Asam Jawa untuk Kreasi Masakan Rendang & Kuah Cuko Pempek

Ingat gak ketika kecil dulu, saat itu emak ingin masak makanan kesukaan Kamu, tapi sebelum itu Kamu diminta untuk membeli bumbu masakannya. Salah satunya, buah asam jawa yang banyak digunakan sebagai bumbu melengkapi terciptanya kenikmatan sebuah masakan.


Berbicara tentang buah asam jawa, Saya jadi teringat sedikit kisah yang agak unik untuk Kamu ketahui, di SD Saya tumbuh pohon asam jawa, dan sering sekali teman-teman mengambilnya dengan cara melempar.

cerita masakan


Walaupun selalu dimarahi oleh penjaga sekolah, tapi tetap saja ketika panen tiba pohon asam jawa di halaman sekolah menjadi sasaran empuk para atlit kecil pelempar cakram. Biar agak dramatisir, intinya buah asam jawa selalu jadi incaran.


Saya menjadi heran saat itu, dimana serunya permainan melempar buah asam jawa ini, alhasil Saya pun terikut adegan lempar-melempar batu untuk mengambil asam jawa. Jatuhlah buahnya satu hancur berantakan, yang lain langsung memakannya nyengir-nyengir, sedangkan Saya menyimpannya bawa ke rumah.


Sesampainya di rumah, Saya lupa bahwa isi kantung baju sekolah adalah buah asam jawa, kantung baju jadi lengket karena sudah direndam dengan emak dan akan dicuci, interogasi akan dimulai, Saya sudah mencari-cari alasan yang mungkin bisa diterima akal.


Perihal baju sekolah yang terlalu kotor, emak sangat antusias untuk memarahi anaknya, jika baju sekolahnya terlalu kotor seperti kena lumpur (ketika pulang sekolah mandi di aliran sawah), atau kotoran debu (ketika main samberlang hingga terjungkal).


Tapi anehnya, kali ini tidak dimarahi malahan disuruh emak untuk bawa lebih banyak buah asam jawa, karena bisa dijadikan bumbu dapur untuk segala masakan. Mungkin beberapa teman yang memunguti buah asam jawa, bernasib sama karena disuruh emaknya.


Sekilas cerita singkat tentang buah asam jawa, bagaimana dengan Kamu apakah punya pengalaman semasa kecil tentang bumbu dapur buah asam jawa.

buah asam jawa tanpa biji adabi


Buah Asam Jawa Adabi Tanpa Biji

Berbicara tentang buah asam jawa tidak terlepas penggunaannya sebagai bumbu dapur. Hanya saja asam jawa yang dijual di warung sembako, dijual bersamaan biji-bijinya jadi butuh proses yang agak panjang untuk memilah biji asam jawa.


Pernahkah Kamu makan makanan yang menggunakan buah asam jawa, sebut saja urap. Beberapa masakan hajatan yang memasak urap menggunakan buah asam jawa, tidak dibuang bijinya, tentu mengganggu saat makan urap.

Mungkin tukang masaknya terlalu malas untuk mengeluarkan biji asam jawa ketika persiapan bahan masakan, sepertinya para tukang masak dengan gaya masak cemplung-cemplung perlu diperkenalkan buah asam jawa tanpa biji.


Jadi siapa pun yang ingin memasak makanan dengan bahan buah asam jawa, tidak direpotkan lagi dengan mengupas biji dan memisahkan buah asam jawa yang melekat pada biji, ini dia Buah Asam Jawa Adabi.


Bagi yang sudah kenal dengan bumbu dapur ini, berarti Kamu sungguh kekinian tapi bagi yang belum mengetahuinya, buruan deh coba menggunakan asam jawa tanpa biji pada masakan Kamu.


Banyak loh masakan atau olahan makanan yang bisa dibuat dari asam jawa, dari mulai Rendang, Kuah Pempek, Bumbu Panggang, Jamu Kunyit Asam dan bahkan jus Asam Jawa, lain waktu ada kesempatan Saya ulas deh cara buatnya. 


Cara Makan Rendang

Hari ini masih suasana Idul Adha yang mana identik dengan ritual Qurban, pemotongan sapi atau kambing yang disyariatkan untuk umat Islam. Suasana yang paling menggembirakan, pada momen ini tiap rumah pasti tengah sibuk bahkan bingung ingin dimasak seperti apa daging qurban mereka.

masakan rendang bumbu adabi


Kebetulan sekali, daging qurban di rumah di hari kedua Idul Adha dimasak sate, dan hari ini masih tertinggal sedikit daging qurban, entah kenapa teringin makan rendang yang banyak kuahnya.


Enaknya punya istri, mau makan apa dimasakin istri, yasudah deh minta tolong sama istri daging lebih dikulkas disulap menjadi rendang. Kalau perihal rendang, tiap orang beda loh cara makannya, Kamu ada cara makan favorit tersendiri.


Cara makan rendang yang biasanya Saya lakukan, menyendok kuah rendang menaruhnya ke nasi terlebih dahulu mengaduknya hingga kuahnya merata menyeluruh ke nasi, setelah itu disantap deh.


Cara makan rendang kedua, kuah rendang dan daging rendangnya di satu piring dengan nasi tapi tidak dicampurkan ke nasi, ketika ingin menyantapnya barulah dicampur disendok kuah dan daging rendang bersamaan nasi.


Bagaimana pun cara makan rendangnya, makanan yang dimasak oleh Istri jauh lebih nikmat daripada masak sendiri, percaya tidak percaya ini fakta, apalagi bumbunya menggunakan asam jawa tanpa biji dari Adabi pasti masaknya jadi lebih mudah.


Cara Makan Pempek

Beberapa hari tidak lama setelah Idul Adha, adik ipar ke rumah berkunjung membawa Pempek lumayan banyak untuk seisi rumah, akhirnya berlebih dan bersemayam di kulkas. Hari menjelang sore, Saya dan Istri beserta anak gadis kami Nua yang berumur 1 tahun duduk bengong di ruang makan menonton ikan cupang main kejar-kejaran dengan ikan gobi di aquarium.

kuah cuko pempem bumbu adabi


Mendadak perut Saya seperti merasa lapar tapi apakah benar ini parasaan lapar atau perasaan mules, ketika Saya sedang sibuk memahami kondisi perut, istri dengan senang hati menawarkan Pempek.


Setelah Saya lahap, menyendoknya dan hampir habis, istri bertanya bagaimana rasa pempeknya, apakah kuahnya enak atau sangat enak. Saya pun mendadak curiga, salah jawab bisa bahaya, dan tebakan Saya benar kuah Cukonya bikin sendiri.


Lebih enak yang ini daripada yang kemarin, kuahnya lebih berasa asam jawanya, lebih segar, istri buat sendiri ya kuah Cukonya dari persediaan asam jawa tanpa biji dari Adabi yang ada di kulkas.


Cara makan pempek ternyata ada triknya, bahkan orang asli Palembang punya ritual makan pempek yang dipercaya lebih nikmat ketika disantap. Kuah cuko di wadah terpisah dengan pempek, kemudian pempek dicocol ke kuah Cuko ketika akan disantap, bahkan ketika pempeknya habis, kuahnya lebih enak diseruput langsung.


Kalau saya malah terbalik, cara makan pempeknya, kuah Cuko saya pegang tangan kiri dan sekilas seperti makan kuah Cuko pakai pempek bukan makan pempek dicocol kuah Cuko.


Kalau kamu, olahan masakan apa yang pernah Kamu santap dan menggunakan bahan asam jawa.


Posting Komentar

0 Komentar