10 Hari NONSTOP Buat Backlink Gratis Berkualitas untuk Blog Pribadi

Bagaimana Cara Menanam Backlink Terbaik agar Tingkatkan DA PA Blog Tinggi? Website Apa yang Bagus Membangun Backlink Blog Personal? Cari Penyedia Backlink, coba buat sendiri aja dulu. Jika kamu termasuk yang mencari informasi Backlink dengan bertanya ke mesin pencari Google, saya pun demikian. Ternyata memiliki konten artikel berkualitas saja tidak cukup, jika rating domain kamu masih jauh dengan situs milik orang lain, alhasil artikel kamu tidak akan pernah ditemukan oleh pengguna google yang mencari topik bahasan artikel kamu.

Dengan sistem penilaian seperti ini, tentu artikel yang ditulis di situs dengan otoritas tinggi akan selalu menempati puncak klasemen pencarian google.

Maka tidak heran jika mencari topik bahasan apa pun, kamu akan menemukan setidaknya 1 situs surat kabar di halaman satu mesin pencari google.

Blog personal seperti saya, dan kamu bahkan orang lain dengan bahasan yang mirip atau katakanlah lebih lengkap dibandingkan artikel surat kabar tidak akan menduduki peringkat pertama  search engine, ironis bukan?

Namun, terpulang lagi ke kamunya, niat menulis blog itu sebenarnya apa? Sebagai catatan harian online, atau menulis blog aji mumpung, sekalian nulis di blog kenapa tidak sekalian mencari income.

Silahkan dong, apa pun motivasi kamu menjadi seorang blogger itu sah saja, lagian tidak ada badan pengawas khusus yang mengawasi para blogger dan mengambil sumpah blogger.

Menjadi blogger harus menandatangani kesepakatan profesi sebagai full time blogger, saya pun masih ragu apakah blogger bisa dibilang profesi, nulis blog adalah hobi bagi saya, kalau kamu?

Ok baiklah, kata pembukanya sudah saya tulis, sebenarnya jika kamu yang membacanya dari awal jangan terlalu ambil serius, 3 paragraf diatas hanya sebagai pelengkap untuk memenuhi jumlah kata.

Mau jadi blogger yang seperti apa ya silahkan, toh kamu bayar hosting dan domain pakai duit sendiri, ya kan? Mari saya mulai laporan eksperimen yang saya lakukan pada blog pribadi saya.


Apa Itu Backlink


Backlink adalah pranala balik (inbound link) atau link masuk ke url web/blog baik itu tautan ke domain, url halaman, url direktori, mau pun url artikel.

Link masuk ini sendiri terdiri dari 2 jenis, internal link  adalah tautan url blog kamu yang ditautkan di blog kamu sendiri dan eksternal link adalah tautan url blog kamu yang ditautkan di blog lain.

Sejarah istilah backlink awalnya adalah inbound link yang fungsinya untuk dasar navigasi sebuah situs, di awal perkembangan munculnya mesin pencari inbound link menjadi semacam salah satu indikator penting menentukan peringkat sebuah situs di mesin pencari.

Sebabnya, banyak praktisi Search Engine Optimization (SEO) yang memaksimalkan inbound link ini untuk mengoptimalkan peringkat situs mereka.

sumber: backlink

Jenis backlink itu sendiri sangat ragam, semakin berkembangnya ilmu SEO, banyak praktisi optimasi website mempelajari algoritma google yang selalu update dan memilih mana yang terbaik untuk menjadi backlink berkualitas.

Backlink PBN

PBN adalah private blog network, jaringan blog pribadi yang berisi sekumpulan domain blog baik itu dimiliki sendiri atau pun dimiliki oleh orang lain (yang salin bertukar guest posting).

Umumnya, rating dari domain yang termasuk dari PBN sangat baik DA PA yang memiliki otoritas tinggi, dan juga domain yang telah berumur.

Backlink dari PBN ini termasuk dari serangkaian trik mengoptimalkan off page SEO dari sebuah domain utama, bayangkan jika kamu memiliki 1 PBN saja katakanlah 10 domain.

Kemudian, kamu mengisi artikel berkaitan dengan domain utama, kemudian memberikan inbound link ke domain utama, jadi istilahnya blog kamu mendapat referensi dari PBN dan ini baik untuk peringkat blog domain utama.

Backlink Youtube

Sebuah backlink yang dibuat dari youtube sangat baik, mengingat DA PA halaman youtube itu sendiri sangatlah tinggi. Jadi tidak ada salahnya, jika kamu mengambil manfaat backlink dari youtube.

Lalu di mana meletakkan link yang merujuk ke domain utama kamu? Tenang saya akan kasih tau, walau pun saya belum memaksimalkan penggunaan backlink dari youtube.

Backlink dari youtube bisa ditelakkan di bagian profile akun youtube, dan juga di deskripsi video, hanya saja kelemahannya kamu harus mengupload video terlebih dahulu untuk mendapatkan backlinknya.

Backlink Web2.0

Website sekarang ini diistilahkan dengan web 2.0 yang dinamis, sebelumnya ada web 1.0 yang masih statis, halaman aplikasi di smartphone kamu diistilahkan web 3.0, lain waktu saya akan lebih lengkap menjelaskan istilah ini.

Backlink web2.0 sangat umum digunakan untuk link building, dan biasanya memiliki otoritas peringkat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk inbound link ke blog domain utama.

Daftar Backlink Gratis WEB2.0

Berikut ini kumpulan website 2.0 dengan DA PA tinggi yang bisa kamu gunakan untuk link building dan inbound link ke blog domain utama kamu.

Saya temukan di forum ads.id ulasan wongngapak, semoga bermanfaat.


Backlink Dofollow

Backlink dofollow adalah sebuah url inbound link yang memiliki akses untuk dicrawl oleh mesin pencari google, tidak semua backlink dofollow maka perlu diperhatikan.

Backlink yang baik adalah backlink yang memiliki akses untuk dicrawl oleh robot google search engine. Kaitannya, inbound link dofollow akan terdeteksi untuk blog domain utama kamu.

Jadi sia sia jika melakukan backlink di website yang tidak menyediakan akses untuk dicrawl maka hal ini, url ke blog utama tidak menjadi perujuk.

balik ke daftar isi

Manfaat Backlink dan Fungsinya


Cara kerja backlink memiliki manfaat dan fungsinya untuk website atau blog, maka penting untuk kamu mengerti pengertian tentang backlink.

Bagaimana mengoptimasi sebuah blog untuk masuk ke pencarian google, maka harus mengetahui maunya google seperti apa.

Beberapa forum diskusi SEO, menjelaskan sebuah artikel yang banyak direferensikan oleh blog orang lain, dan artikel yang sering mengulas bahasan dan mencantumkan sumber rujukan dengan

otoritas artikel lebih tinggi, maka artikel tersebut akan diprioritaskan google masuk ke halaman pertama. Benarkah?

Kalau pun memang benar, berarti bisa istilah sederhananya mengakali google, dengan membangun backlink kamu bisa mendapatkan manfaat yang dimau oleh google.

Membangun otoritas domain utama salah satu dari manfaat membangun backlink yang mengarah ke inbound link blog utama kamu.

Menjadi link referensi layaknya artikel sumber membuat domain utama kamu seperti direferensikan oleh domain lain.

Link yang dibangun jangka panjang akan membantu peringkat domain utama kamu menjadi lebih baik.

balik ke daftar isi

Jasa Backlink Medan


Cari jasa backlink murah terbaik dan berkualitas, coba belajar membuat backlink gratis sendiri saja dulu, biar tahu mengapa banyak penyedia jasa backlink di Indonesia.

Backlink sangat banyak jenisnya, salah satunya ada backlink dari profile, backlink dari comment, backlink dari artikel blog lain, dan backlink lainnya.

Tertarik belajar membuat backlink sendiri, silahkan dipraktikkan ada daftar website2.0 dan pengalaman saya 10 hari membuat backlink sendiri semoga menjadi semangat.

Kamu sedang mencari mitra untuk membangun otoritas blog domain utama kamu, hubungi saya wa:081264381755 untuk paket backlink terbaik.

balik ke daftar isi


Membuat backlink untuk peringkat blog pribadi bisa dibilang sulit bagi yang niatnya belum mantap, saya saja memantapkan untuk menantang diri sendiri membuat backlink rutin 10 hari awalnya iseng.

Awalnya sulit menyesuaikan kebiasaan kerja dengan membangung backlink blog, saya seorang full time content writer di perusahaan kopi, kadang kerja backlink ini diselingi waktu luang kantor dan begadang tengah malam.

Mari menantang diri sendiri, blog saya aizeindra.id domain authority 10 page authority 24. Sebelum memulai tantangan backlink ini, saya selama seminggu secara malas bikin backlink dengan total 10 backlink,

eh ternyata domain authoritynya jadi 11, nah dari sini jadi kepikiran untuk mencoba merutinkannya, semoga konsisten hingga akhir

Hari 1 backlink profile

Membuat backlink hari pertama secara gratis, memang jika menggunakan tools berbayar tentu lebih praktis dan optimal. Tapi tidak ada salahnya jika menggunakan yang gratisan,

nah di tantangan backlink ini saya menggunakan moz.com akun gratis, jadi hanya menampilkan sebagian dari tracking domain yang mau kita track.

Login dulu ke moz.com, kemudian masukin url yang mau ditrack, coba saja cari kata kunci yang mungkin banyak orang para praktisi SEO berlomba-lomba untuk mendapatkan peringkat satu google.

Setelah itu buatlah data sumber backlink yang telah diintip oleh moz.com, kemudian buat deh tuh backlinknya.

Skema backlink yang saya lakukan semuanya direct ke domain aizeindra, dan juga beberapa halaman yang ingin saya incar page satunya. Tapi ya ini pasti kerja keras, tentu akan terbentur dengan

konsistensi dan suasana hati untuk mulai buat backlink lagi. Oh iya, gunakan satu email aja ya, biar mudah untuk sewaktu-waktu mengganti keyword dari backlinknya.




Hari 2 backlink

Membuat backlink hari kedua yang berkualitas ternyata banyak tantangannya, disamping kebentur dengan kesibukan bahkan artikel ini dikonsep di hari kedua, jadinya memakan waktu. Biasanya di pagi hari

saya semangat bangun backlink, eh ini malah sibuk nulis artikel tentang backlink, tapi ya tidak masalah juga, toh berkaitan dengan apa yang mau diulas dan dilakukan.

Biasanya saya melihat data terbaru dari peringkat blog saya di malam hari melalui smartphone, jadi enak lihatnya kapan pun dan di mana pun, tidak perlu buka laptop. Nah backlink yang saya buat di

hari kedua sangat molor sekali hampir di jam malam, karena terbentur kegiatan kantor. Dengan bermodal backlink di sebuah layanan mobile website, dan ternyata bisa membuat banyak akun blog di situ aja deh jadinya.

Di hari kedua belum ada perbedaan terlalu banyak dari peringkat, dan bahkan mungkin google belum mengindeks backlink yang saya buat. Sejauh ini masih tetap sama, DA 11 dan PA 27 sedangkan alexa rank

masih di angka 11.477.282 global rank. Namun beberapa kata kunci, ada yang naik dan ada yang turun, seperti "balajar fl studio 12" dari peringkat 12 menjadi 10 dan "guru seo medan" dari 20 turun menjadi 22. Sangat seru melihat perkembangannya per hari.

Peringkat Blog Hari Kedua
Posisi Keyword Blog Hari Kedua

Hari 3 backlink

Membuat backlink hari ketiga gratis bagaimana pengaruhnya dengan rating blog kita, dengan terbatasnya waktu luang tetap saja masih memaksakan diri untuk tetap membuat backlink.

Hari pertama semangat membuat backlink dengan ada konten artikelnya, dan malahan di hari kedua walau terkendala masih juga membuat backlink profile, tentunya dengan skema backlink.

Hari 3 seperti sudah mencari alasan untuk membenarkan rasa malas, tapi tetap saja ada backlink yang dibuat walau pun backlink di hari ke 3 tidak ada inbound link ke domain utama hanya semacam brand indeks di google.

Saya tidak tau istilahnya apa, entah pun ini bisa dikatakan semacam backlink atau tidak saya pun kurang paham. Jadi sederhananya, kata kunci yang mau diincar usahakan ditulis di profil yang dibaca oleh deskripsi google, maka google akan melihat brand kita dengan kata kunci kita, menarik kan?

Penasaran seperti apa perubahan di hari ketiga ini, saya langsung melihatnya namun tidak terjadi perbedaan yang drastis setelah melakukan backlink 3 hari, mungkin juga karena belum terindeks. Peringkat domain masih sama dengan hari kedua,

DA 11 dan PA 27, alexa rank 11.477.282, beberapa kata kunci masih sama dengan hari kedua, hanya saja pada kata kunci "parenting blogger indonesia" hari 1 posisi 30, hari 2 naik posisi 28, eh di hari 3 turun posisi 30. Sangat seru melihat seperti apa perubahan posisi dan peringkat domain hari berikutnya.

Peringkat Blog Hari Ketiga
Posisi Keyword Blog Hari Ketiga

Hari 4 backlink

Membuat backlink hari keempat masih terus saya lakukan, walau pun sudah berkurang awalnya 10 bakclink eh ini sekarang hanya 5 backlink. Tapi tetap masih rutin melakukannya, ingin melihat sejauh apa pengaruh dari membuat backlink ini kepada blog utama ke aizeindra.id.

Bikin backlink memang banyak caranya, ada yang mengkomen saja ke blog orang lain dan sudah jadi bakclink, tapi backlink yang saya lakukan buat sendiri tidak hasil mengkomen dan isi url link.

Hari ke 4 ini tidak jauh berbeda dengan hari ke 3, hanya saja saya fokus mencari sumber backlink dengan DA 70 ke atas, jika 70 ke bawah saya bookmark aja dulu disimpan mana tau perlu.

Sudah semakin jauh berbeda dengan hari pertama yang fokus hingga menyiapkan artikel untuk blog backlink, ini hanya sekadar 1 paragraf saja, konsistensi tetap tapi semangat mulai menurun.

Langsung saja saya melihat perubahan di hari keempat ini, tapi tidak ada perubahan peringkat yang terjadi. Perubahan posisi masih naik turun seperti biasanya, parenting blogger indonesia di posisi 30

sedangkan genre blogger indonesia posisi 43. Masih kita pantau untuk hari berikutnya, semoga makin semangat dan masih semangat.

Peringkat Blog Hari Keempat
Posisi Keyword Blog Hari Keempat

Hari 5 backlink

Membuat backlink hari kelima masih berlanjut, semakin ke sini sehari hanya saya backlink 5 saja, tidak terlalu banyak seperti hari pertama.

Mungkin hari selanjutnya pun demikian, bisa jadi hanya bikin backlink 1 saja, tapi tetap rutin dipertahankan.

Hari ke 5 bikin backlink tidak terkendala apa pun, semua berjalan lancar saja tidak ada hal yang mengganggu tapi hasrat memang sudah menurun walau tidak menurun hingga kandas.

Konsep backlink masih sama seperti hari sebelumnya, hanya beberapa kata bahkan backlink dari website forum profile.

Peringkat di hari ke 5 tidak banyak perubahan masih DA 11 dan PA 27, posisi parenting blogger indonesia malahan naik 17, dan genre blogger indonesia di posisi 29 sedikit naik posisinya dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Peringkat Blog Hari Kelima
Posisi Keyword Blog Hari Kelima

Hari 6 backlink

Membuat backlink hari keenam masih berlansung dengan cenat-cenut, gairah semangat bikin backlink ada tapi tinggal sedikit. Ternyata bikin backlink rutin butuh perjuangan,

belum lagi hingga hari ke enam belum banyak perubahan yang terlihat peringkat website.

Backlink di hari ke 6 hanya 2 saja, tapi tetap mencari website 2.0 dengan DA di atas 70, walau pun sikit harus mencari DA yang tinggi. Sama seperti hari-hari sebelumnya,

yang saya fokuskan adalah kata kunci guru seo medan, mentor seo medan, download fl studio 12.

Bagaimana peringkat websitenya di hari ke enam, masih tetap di angka DA 11 dan PA 27 tidak terlalu banyak perubahan. Eh, posisi genre blogger indonesia naik di posisi 18 sungguh mengejutkan memang, malahan parenting blogger indonesia turun 19.

Peringkat Blog Hari Keenam
Posisi Keyword Blog Hari Keenam

Hari 7 backlink

Membuat backlink hari ketujuh semacam selingan, ya memang dari awal buat backlink memang selingan di tengah kesibukan, tapi harus diusahakan tapi di hari ke tujuh ini rasa bosan sudah merasuk, namun tetap memaksakan diri.

Backlink yang dibuat hanya 1, saya pun tidak tau apakah itu terindeks atau tidak. Backlink berhasil tidaknya jika sudah diindeks oleh google, kalau sudah diindeks maka masuklah inbound link ke blog utama.

Lucunya, di hari ke tujuh saya lupa melihat posisi dan peringkat blog, mungkin sama saja dengan hari-hari sebelumnya.

Peringkat Blog Hari Ketujuh
Posisi Keyword Blog Hari Ketujuh

Hari 8 backlink

Membuat backlink hari kedelapan masih memaksakan diri agar tetap bikin backlink walau pun 1 backlink saja. Benar dugaan saya, di hari-hari akhir pasti sudah mulai menurun hasrat untuk bikin backlink 1 hari 10 backlink.

Di hari ke delapan saya terpikirkan untuk memasukkan cerpen saya ke academia.edu tentunya dengan menyisipkan inbound link ke blog utama dapat link juice atau pun gak, saya mulai tidak peduli sama sekali, yang penting harus rutin.

Melihat posisi blog masih menggunakan checkpagerank.net wah, ternyata DA naik menjadi 12 PA tetap di angka 27, tapi alexa global rank malah turun jadi 11.493.135 ini yang saya tidak mengerti.

Beberapa status di pagerank sudah mengalami perubahan, lalu bagaimana dengan posisi url. Malahan hampir semua turun posisi page di mesin pencari, bahkan genre blogger indonesia ditarik showroom sudah tidak ada lagi di google, saya hanya bisa tertawa miris

Peringkat Blog Hari Kedelapan
Posisi Keyword Blog Hari Kedelapan

Hari 9 backlink


Membuat backlink hari kesembilan sepertinya sudah pada titik bosan, beginilah kalau suasana hati kurang stabil, belum lagi kegiatan lain yang lebih prioritas juga harus dipikirkan.

Alhasil membuat backlink males malesan, bukan berarti tidak buat backlink ya.

Di hari ke sembilan, backlink saya buat dari smartphone saja, sebelum tidur saya menyempatkan diri untuk membuat backlink, hanya sebuah referensi url dari profile sebuah website 2.0.

Semoga ada pengaruhnya untuk peringkat website dan juga posisi keyword yang saya incar.

Peringkat Blog Hari Kesembilan
Posisi Keyword Blog Hari Kesembilan

Hari 10 backlink


Membuat backlink hari kesepuluh, saya membuat backlink tapi sudah tidak lagi melihat posisinya dan peringkat blog saya seperti apa. Hampir hilang semangat backlink, butuh semangat lebih untuk memulainya lagi.

Di hari ke sepuluh, walau tetap buat backlink satu url saja, ini hanya sebagai bentuk konsistensi walau tidak sebanyak di hari pertama.

Melihat posisi dan peringkat blog saja saya sudah lupa, tapi 2 hari berikutnya ketika saya melihatnya, eh kata kunci genre blogger indonesia posisi 12, jadi muncul nih semangat baru untuk naikin backlink lagi.

Karena incaran saya artikel genre blogger indonesia itu peringkat pertama ketika orang mencari genre blogger hanya dua kata, pasti sulit kan ya.



Bagaimana eksperimen saya tentang 10 hari tanpa henti bikin backlink, ada yang tertarik dan penasaran mencobanya sendiri, coba saja dan lihat perubahan peringkat blog personal kamu.

Jika ada yang berhasil mencobanya dan mengalami perubahan signifikan, boleh dong berbagi cerita di kolom komentar ini.

Saya sudah mencobanya, dan mengalami perubahan pada DA PA blog saya, kamu kapan? /Udah mirip copy write produk pelangsing tubuh ya/

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Kalau udah gini, auto page one lah ya kaaan

    BalasHapus
  2. Sedot ilmunya Bang.. Manarik dan sangat bermanfaat untuk blogger pemula. Salam

    BalasHapus
  3. Aku Tanpa backlink bisa ke alexa 7 jeti bang , bahkan makin terus mengecil, intinya yaperbanyak Organic Search dari google,com pasti mengecil bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga bang kena spam skorr blog kita klk gak hasil ORGANIC google

      Hapus
  4. Wahhh langsung bookmark, ternyata back link dari YouTube ngaruh ya, udah nyematin sih Di Sana, tapi awalnya gak tau Kalo ngaruh

    BalasHapus
  5. Siap nanti saya praktekkan, btw cara dapetin backlink PBN gimana ya bang?

    BalasHapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .