Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mental Selama PSBB

Jika kamu memiliki tips cara menjaga kesehatan mental selama karantina pandemi covid-19, yuk diskusi di sini, saya ada sedikit saran cara menjaga kesehatan mental selama PSBB.

PSBB adalah pembatasan sosial berskala besar yang dianjurkan oleh Pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19, tentunya tidak hanya tindakan pembatasan sosial Kamu juga harus menjaga kesehatan.

Selain kesehatan fisik kamu, kesehatan mental juga perlu kamu jaga apalagi di masa pandemi virus covid-19 seperti sekarang ini. Mengelola penyebab stres menjadi hal yang sangat penting, karena stres kronis bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi.

Oleh karena itu, terjadinya stress juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan fisik, Kamu juga perlu bahagia untuk meningkatkan kekebalan tubuh tentunya dibarengi makanan makanan sehat bergizi.

Selama masa pandemi, banyak sekali perubahan yang terjadi pada masyarakat. Baik dari segi sosial, pendidikan, ekonomi, dan bidang lainnya.

Siapa yang mengira hal ini ternyata menjadi pemicu stress bagi sebagian orang. Namun, stres tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus segera diatasi agar kesehatan fisik maupun kesehatan mental bisa tetap terjaga. 

Inilah Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mental

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar stres penyebab kesehatan mental dalam tubuh. Stes yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental selama masa pandemi virus corona:
  1. Identifikasi Gejala Stres
    Cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengidentifikasi adanya gejala stres dalam tubuh, jadi jangan dianggap remeh jika alami gejala stres.
    Hal ini bisa dikenali dari beberapa ciri-ciri stres, seperti mengalami sakit kepala, berat badan naik, nyeri gigi, perubahan suasana hati, sakit leher hingga punggung, serta kurang tidur pada malam hari.
    Jika mengalami beberapa ciri-ciri tersebut, maka bisa dipastikan tubuh sedang mengalami stres.
  2. Cari Penyebab Stres
    Tentu saja, stres tidak datang tanpa sebab. Pasti ada suatu hal yang menjadi penyebab mengapa stres bisa terjadi. Beberapa hal yang bisa menyebabkan stres contohnya adalah bekerja dari rumah.
    Setiap orang yang menjalankan work from home memang butuh penyesuaian dengan lingkungan kerja yang baru, sehingga seringkali mengalami stres.
  3. Bikin Jadwal Kegiatan Harian
    Untuk mengatasi stres, maka semua aktivitas harian harus diatur sedemikian rupa agar seimbang dan sesuai dengan porsinya. Baik itu waktu untuk bekerja, bersosial media, membaca atau menonton berita, hingga berkumpul dengan keluarga.
    Faktor yang tidak kalah penting adalah meluangkan waktu untuk beristirahat secara cukup. Jangan sampai kurang tidur, agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga.
  4. Lakukan Kegiatan Kreatif dan Produktif
    Selama masa pandemi, semua orang tentu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Hal ini sudah mulai memunculkan kebosanan bagi beberapa orang. Tidak adanya aktivitas yang menarik saat di rumah, tentu bisa membuat stres.
    Untuk itu, coba lakukan beberapa kegiatan positif yang bisa membuat tubuh dan pikiran lebih fresh. Misalnya, membuat kebun di halaman rumah, belajar memasak, atau hobi lainnya yang bisa membantu pikiran lebih rileks.
  5. Rutin Olahraga
    Manfaat olahraga untuk kesehatan memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Olahraga menjadi aktivitas yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan, baik mental ataupun fisik.
    Untuk itu, jangan lupa meluangkan waktu untuk berolahraga meski berada di rumah. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti senam, yoga, dll.
Oh iya, jangan lupa ya untuk memantau terus perkembangan virus corona atau informasi kesehatan lainnya. Konsultasi secara rutin dengan dokter terkait kondisi kesehatan juga perlu untuk dilakukan.

Semua ini bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan satu aplikasi di hape Kamu, yaitu Halodoc. Bahkan, pengguna juga bisa membuat janji bertemu dengan dokter atau membeli obat melalui fitur yang tersedia pada aplikasi Halodoc. Keren kan, layaknya punya konsultan kesehatan pribadi.

Selain kelima cara di atas, faktor yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan tetap berkomunikasi bersama teman-teman serta keluarga. Saat ini, kecanggihan teknologi bisa memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan siapa saja.

Baik melalui pesan teks, suara, hingga video call. Bisa berbagi cerita dengan teman dan keluarga, tentu akan meningkatkan imunitas tubuh kita. Hayoo, siapa yang belum menelpon keluarga di kampung, buruan telpon!

cara menjaga kesehatan mental selama psbb

Kamu punya tips cara menjaga kesehatan mental selama PSBB yuk berbagi di kolom komentar, Saya sangat dengan senang hati menerima saran tips kesehatan ala Kamu.

Posting Komentar

0 Komentar