Memaknai Ramadan & Idul Fitri Distancing

Keistimewaan bulan ramadan dan keutamaan idul fitri disambut serta dinanti banyak umat muslim, masa pandemi tidak serta merta mengurangi semangat mengamalkan ibadah.

Tiap momen di bulan penuh berkah ini dan momen di hari raya lebaran, menciptakan kenangan bahagia yang nantinya dirindukan.

Hari pertama bulan puasa biasanya banyak yang berubah, tempat makan mulai ditutup tirai, jam makan siang dimanfaatkan untuk tidur siang, sorenya jalanan penuh pedagang takjil.

Masuknya hari - hari di bulan ramadan, suasana sangat berbeda dan suasana seperti ini tidak ada di bulan - bulan lainnya, maka banyak alasan tiap orang menikmati bulan ramadan.

Alasannya, ada waktu sahur dan buka bersama keluarga, reuni dadakan saat bukber, bahkan mendadak puitis ketika mengirimkan ucapan idul fitri taqabbalallahu minna wa minkum.

ramadan idul fitri


Namun, ketika pandemi covid-19 yang meresahkan ini menyebar di Indonesia, bulan ramadan dan idul fitri nantinya pasti berbeda.

Aktivitas ramadan di luar rumah harus dibatasi, jika dalam keadaan mendesak persiapkan perlengkapan sanitizer guna mencegah penyebaran virus.

Bukan berarti covid-19 mengecilkan semangat untuk melakukan amalan ibadah di bulan ramadan dan sholat idul fitri. 

Tetap melakukan aktivitas amalan di bulan ramadan dan sholat idul fitri, dengan menjaga jarak dan memelihara kesehatan tubuh. 

Social distancing merupakan salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus Corona dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Kini, istilah social distancing sudah diganti dengan physical distancing oleh pemerintah. (alodokter.com) 

Apa itu ramadan distancing


Ramadan distancing adalah istilah yang menjelaskan aktivitas amalam selama bulan ramadan dengan menerapkan jaga jarak dan jaga kontak langsung dengan orang lain.

Ketika orang menerapkan ramadan distancing, mereka sudah berkontribusi melawan penyebaran covid-19 tanpa meninggalkan amalan ibadah ramadan.

Tips penerapan physical distancing selama bulan ramadan, menurut saya seperti ini

  • Hindari perkumpulan yang bukan aktivitas amalan ibadah, seperti sahur on the road beramai-ramai, buka bareng teman alumni
  • Amalan ibadah yang melibatkan banyak orang wajib waspada, persiapkan perlengkapan diri, sejadah bawa dari rumah, hindari dan siasati menyentuh titik umum (gagang pintu, dll), sampainya di rumah bersihkan tubuh dan ganti baju dan jangan gunakan sejadah di rumah.
  • Aktivitas ibadah di luar rumah yang tidak bisa ditunda (menghadiri kajian umum dan lainnya), wajib jaga jarak, hindari kontak fisik seperti berjabat tangan, dll.
  • Jangan berburu takjil ketika sedang ramai-ramainya, baiknya cari takjil tepat setelah sholat ashar bukan menjelang maghrib. 
  • Pelihara wudhu, agar terhindar dari titik umum keran air masjid berwudhu dari rumah.

Semoga tips ramadan distancing ini membantu, jika kamu punya tips lainnya tambahkan di kolom komentar ya. 

Apa itu idul fitri social distancing


Idul fitri distancing adalah cara bagaimana seseorang tetap melakukan sholat iduk fitri dan aktivitas setelahnya dengan menjaga jarak dan menghindari kontak fisik.

Walau pun anjuran di rumah saja digalakkan, pasti tetap banyak orang pulang kampung, merayakan idul fitri di kampung, bahkan saling berkunjung ke rumah saudara lainnya.

Tips menerapkan idul fitri distancing untuk yang enggan di rumah, menurut saya

  • Ketika sholat idul fitri, baiknya berwudhu dari rumah, membawa sejadah, gunakan masker dan kacamata, masuk shaf saat mulai sholat saja, hindari salaman dengan orang lain, mendengarkan khotbah dengan jaga jarak (keluar dari shaf duduk di tempat yang tidak terlalu berkerumun).
  • Sampainya di rumah bersihkan tubuh dengan mandi, dan ganti baju. 
  • Pulang kampung dengan kendaran pribadi, hindari menggunakan kendaraan umum.
  • Tanyakan terlebih dahulu apakah kerabat bisa dikunjungi atau tidak. 
  • Gunakan sarung tangan, jika terpaksa melakukan tradisi sungkeman.

Saya pribadi tidak pulang kampung, karena khawatir adegan sungkeman tetap dilangsungkan, semoga tips ini membantu jika ada tips lainnya tinggalkan di komentar.

Keistimewaan Ramadan

Memaknai bulan ramadan lebih khidmat jika mengetahui keistimewaan yang terkandung di bulan ramadan, keutamaannya bahkan dinanti banyak muslim seluruh dunia.

Beberapa keistimewaan bulan ramadan, semoga menjadi penyemangat banyak muslim mengamalkannya.

  1. Bulan diturunkannya Al-Qur'an (Al Baqarah:185)
    “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan ) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda ( antara yang hak dan yang bathil )“ ( Al Baqarah : 185 )
  2. Pintu Kebaikan Terbuka
    Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu – pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim ).
  3. Malam Lailatul Qadar Hanya Ada Di Bulan Ramadan
    “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar“ ( Al Qadr : 1-5 ).
  4. Malam Di Bulan Ramadan Penuh Kebaikan
    “Sesungguhnya bulan (Ramadhan) telah dating kepada kalian, di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang tidak mendapatinya maka ia telah kehilangan banyak sekali kebaikan“ ( diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan dihasankan oleh Al Mundziry )
  5. Pengampunan Dosa Di Bulan Ramadan
    “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )
  6. Pintu Taubat Terbuka
    “Celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni “ ( diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad )
  7. Dilipat Gandakannya Pahala
    “Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim ), Dalam riwayat Muslim disebutkan " . . .menyamai pahala ibadah haji bersamaku“.
  8. I’tikaf Masjid Lebih Mulia
    “Adalah Nabi shallallahu alaihi wa sallam beri’tikaf pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, sampai beliau wafat, kemudian istri – istri beliau pun beri’tikaf setelahnya“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim ).
  9. Urusan Duniawi Bukan Menjadi Masalah
    “Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, … (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, Maka janganlah kamu mendekatinya“ ( Al Baqarah : 187 ).
  10. Ibadah Tarawih Khusus Bulan Ramadan
    “Barangsiapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )
  11. Bulan Ramadan Waktu Tepat Berdoa
    “Sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab“ ( diriwayatkan oleh Al Bazzar dan dishahihkan oleh Albani )
  12. Bulan Ramadan Penuh Berkah
    “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah“ ( diriwayatkan oleh An Nasai dan dishahihkan oleh Albani )
  13. Amalan Menuju Syurga Di Bulan Ramadan
    “Bukankah setelah itu ( dalam waktu setahun ) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat?“ ( diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani )
  14. Syetan Dibelenggu
    Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhari-Muslim)
  15. Ibadah Puasa Allah Yang Menilai
    “Setiap amalan anak adam itu untuknya kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan akulah yang membalasnya.” (HR Bukhari)
  16. Makan Minum Terasa Sangat Nikmat
    Tentunya ketika berpuasa di bulan ramadan kita tidak makan dan minum, sesaat setelah berbuka makanan dan minuman yang biasa saja begitu nikmat terasa, sehingga wujud syukur terhadap makanan dan minuman lebih terasa.
  17. Waktu terbaik sedekah
    Jika sedekah saja dilipat gandakan, bagaimana jika sedekah di bulan ramadan yang penuh keberkahan, amalan kebaikan akan dilipatgandakan, begitu juga sedekah.

Keutamaan Idul Fitri

Setelah bulan ramadan selesai maka hari raya idul fitri pun menghampiri, sedikit yang mengetahui makna keutamaan idul fitri semoga ulasan ini sedikit menstimulasi.

Beberapa keutamaan idul fitri yang bisa dijadikan penyemangat 

  1. Hari Penuh Kebahagiaan dan Kemenangan
    “Katakanlah dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.”(QS. Yunus : 58)
  2. Hari Kembali Suci
    Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,
    “Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”(HR. Bukhari dan Muslim)

    Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
    “Barangsiapa mendirikan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(HR. Bukhari dan Muslim)
  3. Hari Yang Baik
    “Allah telah memberi ganti bagi kalian dua hari yang jauh lebih baik, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.”(HR. Ab Daud dan An-Nasa’i dengan sanad hasan)
  4. Hari Kembali Berbuka
    “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidaklah keluar pada hari Idul Fitri (ke tempat shalat) sampai beliau makan beberapa kurma terlebih dahulu. Beliau memakannya dengan jumlah yang ganjil.”(HR. Bukhari)        

Ramadan & Idul Fitri Menurut Influencer Medan

Tiap orang punya makna lain ketika membahas soal ramadan dan idul fitri, berikut ini saya lampirkan tanya jawab dari teman yang menginspirasi saya untuk tetap menjadi kreatif untuk menyebar kebaikan.

Semoga kamu juga termotivasi menjadi pribadi yang kreatif demi menyebarkan kebaikan untuk sekitar dan menjadi baik untuk diri sendiri.

Menurut Ruchi Seorang Filmmaker Dakwah

Ruchi ini saya kenal dari sebuah komunitas film di Medan, bukan komunitas film biasa melainkan komunitas film dakwah yang dinamai Fisabilillah Production. Saya pun tertarik dengan visi-misi komunitas ini dan tergabung menjadi anggota di dalamnya.

Ruchi merupakan seorang founder komuntas Fisabilillah Production bersama temannya, banyak karya film yang telah disutradari dan diproduksi oleh teman-teman yang menginspirasi banyak orang melalu channel youtube Fisabilillah Production.

filmmaker medan

Arti Ramadan menurut Ruchi

Ramadhan itu bulan asik ya, asiknya karna setiap amalan kebaikan yang kita buat, itu dilipatgandakan, ga kayak bulan-bulan yang lain.

Momen spesial ramadan yang Ruchi nantikan

Biasanya momen spesial selama ramadhan itu agenda ibadah baeng-bareng nya, bisa silaturrahim dengan acara buka bersama dengan keluarga, rekan-rekan dan masyarakat. Tapi tahun ini agak beda, karena ya kita sama-sama tau, covid-19.

Yang bikin kangen saat saat ramadan apa aja?

Kalo ramadhan itu yang bikin ga bisa lupa itu saat sahur dan berbuka, tau ga kenapa? karena biasanya tiap tahun kalo sahur selalu ada satu hari yang kesiangan, pas adzan baru bangun. Dan saat berbuka, itu seru nya disaat makanan udah ngumpul semua, kayak teriak-teriak pengen dimakan sambil nungguin adzan maghrib.

Cerita dong saat saat ramadan paling berkesan?

Ramadhan paling berkesan itu tahun 2018/1439H, waktu itu ramadhan pertama kali full sebulan penuh ada di perantauan, gabisa kumpul sama keluarga, saat-saat dimana sahur sangat bisa dihitung, karna kebanyakan kebangun pas adzan, endingnya pas akhir ramadhan jadi kurus kering. wkwkwkwkwk

Apa yang berbeda ramadan kali ini dengan ramadan sebelumnya

Jelas beda, kalo sekarang ramadhan nya Alhamdulillah udah ada yang "HALAL"

Tips bulan ramadan tetap produktif ala Ruchi?

Buat jadwal/schedule, apa aja yang mau dikerjain selama ramadhan. Entah itu berkarya maupun ibadah. Misal soal ibadah ni, target khattam 2x selama ramadhan, berarti udah terjadwal tu sehari harus 2 juz biar dapat 2x khattam nya.

Arti hari idul fitri menurut Ruchi

Idul Fitri itu kebahagiaan, bahagia telah berperang melawan nafsu selama ramadhan dan godaan-godaan syaiton yang bisa membatalkan ibadah puasa kita.

Ceritain momen idul fitri yang paling berkesan. 

Tetap di tahun yang sama kayak ramadhan 2018, momen berkesan idul fitri itu di tahun 2018/1439H, karena ada di perantauan jadi ngerayainnya sendirian via video call dengan keluarga

Ucapan selamat hari idul fitri untuk semua versi Ruchi

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Semoga kita semua bisa mempertahankan keimanan kita dan meningkatkan kembali ibadah-ibadah yang sudah kita lakukan selama bulan ramadhan

Hari idul fitri kali ini tentu akan berbeda karena masa pandemi, bagaimana Ruchi siasatinya

Tetap ikuti anjuran pemerintah untuk safety kan diri, tetap upayakan pencegahan dengan pakai masker, cuci tangan, dan keep physical distancing (kecuali sama binik). hehehe

Harapan Ruchi setelah bulan ramadan, khususnya tentang diri sendiri

Semoga setelah ramadhan ini, covid-19 bisa musnah, dan untuk saya pribadi, semoga bisa meningkatkan kualitas iman dan semangat berkarya yang lebih menggebu-gebu dari sebelum-sebelumnya.

Menurut Dody Seorang Komikus Dakwah

Dody saya mengenalnya dari lintas komunitas kreatif di kota Medan, di suatu event yang mempertemukan blogger medan dan para pegiat seni, Dody adalah seorang komikus kreatif yang dimiliki kota Medan.

Dody tidak hanya komikus pada umumnya, melainkan komikus yang ciptakan karya islami yang menginspirasi banyak orang melalui akun instagramnya dodykomik.

komikus medan

Arti Ramadan menurut Dody

Ramadhan adalah bulan yang paling spesial bagi saya, dan untuk semua umat muslim diseluruh dunia. Karena bagi saya khusus di bulan Ramadhan keimanan kita dilatih dan diuji dari hal-hal yang palig sulit kita kekang dan kendalikan seperti emosi, nafsu, perilaku buruk dan sebagainya. Selain itu bagi saya Ramadhan adalah momen meningkatkan kualitas ibadah.

Momen spesial ramadan yang Dody nantikan

Apa ya , kayaknya ga ada momen spesial  khusus. Karena tiap waktu di bulan Ramadhan selalu jadi momen special tiap detiknya bagi saya.

Yang bikin kangen saat saat ramadan apa aja

Kangen pas bareng si dia, ups. Bukan ding!  Yang dikangenin di bulan Ramadhan itu pasti beda-beda ya tiap tahun nya. Yang paling khas itu yang jelas sholat Tarawih berjamaah di masjid, karena kan ga mungkin ada diluar bulan Ramadhan. Suasana yang ramai sepanjang jalan pulang Tarawih itu rasanya otentik banget.

Ceritain dong saat saat ramadan paling berkesan

Kayaknya kalau sekarang-sekarang gak terlalu berkesan. Rasanya dulu banget waktu kecil yang bener-bener berkesan, waktu dimana puasa full adalah suatu pencapaian yang luar biasa rasanya. Trus kalau pagi sehabis sahur selalu diajak jalan-jalan sama orang tua buat keliling di kota Medan, gak jarang setelah jalan-jalan dibeliin mainan sebelum pulang. Asik kan

Apa yang berbeda ramadan kali ini dengan ramadan sebelumnya

Mungkin ga jauh beda sama temen-temen yang lain yang merasakan efek social dan physical distancing, ramadhan ini jauh berasa lebih sepi. Tapi bisa jadi Ramadhan yang kayak gini bakal kita rindukan di masa-masa yang akan datang. Perjuangan kita melewatinya pasti jadi kenangan yang indah.

Tips bulan ramadan tetap produktif ala Dody

Sebelum adanya wabah covid-19, biasanya cara supaya produktif di bulan Ramadhan banyakin jalan-jalan dan ngobrol bareng teman-teman. Dengan ketemu banyak orang banyak ide yang muncul untuk dieksekusi. Kalau bedanya sekarang lebih banyak dirumah, jadi mau ga mau harus tetap merubah suasana kerja seperti pindah-pindah tempat/lokasi waktu kerja/meeting online. Cari sudut-sudut rumah yang biasanya jarang dibuat untuk nongkrong. Jadi suasana hati juga gak ikutan mati  

Arti hari idul fitri menurut Dody

Tidak hanya kembali suci, tapi gimana kita mampu mempertahankan kebiasaan baik yang sudah kita lakukan di bulan Ramadhan, menjadi kebiasaan sehari-hari. Kalau setelah idul fitri ternyata kebiasaan kita sama aja atau lebih buruk dibandingkan sebelum Ramadhan ya rasanya rugi aja.

Ceritain momen idul fitri yang paling berkesan.

Selalu berkesan apapun itu, baik momen silaturahminya, makanan dan kue-kuenya, apalagi acara-acara TV nya paling berkesan tuh kalau yang diputar film Warkop atau film Boboho.

Ucapan selamat hari idul fitri untuk semua versi Dody

Mungkin yang paling pavorit dan legend bagi saya itu ucapan yang ada kata-kata “Sebelum tangan tak lagi bisa menjabat, sebelum kaki tak mampu lagi melangkah, Sebelum mulut tak mampu lagi berucap” hati hati bisa jadi itu gejala kolesterol atau stroke, haha. Jadi minta maaflah yang tulus sebelum yang tadi itu semua datang. Mohon maaf lahir dan bathin.

Hari idul fitri kali ini tentu akan berbeda karena masa pandemi, bagaimana Dody siasatinya

Yang pasti kita semua mungkin diimbau untuk mengurangi kunjungan ke tempat yang ramai dan berkumpul. Tapi kalau saya pribadi sebisa mungkin untuk berusaha tidak kehilangan momen silaturahmi. Mungkin mensiasatinya jika mau berkunjung boleh tapi tetap menggunaan masker. Dan jika akan menerima kunjungan silaturahmi dari luar baiknya menyediakan sabun cair di depan pintu masuk rumah untuk tamu mencuci tangan. Ya mudah-mudahan aja sesuai dengan doa para netizen di kolom komentar youtube, “corona hilang sebelum idul fitri” amin.

Harapan Dody setelah bulan ramadan, khususnya tentang diri sendiri

Tentunya semoga masih bisa bertemu Ramadhan berikutnya, karena kita semua gak tahu sampai kapan diberikan umur dan kesehatan oleh Allah. Banyak dari sahabat-sahabat kita bahkan tidak dipertemukan lagi dengan Ramadhan bulan ini. Dan yang terakhir, semoga setelah waktu ditimbang nanti mudah-mudahan timbangan amalnya lebih banyak sikit dari dosanya.

Disclaimer
Dalil dan rujukan hadits merupakan rangkuman dari berbagai sumber umum, jika ada kesilapan dalam penulisannya saya minta maaf dan minta ampun pada Maha Penerima Ampunan.
Saya maklum jika ada teman-teman yang bersedia mengkoreksinya di kolom komentar.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Teringat zaman dulu kalimat puitis template SMS "ketika tangan tidak bisa berjabat" dikarenakan berjauhan, sekarang pun disaat pandemi seperti sekarang ini yang dekat pun juga tidak bisa berjabat tangan secara langsung, harus memakai pemisah seperti sarung tangan.

    Ya semoga pandemi ini segera berakhir ya bang, supaya ke depannya Ramadhan dan Idul Fitri distancing ini tidak perlu kita jalankan lagi 🙏

    BalasHapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .