan lain yang digunakan kucing dan tikus. Tapi untuk memudahkan kamu, saya akan merangkumnya jika kamu menemukan kata sapaan yang lain silahkan tulis di komentar.


Kata Sapaan Lain yang Terdapat pada Cerita adalah kau Saya menemukan kata sapaan kau, walaupun sebenarnya ini bukan bertujuan untuk menegur sapa lebih tepatnya menjadi lawan bicara.


Lihat Kata Sapaan Di Dalam Dongeng Kucing dan Tikus


Dahulu kala kucing dan tikus bersahabat. Kemana saja kucing pergi, tikus selalu ikut. Pada suatu hari tikus berkata.


Tikus : “Hai, kucing!”

Kucing : “Ada apa?”

Tikus : “Mari kita makan lame.”

Kucing : “Dimana kita bisa mendapatkan lame.”

Tikus : “Itu disana, digantung di rumah pak tani. Lamenya amat banyak. kita akan puas memakannya.”


Rupanya kucing tertarik pada usul tikus. Ketika malam tiba tikus dan kucing berangkat kerumah pak tani. Setiba dirumah pak tani, kucing dan tikus amat terkejut. Ternyata, dirumah pak tani sedang ada pesta perkawinan. Kucing dan tikus menunggu sampai pesta itu usai. Akhirnya, mereka bersepakat, tikus akan memanjat ke atas, kucing menunggu di bawah. Sebelum memanjat keatas tikus berpesan.


Tikus : “Kalau sudah lame yang jatuh kesini, cepatlah kamu melompat dan menerkam. Jangan sampai lame itu terpental keluar kamar ini. Nanti kita ketahuan!”


Akhirnya tikus memanjat ke atas tempat lame digantung. Sesampainya di atas, ia pun mencari lame yang bagus dan besar untuk dijatuhkan ke bawah agar ditangkap kucing. Timbul niat curang tikus. Setelah ia menemukan lame yang bagus dan besar, ia lupa janjinya kepada kucing yang kelaparan menunggu dengan siaga sambil menengadahkan kepalanya keatas.


Kucing : “Kok, lama benar tikus diatas? Tikus sudah mendapatkan lame apa belum ya? Perutku sudah lapar sekali!”


Tikus pun mendapatkan lagi lame yang paling besar dan bagus. Tikus mulai menggerak tali pengikat lame itu. Belum selesai tali pengikat lame itu digerek, karena kekenyangan, tegang dan takut ketahuan oleh penghuni rumah, tiba-tiba tikus salah injak dan terjatuh. Sebelum sampai kebawah tikus berkata.


Tikus : “Jangan kau makan saya. Saya adalah tikus kawanmu, jangan makan saya!!!”

Kucing : “Lamee…..e…..ee…..!”

Tikus : “Aduh, saya bukan lame! Saya kawanmu! Saya belum sempat menjatuhkan lame itu, lalu saya terjatuh. Kuciiiiing saya bukan lame!!!!!”

Kucing : “Lameeee……me…..me…..ong!!!!”


Kucing tetap tidak menghiraukan tikus dan merasa ditipu olehnya. Disinilah asal mulanya kucing dan tikus tidak akur. Tikus merasa sakit hati pada kucing yang memakannya. Kucing pun tidak percaya lagi pada tikus, sebab tikus telah memakan lame sendiri. Sejak saat itu, kucing dan tikus bermusuhan. Sejak saat itu pulalah pertama kalinya kucing memakan tikus, sebab kucing selalu beranggapan bahwa tikus adalah lame.


arti kata lame

Arti kata lame’ pada dongeng kucing dan tikus

Awalnya pun saya kurang mengerti dengan arti kata lame, sehingga tidak mengerti apa yang dimaksud dengan cerita kucing dan tikus. Kemudian saya mencari tau arti kata lame di laman daring, dan menemukannya. Arti kata lame’ adalah bahasa daerah bugis yang bermakna udang kecil yang dikeringkan.


Nah semoga ulasan ini membantu untuk adik-adik yang mencari jawaban kata sapaan yang digunakan kucing ketika menyapa tikus adalah dan juga pertanyaan kata sapaan yang digunakan tikus ketika menyapa kucing adalah.


Jika kamu punya instagram bingung cara menulis caption, baca juga ulasan tentang caption ig di blog ini, langsung klik saja ya.

Posting Komentar

14 Komentar

  1. Membaca tulisan ini saya jadi belajar dan saya teringat kucing saya di rumah. Saya biasa menyapa kucing saya dengan namanya.

    Sepertinya saya perlu diskusi dengan kucing saya terkait dongeng di tulisan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata sapaan yang digunakan kucing menyapa tikus sebenarnya mudah saja tapi kadang pertanyaan ini menjebak, jadi tambah ya kan wawasan tentang kata sapaan kucing ini hehehe

      Hapus
  2. Jadi setelah kejadian antara kucing dan tikus itu, apakah sapaan tkus jadi berubah menjadi lame?

    Ngomongin soal sapaan, jadi teringat jaman sd dulu banyak kawan yang disapa pakai nama orang tuanya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurnya di kehidupan kucing nama orang tua sama semua, kalau gak kata sapaan yang dipakai kucing menyapa tikus mungkin pakai nama orang tua juga untuk meledek.

      Hapus
  3. Waktu ikut arisan, suka salah pakai kata sapa. Apalagi kalau udah nuturkan saudara. Kadang umur di bawah awak pun mesti di panggil kakak. xixixo

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata sapaan untuk menuturkan tutur keluarga memang agak rumit dan kadang canggung ya kan, untuknya kata sapaan yang digunakan kucing menyapa tikus tidak seperti itu di dongeng kucing dan tikus

      Hapus
  4. Saat baca ceritanya, saya bingung lame itu apa...oalah ternyata ebi ya, udang kecil yang dikeringkan.
    Dan baca ini jadi teringat pelajaran Bahasa Indonesia tentang kata sapaan. Juga jadi tahu asal mula kucing dan tikus bermusuhan

    BalasHapus
  5. Hahaha keren ini tulisannya
    Kok yo kepikiran bahas sapaan kucing dan tikus sih. Ternyata ada dongeng kucing dan tikus seperti ini to. Aku mau nyontek ah buat dongengin anakku

    Makasi referensi dongengnya ya
    Jadi tau klo nama lain udang kecil itu lame

    BalasHapus
  6. Kalau saya sih untuk menunjukkan rasa hormat biasa menyapa laki-laki tua dengan sebutan bapak dan perempuan tua dengan sebutan ibu

    BalasHapus
  7. Sementara itu gua baca bagian dongeng tikus dan kucing pake intonasi yang menghayati tapi bingung bacanya di part Lameeee 😂

    BalasHapus
  8. Kita sapaan ini ketika bersama keluarga besar suka berubah tapinya kak, hihihi aku suka memberi nama kucing dengan panggilan cantik... Kira-kira kucing pain tahu nggak ya kalau namanya cantik hehehe

    BalasHapus
  9. akhirnya bisa tidur nyenyak setelah mengerti arti kata lame'

    BalasHapus
  10. ngebayanginnya malah ngakak :D

    BalasHapus
  11. kalau sapaan kucing ke kecoak apa ya, karna kucing saya suka ngejar dan gigit kecoak

    BalasHapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .