Travel Blogger Indonesia Cara Jadi Travel Blogger Terkenal

Tips Menjadi Travel Blogger Indonesia Terkenal di Indonesia dimulai dari Tempat Wisata Terdekat, lalu keliling Indonesia dan Luar Negeri serta merekomendasikan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Saya bukan seorang travel blogger namun teman sekomunitas banyak menjadi travel blogger, semoga ulasan artikel ini berguna untuk yang ingin memulai menjadi travel blogger.

Selebgram Traveler Indonesia yuk cari tau siapa mereka, adalah orang yang memiliki minat traveling ke banyak destinasi wisata dan membagikan pengalamannya berupa foto/video di media sosial instagram. Banyak client memilih selebgram traveler yang tidak hanya memiliki instagram, tapi juga memiliki blog sebagai travel blogger.

Influencer Traveler di Indonesia lihat ulasannya di sini, Influencer merupakan orang yang memiliki pengaruh positif tentang apa yang mereka minati serta memiliki banyak pengikut. Influencer traveler adalah orang yang memiliki banyak jumlah pengikut di media sosial dan menyebarkan informasi positif tentang wisata.
Artikel Relevan baca juga
Ingin Menjadi Beauty Blogger Nasional yang Sukses?
Ingin Menjadi Parenting Blogger Nasional yang Inspiratif?


Artikel Relevan baca juga
Ingin Tau Sejarah Hari Blogger Indonesia?
balik ke daftar isi

Sejarah Travel Blogger


Sejarah Travel Blogger berasal dari tren literasi catatan perjalanan pada abad ke 11, masa itu ulasan informasi tentang daerah yang dikunjungi berupa catatan petunjuk perjalanan, tulisan tentang penelitian alam dan tulisan perjalanan untuk dikenang.

Namun di tiap negeri berbeda kisah yang berkembang tentang ulasan catatan perjalanan, di banyak negara Eropa sejak abad ke 11, banyak ekspedisi dilakukan dan diulas dalam bentuk catatan perjalanan. Berbeda di wilayah Asia, abad ke 10 Dinasti Cina juga populer tentang ulasan perjalanan atau pun ulasan tentang alam dalam bentuk puisi atau pun sajak lama.

sumber: Literasi Perjalanan

Di awal perkembangannya, website belum semudah ini digunakan banyak orang, jejak digital menjelaskan bahwa situs TravelBlog.org adalah jejaring blog paling populer pertama di dunia cikal bakal lahirnya tren travel blogger. Didirikan pada april 2002, dan tercatat pada tahun 2007 travelblog.org memiliki pengguna 50.000 dan menyimpan indeks lebih dari 200.000 judul tulisan dari penggunanya.

sumber: Situs Travel Blogger Populer Pertama

balik ke daftar isi

Apa itu Travel Blogger


Travel Blogger adalah pengguna weblog yang mengulas wisata, biasanya para blogger ini membagikan pengalaman pribadi mereka tentang kawasan destinasi wisata yang dikunjungi, kemudian merekomendasikannya ke para pembaca blog mereka.

Menjadi seorang travel blogger bukan hanya mengulas destinasi wisata yang instagramable saja, banyak spot wisata unik juga kerap dibagikan. Berawal dari hobi jalan-jalan, mengapa tidak untuk membagikan informasi lokasi wisata yang lagi hits, tentunya sangat berguna untuk banyak orang.
balik ke daftar isi

Arti Menjadi Travel Blogger


Arti travel blogger adalah menyampaikan informasi tentang destinasi wisata yang dikunjungi berdasarkan pengalaman pribadi, atau mengulas tips traveling dari mulai perlengkapan traveler dan banyak hal lainnya. Travel blogger secara tidak langsung memiliki tanggung jawab, antara lain;

Promosi Destinasi Wisata

Peran travel blogger di Indonesia erat kaitannya dengan promosi destinasi wisata, tentu tugas pemerintah mengelola strategi memasarkan objek wisata ke banyak orang agar banyak pengunjunh dan terkonversi pada meningkatnya perekonomian negara dari sektor pariwisata.

Menjadi seorang travel blogger tentunya sangat berharga. Sejak saya fokus mengembangkan diri dengan label blogger makin banyak teman yang mendekat bahkan dulunya sombong menjadi senang berbasa-basi karena berfikir travel blogger itu label yang keren dan elegan serta mewah. Yeah, dibalik itu tentunya sebagai seorang travel blogger saya bangga bisa menikmati aneka pengalaman berwisata baik berbayar maupun yang gratis dari endorsment. Ririn Wandes

Referensi Utama Destinasi Wisata 

Sekarang ini, banyak orang yang ingin liburan ke sebuah destinasi wisata pasti akan mencari ulasan tempat wisata melalui google, di sinilah peran travel blogger menyampaikan informasi.

Menjadi travel blogger adalah sebuah tanggung jawab untuk bisa menyampaikan informasi dalam balutan kisah perjalanan yang aku lakoni baik sendiri, bersama pasangan, ataupun dengan teman-teman. Dengan menjadi travel blogger aku bisa menyebarkan cerita2 menarik mulai dari proses sampai perjalanan itu selesai dilakukan. Semua tentang momen, meski kita pergi ke tempat sama berulang2. Mollyta Mochtar

Rekomendasi Perlengkapan Berdasarkan Pengalaman

Beberapa destinasi wisata memiliki lokasi yang berbeda-beda, dari mulai jalanan berbatu dan berlubang, cuaca dingin atau pun kendala lainnya. Maka, dengan membaca ulasan pengalaman travel blogger, seseorang menjadi lebih siap untuk pergi traveling

Apa arti menjadi seorang travel blogger bagi kamu? Menjadi seorang yang menyukai perjalanan dan membagi kisahnya untuk orang banyak, agar orang lain bisa melihat juga apa yang saya lihat Rudi Hartoyo

balik ke daftar isi

Penghasilan Travel Blogger


Cara menghasilkan uang sambil traveling, tentu mimpi buat mereka yang hobinya jalan-jalan. Tapi sebelum blog kamu menghasilkan, jangan pelit keluar uang sendiri untuk bahan tulisan, toh kamu juga yang menikmatinya. Nah, berikut ini ternyata sumber penghasilan traveler, kamu baru mulai ngeblog kok malah cari yang gratisan

Gaji Bulanan Traveling di Akhir Pekan

Keuntungan menjadi travel blogger tentu sangat banyak, salah satunya dikenal banyak orang melalui ulasan wisata di blog. Mungkin para pembaca takjub dengan hobi traveling para traveler, faktanya banyak para traveler jalan-jalan menggunakan gaji mereka sendiri ketika berakhir pekan. Nah, kamu yang baru mulai ingin menjadi travel blogger, sudah saatnya ambil backpack dan pergi.

Penulis Majalah Wisata / Kontributor Website Lain

Cara traveling gratis dan dibayar tentu banyak yang mencari informasi ini, kedengarannya tidak mungkin tapi sebenarnya bisa saja. Jika, kamu bekerja di sebuah majalah wisata yang mengharuskan kamu meliput objek wisata tertentu, pasti kamu diberangkatkan dari kantor kan, bahkan digaji. Nah, tidak ada salahnya sekali perjalanan tapi menulis untuk banyak website, eits, jangan ketauan bos kamu, bahaya.

Diundang menjadi Pembicara

Cara jadi traveler dibayar salah satunya diundang sebagai narasumber, tapi untuk menjadi pembicara dalam bidang traveling tidaklah mudah, kamu harua bangun personal branding yang kuat dan luaskan relasi.

Travel Guide / Travel Agent

Usaha untuk yang hobi traveling paling sesuai membuka bisnis travel agent, dan kamu sendiri menjadi travel guidenya. Banyak yang mencari lowongan kerja travel blogger, berharap berangkat gratis ke objek wisata, padahal buat bisnis sendiri pasti lebih seru

Menulis Buku

Sukses dari penjualan buku traveling mungkin tidak terlalu banyak, tapi ketika kamu menyelesasikan buku traveling ada kepuasan tersendiri. Pengaruhnya, kamu meningkatkan personal branding untuk diundang menjadi narasumber.

Iklan di Blog

Blog yang mempunyai ramai pengungjung, memiliki nilai tawar ketika client ingin mengajak kerjasama, tapi ketika blog kamu tidak memiliki banyak pengunjunf jangan harap mendapatkan iklan dari client. Memanfaatkan iklan adsense pun bukan mudah, kamu harus mempelajari bagaimana mendatangkan pembaca blog agar iklan adsense menghasilkan.

balik ke daftar isi

Cara Menjadi Travel Blogger


Mari intip kebiasaan Travel Blogger Indonesia dan Travel Blogger Luar Negeri, maka kamu bisa mengikuti kebiasaan mereka agar menjadi Travel Blogger yang baik.

Banyak Membaca

Menulis perjalanan wisata bukan hanya sekadar jalan-jalan, tapi harus merajut kata semenarik mungkin agar pengalaman yang kamu rasakan juga sama dengan apa yang pembaca rasakan ketika membaca tulisan di blog kamu. Maka dengan membaca, kamu akan memperkaya gaya bahasa dan memiliki frasa kata yang banyak untuk menggambarkan perasaan kamu.

"Kalau pingin jadi travel blogger yang baik, mulailah dengan banyak membaca, untuk memperluas wawasan. Lalu lakukan perjalananmu sendiri supaya bisa mentransfer pengalaman menarik, lucu, sedih, menyebalkan dll. Resapi tiap perjalanan supaya bisa membawa pulang banyak cerita yang barangkali bisa menginspirasi orang lain. Kemudian tuangkan kisah perjalanan itu dengan gayamu. Konsisten dan kreatif dalam membuat konten supaya pembacamu betah. Bentuk personal branding-mu supaya orang mudah mengingat kita" Mollyta Mochtar

Menjadi Sedikit Lebih Beda

Banyaknya travel blogger di Indonesia bahkan di luar negeri, mengharuskan kamu untuk bersaing secara sehat, memiliki ciri khas adalah persaingan kreatifitas yang tidak bisa dilampui seorang Travel Blogger mana pun. Personal branding yang sudah melekat dengan ciri khas tulisan, penampilan dan persona yang dibangun maka blog travel kamu mudah dikenali banyak orang.

Fokus benahi Blog

Ingin menjadi travel blogger yang sukses, harus fokus mengurus blog, bukan perihal tampilan tapi tentang konten yang akan kamu sajikan kepada para pembaca. Tentukan konsep apa yang akan kamu terapkan di blog kamu, layaknya perencanaan konten agar blog kamu terarah.

Menjalin Relasi dengan Baik dan Bijak

Menjadi travel blogger memang menyenangkan jalan-jalan sesuai kemauan kita, bukan berarti ketika menjalin relasi dengan travel blogger lain kan mengganggu rencana jalan-jalan kamu. Malahan, relasi akan memperkuat personal branding yang berusaha kamu bangung, jalinlah relasi secara ikhlas, jaga relasi yang sudah terjalin, dan berusaha menjadi seorang travel blogger profesional.

Pelajari Teknik SEO Dasar

Jika ingin mencari pengunjung blog dari mesin pencari, kamu harus mengetahui bagaimana cara kerja search engine seperti Google, Yahoo, atu pun Bing. Pelajari bagaimana mengoptimalkan artikel blog kamu agar muncul di pencarian mesin pencari, carilah Mentor SEO yang bisa kamu mintai pemahaman tentang SEO.

balik ke daftar isi

Tips Memulai Menjadi Travel Blogger Pemula


Jika kamu ingin memulai menulis perjalanan kamu sebagai travel blogger, kamu perlu mengetahui tips ini agar memotivasi kamu terus menulis.

Mantapkan Passion Jalan-Jalan Kamu

Jika ingin menjadi travel blogger karena tren blogger sedang ramai-ramainya mengambil niche wisata, lebih baik kamu jangan menjadi travel blogger. Untuk menulis perjalanan menceritakan pengalaman wisata, perlu passion yang tidak hanya sekadar hobi musiman.
"Untuk memulai ingin menjadi travel blogger tentunya diawali dengan menuliskan cerita jalan-jalan dalam bentuk cerita. Yeah, minimal cerita perjalanan di sekitar tempat tinggal dulu. Kemudian,pastinya jika ingin menjadi travel blogger harus konsisten karena pembaca akan menunggu cerita perjalanan atau tips serta tempat terbaru yang kita rekomendasikan". Ririn Wandes

Pilih Nama Blog

Jangan asal memilih url blog, karena blog adalah branding kamu yang akan kamu bangun dan perkenalkan banyak orang. Usahakan memilih nama blog yang sesuai dengan kamu, bisa nama sendiri atau memang nama blog yang mudah diingat oleh banyak orang.

Benahi Blog

Tidak perlu terlalu fokus dengan tampilan blog, tapi fokuslah dengan konten yang akan kamu bagikan ke pengunjung blog kamu. Membenahi blog adalah tentang seberapa nyaman blog kamu dikunjungi oleh pembaca, bukan gonta-ganti template blog.

Menulis dengan Rutin

Jika tersendat ditengah jalan, coba kembali ke belakang apa niat kamu memilih menjadi seorang travel blogger, mungkin ada yang salah di sana. Niat yang tulus membagikan pengalaman jalan-jalan, tidak akan mengalami kebuntuan ingin menulis apa, menulislah.

Tentukan Pencapaian

Agar semangat menulis travel blog, tentukan pencapaian tahunan maka kepenulisan kamu akan kaya dan memiliki gairah. Apa yang ingin kamu capai dalam beberapa tahun menjadi travel blogger, apakah diundang menjadi seorang narasumber, atau keliling Indonesia dengan tabungan pribadi, dll.

Fokus dengan Niche Travel

Menjadi travel blogger ya harus fokus dengan genre tulisan blog kamu, abaikan tawaran yang tidak sejenis dengan tulisan kamu. Tapi kalau tawarannya menggiurkan, ya keputusan kembali di tangan kamu, kamu bisa saja mengkaitkannya dengan dunia travel.

Ketahui Kelemahan Blog

Seperti apa kelemahan blog kamu, apakah dalam segi tulisan atau segi tampilan blog, perlahan kamu akan belajar memperbaiki kesalahan yang kamu akui. Beda jika kesalahan tersebut disampaikan kepada orang lain, mungkin sedikit ada rasa egois, tapi tidak ada salahnya menerimanya sebagai saran.

Konsisten untuk Menjadi Lebih Baik

Jangan mudah menyerah, menulislah dengan tulus, dan ikhlas karena ingin membagikan pengalaman jalan-jalan, yang semoga dari sana ada informasi penting untuk yang ingin jalan-jalan.

balik ke daftar isi

Tips Mengulas Destinasi Wisata untuk Blog


7 Tips Cara Review Destinasi Tempat Wisata untuk Travel Blog bisa dibilang susah susah gampang, namun jika sudah mengetahui triknya akan terasa mudah karena memiliki petunjuk.

Sejarah Tempat Wisata dan Letak Geografis

Penting untuk membagikan pengalaman jalan-jalan di travel blog kamu, menginformasikan sejarah dari tempat wisata yang kamu kunjungi akan menjadi nilai tambah buat pembaca. Berikan informasi letak geografisnya agar memudahkan pembaca mengetahui lokasi spot wisata tersebut, detil alamat lengkap bahkan perlu menyematkan gmaps juga harus, agar lebih memudahkan.

Persiapan Keberangkatan dan Transportasi

Jangan buru-buru untuk melangsungkan keberangkatan, buatlah perencanaan secara cermat agar kamu tidak buta arah, apa transportasi yang digunakan dan adakah alternatif transportasinya. Hal ini sangat berguna, untuk kamu dan untuk para pembaca blog kamu.
"Biasanya saat mau mengulas cerita perjalanan tentunya dimulai dari waktu keberangkatan, kendaraan yang digunakan, landmark disana, apa aja yang menarik di tempat tersebut diselipkan sedikit informasi seperti tips juga" Ririn Wandes

Tempat Menginap dan Tempat Makan Sekitar Spot Wisata

Jalan-jalan memang pentting, tapi urusan makan dan menginap juga harus dipikirkan, apakah lokasi wisata menyediakan tempat inap dan makan, kalau pun tidak carilah sekitaran yang menyediakan tempat inap dan tempat makan.

Kawasan Wisata sekitar Lokasi Wisata yang dituju

Jika kamu tidak bisa mengunjungi semua lokasi wisata sekitaran spot wisata yang kamu tuju, tidak ada salahnya menginformasikan objek wisata terdekat dari spot wisata yang kamu kunjungi.

Itinerary dan Budget Perjalanan 

Paling penting adalah merencanakan biaya yang keluar, agar tidak gagap ketika melakukan perjalanan wisata. Jangan sampai salah hitung dari mulai biaya transportasi, inap, makan dan lainnya, bahkan bila perlu ada dana khusus tidak terduga untuk sesuatu hal yang mungkin menanti kamu di perjalanan.
"Siapkan budjet untuk tiap perjalanan. Buat itinerary sebagai pegangan, tapi ngga perlu mengikat (disesuaikan dengan sikon). Persiapkan mental juga menghadapi hal-hal yang mungkin terjadi di luar rencana. Terakhir, jadilah pejalan santai. Terlalu buru-buru atau cuma fokus mengejar sejumlah destinasi sekaligus hanya bikin mudah lupa kesan kita di tempat itu. Sebab kita lupa menikmati perjalanan itu sendiri." Mollyta Mochtar

Dokumentasi Foto di Spot Wisata

Foto-foto spot wisata adalah hal wajib, fotolah destinasi yang bagus, tidak hanya pemandangan, objek untuk mendukung tulisan kamu di travel blog juga harus difoto, semisal marka jalan, kondisi jalanan, dan lainnya.

Menulislah Sepulangnya

Review tempat wisata janganlah terburu-buru, nikmati perjalanan untuk menulisnya cukuplah ketika kamu menyelesaikan perjalanan dan pulang ke rumah. Beri ringkasan dari keseluruhan perjalanan, dari mulai kepuasan atau pun poin penting yang kurang menyenangkan selama perjalanan.

Paling mudah menulis dengan konsep 5W+1H (apa, siapa, kenapa, kapan dan dimana), menceritakannya secara detil dan menggunakan bahasa yang baik dan benar akan memudahkan para pembaca.

balik ke daftar isi

Travel Blogger Medan


Dari merekalah saya mengulas artikel tentang travel blogger, semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin mulai menulis perjalanan kamu sendiri di blog. Mari berkenalan dengan teman sekomunitas saya.


Mollyta Mochtar mollyta.com


Sejak kapan tertarik menjadi travel blogger? Apakah ada inspirasi blogger yang memotivasi kak Molly untuk menjadi Travel Blogger?
Mulai tertarik jadi travel blogger setelah 6 bulan blogging. Awalnya lebih banyak menulis tentang kuliner sampai akhirnya sadar kalau minat untuk jalan-jalan lebih besar daripada makan-makan. Semua berawal dari iseng-iseng krn banyak nyimpan foto-foto perjalanan yg sayang kalau cuma ada di media sosial. Akhirnya aku mulai nulis cerita perjalanan sampai sekarang. Sejujurnya ngga ada travel blogger yang menginspirasi saat memutuskan pilih genre travel. Tapi aku punya beberapa travel blogger yang selalu aku baca kisah perjalanannya.
Kak Molly sangat senang destinasi wisata seperti apa?
Aku senang dengan wisata sejarah, wisata alam (asal ngga ekstrim) dan sesekali wisata kuliner. Alasannya karena aku lebih suka belajar langsung dari tempat yang aku kunjungi ketimbang baca buku-buku sejarah. 
Adakah perjalanan yang paling berkesan ketika jalan jalan kak?
Perjalanan paling berkesan ada 2, Turki dan China daratan. Turki karena merasa takjub bisa memenuhi wishlist perjalanan ke negara yang ada di dua benua (Asia & Eropa) padahal tanpa rencana matang. Dan China karena untuk pertama kalinya memberanikan diri berkunjung ke negara yang notabene sulit dalam hal komunikasi. Disitu letak tantangannya.

Rudi Hartoyo rudihartoyo.com


Sejak kapan tertarik menjadi travel blogger? Apakah ada inspirasi blogger yang memotivasi Rudi untuk menjadi Travel Blogger?
Tahun 2013 terniat untuk bikin blog tentang jalan-jalan, ini bermula karena melihat beberapa folder foto jalan-jalan di laptop. Terus berfikir, kenapa tidak diceritakan saja di blog ya? Dari pada foto-foto itu hanya bertumpuk di laptop. Inilah yang menjadi awal mula untuk menjadi seorang travel blogger di Medan. Nah, dari situ saya pun membuat blog khusus perjalanan saya waktu dulu dengan nama MedanWisata.com. Saya telah memilih dan fokus ngeblog dengan niche atau topik berkaitan dengan dunia traveling.
Rudi sangat senang destinasi wisata seperti apa?
Wisata alam,  karena perjalananya lebih seru dan kompleks.
Adakah perjalanan yang paling berkesan ketika jalan jalan, Rud?
apa ya? Ada beberapa sih, mulai dari saat naik gunung, susur goa dan lainnya. Tapi paling senang kalau dapat jalan-jalan gratis, contohnya saat diundang jalan-jalan di malaysia, padang, dan jakarta

Ririn Wandes melalakcantik.com


Sejak kapan tertarik menjadi travel blogger? Apakah ada inspirasi blogger yang memotivasi Ririn untuk menjadi Travel Blogger?
Tertarik menjadi travel blogger sejak aktif jalan-jalan ketika itu masih menjadi mahasiswa sekitar tahun 2010. Awalnya hanya berbagi cerita di blog tanpa ada nama domain tertentu yg mengarah ke travelling. Kemudian,tahun 2015 mulai sering ikut kumpul dengan komunitas blogger hingga memantabkan diri membeli domain melalakcantik.com yang mana saat itu juga kata-kata tersebut sering diucapkan oleh perempuan-perempuan yang mau nongkrong atau jalan-jalan.
Inspirasi dari travel blogger lainnya ada. Kebanyakan memang dari luar negeri tapi untuk travel blogger dalam negeri juga ada yang menginspirasi seperti mbak Trinity sehingga sampai saat ini saya masih nyaman menjalani jalan-jalan sendirian sebagai solo traveller
Ririn sangat senang destinasi wisata seperti apa?
Sangat menyukai pantai dan wisata budaya sejarah. Meskipun panas dan menjadikan kulit semakin eksotis tapi pantai mampu mengajak untuk aktif berbicara dengan ombak di kala hati gundah gulana. Budaya dan sejarah juga membawa saya ke dimensi masa lalu sehingga buku-buku yang saya baca terasa dilihat langsung dalam wujud nyata meskipun sudah berbeda suasana.
Adakah perjalanan yang paling berkesan ketika jalan jalan, Rin?
Perjalanan yang berkesan pastinya banyak tapi paling berkesan tentunya juga ada. Paling berkesan ketika berlibur 2 minggu mengelilingi 3 negara sendirian. Memanfaatkan kemampuan komunikasi hingga bisa berinteraksi dengan orang baru dari berbagai negara. Tidur sendirian di bandara sambil ngobrol dengan bermacam pekerja di bandara. Pernah juga diusir dari bandara Thailand pukul 2 pagi yang mana uda gak ada lagi penginapan karena di kota Hat Yai yang bukan kota metropolitan.

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Bang, curhat dong. Aku kan suka traveling tapi ke tempat agak plosok2 yg kalo difoto gk Instagram able lah. Ala ala Rangga pas traveling ke Jogja ke sama si Cinta.
    Cuma kan bang biasa kalo menu tempat baru terus di pos jadi banyak alayers yg datang akhirnya ngerusak tempat itu. Itu cemana solusinya bang ?

    BalasHapus
  2. Btw ni, aku juga mau kasi saran buat para travel blogger, baik calon ataupun yang sudah jadi, mending sekalian ngevlog di Youtube juga. Biar ulasan makin mantap, ga sekerar tulisan dan foto aja. Belum lagi nanti di Youtube ada tambahan "cuan" juga yang jadi income kalian.

    Kaya kak Melalak Cantik itu dia main di Youtube juga, kebetulan aku udah subscribe dari lama.

    BalasHapus

  3. 23 Oktober, 2019
    Kok seru kali gini tulisan abang? Berasa lagi ikutan seminar tapi kak ririn, kak moly, sama bang rudy yang jadi pematerinya

    Coba abang apakan dulu kami, biar bisa kayak abang heheheh

    BalasHapus
  4. Wih, jadi kepengen buat jadi traveling brogger hihi... Tapi awak jarang jalan-jalan, haha

    BalasHapus
  5. wadidaw, berkualitas amat ini tulisan

    BalasHapus
  6. naahhhh nahhhh nahhhh.....
    kalo awak sih pengen jadi travel blogger,,, cuman belom pande gimana mengekspresikan kedalam bentuk tulisan. makanya kalo disuruh pilh awak lebih milih travel vlogger

    BalasHapus
  7. Asik nih jalan-jalan berpenghasilan. Kalau sudah passion menjalaninya dengan hati.

    BalasHapus
  8. Wuih di-featured di blog ini rasanya seneng sekali! Makasih, Yog. Apapun genre blog ataupun passion kita, yang terpenting adalah tetap menulis. Supaya warna kita makin kelihatan dan bukan ngga mungkin banyak peluang yang datang sesudahnya. Semangat!

    BalasHapus
  9. Keren ini . ini dia yang awak cari cari artikel nyaa . makasih banyak bro !!!

    BalasHapus
  10. Lengkap pembahasannya, jadi gak bingung lagi cari pembahasan tentang travel blogger

    BalasHapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .