Mengganti Ban Mobil Yang Bocor di Pinggir Jalan

Memiliki mobil bekas atau mobil baru sekali pun, tetap beresiko alami ban mobil bocor, apalagi ketika ban pecah saat berkendara jauh, sungguh perjalanan yang melelahkan, sebabnya saya ulas semoga bermanfaat cara memasang ban cadangan mobil ketika perjalanan jauh.

Bagi para pria saat mobil mereka alami ban gembos, membuka ban dan memasang ban cadangan sepertinya mudah. Namun, untuk wanita bukan berarti menjadi hal yang sulit bagi mereka yang ingin menukar ban cadangan sendiri.

cara ganti ban mobil bocor


Pada umumnya, jika ban mobil sudah terlihat kurang angin bisa jadi disebabkan ban bocor, Kamu masih bisa menggunakannya untuk pergi ke bengkel terdekat.

Mobil keluaran tahun tinggi biasanya sudah menggunakan ban tubeless, ketika alami ban bocor angin tidak langsung kosong, sehingga masih bisa digunakan.

Jangan heran jika suatu saat melihat kendaraan milik orang lain, walau salah satu ban mobilnya kurang angin masih dikendarai, mungkin sedang mencari bengkel terdekat.

Tapi jika ingin ganti ban mobil sendiri, berikut sekilas saya ulas berdasarkan pengalaman pribadi membuka ban mobil bocor dan memasang ban cadangan di pinggir jalan.

Penting untuk meminggirkan kendaraan ke tepi jalan, agar tidak mengganggu kendaraan lain berkendara, meletakkan segitiga penanda untuk kendaraan lain berhati-hati atau menggunakan lampu kedip mobil saat proses mengganti ban mobil cadangan.

Cara Mengganti Ban Mobil Tubeless Yang Bocor


Ketika ingin tukar ban gembos dengan ban cadangan pada mobil, harus dipahami langkah-langkah yang baik melepaskannya. Ban mobil tubeless bocor terkadang tidak mudah untuk diketahui, jika angin ban dirasa sudah kurang drastis bisa jadi disebabkan ban bocor.

Cara menukar ban mobil bocor, simak langkah-langkahnya guna membantu kamu ketika membuka dan memasang ban mobil cadangan.

-Persiapkan Peralatan Untuk Melepaskan Ban Mobil
Alat membuka baut biasanya sudah ada ketika pertama kali membeli mobil, peralatan standard untuk membuka dan melepaskan ban mobil sudah tersedia.

Kunci pembuka baut mobil, set dongkrak, peralatan darurat lainnya jangan sampai tercecer dan tidak dimasukkan ke dalam mobil.

  1. Rem Tangan Mobil Harus Diaktifkan
    Mengurangi kemungkinan hal yang tidak diinginkan, pastikan rem tangan diaktifkan agar tidak terjadi suatu hal selama proses membuka dan memasang ban mobil.
    Jika jalan sedikit miring, dan ban mobil harus diganti saat itu juga mengaktifkan rem tangan menjadi penting, namun baiknya berhentilah di jalan yang rata.
    cara ganti ban mobil tubeless sendiri

  2. Pasang Segitiga Pengaman Di Belakang Mobil
    Penanda segitiga umumnya diletakkan dipinggir jalan ketika kendaraan menggunakan badan jalan dan khawatir mengganggu kendaraan lain.
    Penanda segitiga ini, agar kendaraan lain yang sedang berkendara dari jauh agar mengurangi kecepatannya.
    cara ganti ban mobil tubeless yang benar

  3. Lepaskan Ban Cadangan Dari Mobil
    Tiap mobil berbeda dudukan untuk ban cadangan, ada yang diletakkan pada bagian bawah mobil, ada didalam mobil dan ada juga di badan mobil bagian belakang.
    Baiknya buka dan lepaskan ban cadangan terlebih dahulu dari dudukannya, pastikan ban cadangan selalu siap sedia digunakan kapan saja, perhatikan tekanan udara dari ban.
    cara ganti ban mobil tubeless yang baik

  4. Kendurkan Baut Ban Mobil Sebelum Didongkrak
    Sebelum membuka ban mobil yang bocor dan sebelum memasang dongkrak, kendurkan baut terlebih dahulu untuk memudahkan prosesnya.
    Baut yang keras ketika dibuka, jika menggunakan kunci standard Kamu bisa menaikinya dan berdiri di kunci, untuk manfaatkan berat badan, hal ini dilakukan sekali saja di tiap baut. Jika kunci sudah bisa bergerak dilanjutkan dengan menggunakan tangan.
    cara ganti ban mobil tubeless yang keras

  5. Pasang Dongkrak Untuk Meninggikan Ban
    Jika dirasa baut sudah kendur, pasang dongkrak pada kerangka mobil bukan pada bagian yang lunak. Ada dua pemahaman ketika memasang dongkrak, dipasang dari samping dan dipasang dari belakang/depan untuk menjangkau tepat di belakang bagian rem.
    Menggunakan dongkrak standard dan mungkin sudah tidak terlalu bagus karena pemakaian, memasang dongkrak tepat di bagian dalam belakang rem ban lebih baik, agar dongkrak tidak lepas.
    cara ganti ban mobil tubeless yang kempes

  6. Masukkan Ban Cadangan Ke Bawah Mobil
    Sebelum ditinggikan menggunakan dongkrak, letakkan ban cadangan di bawah mobil untuk menghindari dongkrak yang lepas alibat kurang tepat pemasangannya. Jika mobil sudah meninggi dan dirasa ban mobil sudah bisa dilepas dengan ketinggian tersebut, maka lepaskan ban mobil.
    Mungkin langkah ini terkesan tidak perlu, tapi cukup bermanfaat untuk pemasangan dongkrak yang mungkin kurang tepat dan menyebabkan mobil terjatuh tanpa ban.
    cara ganti ban mobil tubeless yang gembos

  7. Lepaskan Ban Mobil Yang Bocor
    Melepaskan ban mobil yang keras menjadi mudah karena sebelumnya baut sudah dikendurkan, lepaskan baut satu per satu, lebih baik menyilang bukan berurutan. Beberapa ban walau baut sudah dikendurkan ada yang sulit untuk lepaskan, cara melepaskan ban bocor yang keras sebenarnya gampang.
    Beberapa hal yang perlu dilakukan, hentak atau ditendang menggunakan tumit kaki pada bagian ban sisi atas dan sisi bawah, kemudian sisi kanan dan sisi kiri, selanjutnya ban yang sulit untuk dilepas menjadi gampang.
    cara ganti ban mobil tubeless yang bocor

  8. Pasang Ban Cadangan, Dan Masukkan Ban Bocor Ke Bawah Mobil
    Ban cadangan yang sudah disediakan dan sesaat menjadi bantalan seandainya dongkrak jatuh, kini sudah bisa Kamu ambil dan pasang ke mobil. Namun setelah mengeluarkan ban cadangan dari mobil, baiknya untuk memasukkan ban bocor tadi untuk jaga jaga.
    Pasang ban cadangan dan kencangkan baut, satu per satu pada posisi mengencangkan dari sisi menyilang bukan berurutan, karena menurut saya lebih mudah ketika mengencangkan atau mengendurkan baut satu yang kanan atas kemudian satu yang kiri bawah, posisi menyilang.
    cara ganti ban mobil tubeless dengan cadangan

  9. Kencangkan Baut Ban Mobil
    Sebelum mengencangkan baut, masih pada posisi dongkrak, pastikan baut sudah diputar dan kencang, namun untuk mengencangkannya lagi, hingga bunyi "krek" jangan biasanya memaksa baut kencang dengan posisi dongkrak masih menyangga.
    Beberapa orang berpendapat tidak perlu hingga bunyi "krek" ketika mengencangkan mobil, dan ada juga yang berpendapat harus bunyi "krek" sekali saja, untuk memastikan lebih kencang baut yang diputar.
    cara ganti ban mobil tubeless dengan serep

  10. Keluarkan Ban Yang Bocor, Turunkan Dongkrak
    Dongkrak diturunkan namun sebelum itu ban bocor yang gunanya untuk jaga-jaga tadi, keluarkan dari bawah mobil dan dongkrak sudah bisa diturunkan dan dirapikan untuk disimpan. Mengencangkan baut hingga posisi krek, pada tahap ini sehingga meminimalisir dongkrak yang tidak seimbang saat baut dikencangkan.
    Dan ban cadangan sudah dalam keadaan terpasang, Kamu bisa melanjutkan perjalanan, ada baiknya secepatnya menambal ban tubeless yang bocor tadi, agar tidak terlalu lama dalam keadaan bocor.
    cara ganti ban mobil tubeless tanpa dongkrak

  11. Kembalilan Peralatan Ke Tempat Semula
    Biasakan tidak asal meletakkan peralatan ke dalam mobil, bereskan dan rapikan agar terlihat tertata, jika dongkrak harusnya diletakkan ke bawah jok tempat duduk maka letakkanlah di sana, bukan asal meletakkan di atas jok.
    Bayangkan ketika semua berantakan, ternyata ada teman ketemu di jalan dan ingin menumpang, tentunya repot untuk membereskannya dalam keadaan dadakan.
    cara ganti ban mobil tubeless tanpa alat

  12. Jika Perjalanan Jauh, Pasang Ban Bocor Ke Tempat Ban Serep
    Ban yang sudah diganti, dan ban bocor tadi letakkan ke dalam mobil, apakah ke dalam tempat ban serep atau hanya diletakkan di bagian belakang untuk secepatnya mencari bengkel tambal ban.
    Namun untuk memudahkan, baiknya pasang ban bocor tadi ke tempat ban serep tidak ada salahnya, apalagi ketika perjalanan jauh lebih baik dimasukkan ke tempat ban serep ketika ketemu bengkel tambal ban terdekat, tidak salah juga dilepaskan dari sana untuk di tambal.
    cara ganti ban mobil tubeless ke bengkel

Ganti Ban Mobil Tubeless Yang Bocor Beserta Gambar

Untuk yang lebih mudah memahami cara ganti ban mobil dengan visualisasi gambar, berikut ini gambar sederhana langkah demi langkah tukar ban bocor.

cara ganti ban mobil bocor
Letakkan penanda segitiga, agar pengendara lain di jalan harus berhati-hati.
cara ganti ban mobil bocor yang benar
Letakkan ban cadangan ke bawah mobil, sebelum dongkrak dipasang kendurkan baut.
cara ganti ban mobil bocor lengkap
Pasang dongkrak untuk meninggikan mobil dan mulai menggantinya.
cara ganti ban mobil bocor yang baik
Buka ban bocor untuk diganti dengan ban cadangan.
cara ganti ban mobil bocor dengan cadangan
Pasang ban cadangan dan kencangkan baut.

Apa Saja Penyebab Ban Tubeless Bocor

Penyebab utama ban tubeless yang bocor adalah tertancap benda tajam di jalanan, bisa paku, besi, dan benda meruncing lainnya. Tapi jangan heran jika ban tubeless bocor disebabkan benda runcing, ketika diteliti benda tersebut sudah tidak ada lagi, bisa jadi terlepas saat mobil dibawa berkendara.

Penyebab kedua bisa jadi karena bagian pentil ban tubeless sudah aus, hal ini saya ketahui ketika ban mobil yang saya kendarai dalam satu hari kurang angin terus-terusan, kemudian saya disarankan untuk cek pentil ban tubeless jika sudah aus harus diganti, harganya sekitar 15.000 di Medan.

Penyebab ketiga kemungkinan ban tubeless sudah mulai menipis, sehingga peforma bannya pun tidak baik lagi, hal ini harus cepat cepat pergi ke dealer ban mobil untuk menggantinya, bahaya kalau dibawa perjalanan jauh, ban bisa pecah.

Jika kamu punya masukan penyebab lain ban tubeless bisa bocor, yuk beri tanggapan di kolom komentar.

Apakah Beda Cara Mengganti Ban Mobil Depan Yang Bocor

Sebenarnya untuk mengganti ban mobil bagian belakang atau pun depan tidak ada perbedaan, hampir sama saja mungkin yang nampak berbeda adalah posisi dongkrak untuk meninggikan ban. Secara keseluruhan langkah demi langkahnya semuanya sama, dalam mengganti mobil harus tetap waspada keseimbangan dongkrak.

Walau pun mengganti bagian ban mobil depan atau ban mobil belakang, manfaatkan ban cadangan untuk menjadi bantalan jika keseimbangan dongkrak mulai tidak kuat dan menyebabkan mobil nyungsruk.

Apakah Ban Tubeless Bisa Ditambal Sendiri Tanpa Ke Bengkel

Jika ingin menambalnya sendiri tidak ada masalah, beli perlengkapan untuk tambal ban tubeless, dan pelajari cara tambal ban tubeless sendiri, yang sulit ketika menambal ban tubeless adalah menekan penambal ke ban tubeless, butuh tenaga lebih agar penambal menembus dan masuk serta menutupi lubang bocor pada ban.

Nah semoga, ulasan saya tentang ganti ban mobil yang bocor di pinggir jalan membantu kamu menjadi referensi ketika mengganti ban mobil kamu.

Mobil Bekas Pilihan Expert Ada di Seva

Seva memberikan pelayanan terbaik sediakan mobil bekas berkualitas untuk mereka yang ingin ganti mobil, upgrade mobil idaman di Seva dan rasakan bagaimana pengalaman menyenangkan mencari dan membeli mobil layaknya punya konsultan pribadi yang paling mengerti masalah mobil. Selengkap ada di ulasan tentang Seva Mobil Bekas pada blog ini.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Lengkap banget, Alhamdulillah diajari sampai detail begini. siapa tau nanti ban mobil bocor dan gak ada bantuan, apalagi cewek butuh banget info yang begini walau tetap butuh tenaga lelaki hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan, sebenarnya mau cewe atau cowo, bisa kok ganti ban mobil yang bocor, asal ada panduannya, paling agak berotot sikitlah abes ganti ban..

      Hapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .