Mandheling Coffee Trip 2 Hari 1 Malam

Hobi menikmati sajian kopi sendiri atau pun diseduh di kedai kopi, berkunjung ke kebun kopi adalah resolusi para penikmat kopi. Begitu pun saya, ingin mengunjungi ke banyak kebun kopi dalam negeri mau pun luar negeri.

Sebabnya, dengan modal cuti kerja selama 2 hari, saya dan 3 teman yang sedang candu kopi liburan ke kebun kopi. Tidak perlu yang jauh, lebih baik liburan ke kebun kopi yang dekat terlebih dahulu.

coffee trip indonesia, blogger indonesia

Sebelumnya di antara kami berempat tidak ada yang pernah melakukan perjalanan ke kebun kopi (istilah kerennya coffee trip). Saya pun inisiatif, mencoba menyusun itinerary coffee trip sederhana ke kebun kopi mandailing.

Dengan harapan, nantinya bisa menyusun itinerary coffee trip yang jauh seperti ke kebun kopi Wamena, Flores, atau yang di luar Indonesia seperti Ethiopia, Colombia dan banyak lagi.

coffee trip indonesia, blogger indonesia

Rincian Alokasi Pengeluaran

Mobil rental dan supirnya (500.000/hari) 1.000.000
Biaya makan/minum (1 orang 80.000) 320.000
- Siang hari1 30.000
- Malam hari1 30.000
- Sarapan hari2 20.000
Oleh-oleh dari Medan untuk pemilik kebun kopi 150.000
Penginapan 2 kamar 1 malam 500.000
Total: 1.970.000
Saya patungan 492,500 per orangnya

Awalnya saya mengira, untuk menyusun itinerary liburan harus butuh keahlian khusus. Saya bisa, siapa pun bisa, menyusun itinerary liburan favorit ternyata mudah. #GampangKan ?

Liburanku

Seminggu yang lalu ide ini tercetus tanpa sengaja di tengah obrolan tak tentu arah. Liburan ke kebun kopi bukanlah tren baru, di luar Indonesia malahan sering melakukan coffee trip.

Kenalan pemasok kopi di Medan memberikan nomor kontak petani kopi tanah karo, dan sejak saat itu saya menjadi sering menelpon Pak Adri pemilik kebun kopi. Beliau pun malah sangat senang ketika mendengar saya ingin berkunjung ke kebun kopinya.

Tepat jam 10 pagi berangkat dari kota Medan, makan siang di Tibrena, tak lama melanjutkan perjalanan, saya pun sampai di kebun kopi Pak Ardi yang terletak di desa Ajinembah, kecamatan Merek, kabupaten Karo.


coffee trip indonesia, blogger indonesia

Senyumnya sangat ramah dan energik tak tampak usianya sudah kepala 5, hampir 15 tahun mendedikasikan diri bertanam kopi. Tidak sendirian, Pak Ardi dibantu oleh beberapa buruh yang dipekerjakan dari tetangga dan kerabat sekitar rumahnya.

Sungguh membuka wawasan tentang kopi, ketika saya dan teman lainnya mengobrol dan meneguk kopi di kebunnya. Dari mulai sejarah beliau bertanam kopi, hingga mengajari cara bertanam kopi.


Tidak hanya melihat para pekerjanya memetik ceri kopi, saya pun diajari bagaimana cara memetik ceri kopi dengan baik. Memetik ceri kopi harus satu per satu yang sudah berwarna merah, jika memetiknya secara asal bisa jadi ranting tidak berbuah lagi di panen berikutnya.


coffee trip indonesia, blogger indonesia
coffee trip indonesia, blogger indonesia
coffee trip indonesia, blogger indonesia

Beruntung saya dan teman lainnya melihat langsung proses ceri  kopi dikupas melalui mesin pengupas manual. Ceri kopi nantinya dimasukkan ke mesin pengupas dan biji kopi yang masih berlendir akan dipisahkan dari kulit ceri kopi.

Biji kopi berlendir ini nantinya dijemur yang kemudian dijual ke para pengumpul gabah kopi. Biji kopi berlendir yang sudah hilang lendirnya akan menjadi gabah kopi setelah dijemur.

Pengalaman menarik menurutku dibandingkan menghabiskan liburan ke pantai, naik gunung atau pun destinasi lainnya. Karena coffee trip ini tidak bisa dilakukan setiap waktu, tapi sangat menyenangkan saat kopi masuk masa panen di bulan april dan november.

coffee trip indonesia, blogger indonesia

Setelah cukup puas hati ini menghabiskan waktu di kebun kopi, saya bergegas melanjutkan perjalanan mencari tempat penginapan. Salah satu teman memperkenalkan aplikasi pesan hotel/penginapan secara online dan mudah.

BookingLokal
Saya sudah mengalokasikan biaya penginapan 1 malam untuk 2 kamar, dan membuka aplikasi bookinglokal mencari rekomendasi hotel/penginapan sesuai tempat yang saya inginkan.

Kelebihan dari BookingLokal menurut saya, selain memudahkan perpesanan rekomendasi dari berbagai jejaring pesan hotel/penginapan memudahkan membandingkan harga. Data harga yang tampil beberapa diantaranya, Bedsolving Indonesia, Liberty Hotel, OYO, Pop Hotels, RedDoorz, Zen Rooms, Room Me, Djitu Hospital Solution, Syariah Rooms, Kyriad, Kamar Keluarga dan tentunya akan banyak lagi.

Rp1000 Satu Malam Pertama
Program yang menarik menurur saya, hanya bayar 1000 di malam pertama menginap pasti makin hemat biaya perjalanan. Hanya saja syarat ketentuan berlaku dan tidak semua kota promo bayar 1000 malam pertama.

Sedang merencanakan liburan dalam waktu dekat? Apakah destinasi tujuan kamu termasuk di dalam promo bayar 1000 malam pertama? Lihat selengkapnya di bookinglokal.com 

coffee trip indonesia, blogger indonesia

BookingLokal mempertemukan saya dengan OYO Rooms di jalan udara no 6, Berastagi. Saya pesan dua kamar, 1 kamar untuk teman kantor perempuan satunya lagi kami bertiga dengan ekstra bed dalam 1 kamar. Total harganya 426.000 Hotel OYO 799 Dieng, tidak jauh beda dari alokasi itinerary saya.

Pada hari itu, saya mencari rekomendasi dan menemukan 3 kedai kopi favorit di Berastagi ada kedai kopi Jabu, Biji Hitam dan Dikopikan letaknya pun tidak terlalu jauh. Hanya saja, 2 kedai kopi tutup pada hari tersebut, kabarnya sih mereka persiapan ada event festival kopi dalam waktu dekat.

coffee trip indonesia, blogger indonesia

Mendaratlah saya dengan teman lain di kedai kopi Dikopikan, walau pun tidak terlalu luas kedai kopi ini dilengkapi dengan mesin kopi simoneli yang artinya bukan kedai kopi sembarangan. Jika sesekali saya buat lagi coffee trip di bulan empat, kira kira ada yang mau ikut?

tags: BookingLokal #GampangKan

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Iya juga ya, selama ini kalo liburan kepikirannya main ke gunung, lari ke pantai. Pdhal trip seperti ini bisa jadi ajang belajar sekaligus refreshing, karena kan biasa kebun kopi jg enak dipandang2

    BalasHapus
  2. wow. ini itinerary nya sungguh menginspirasi. bisa dicontk untuk rencana trip kapan-kapan lagi :D

    BalasHapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .