Hari Blogger Indonesia dan Perkembangan Tren Blogging Dunia

Hari Blogger Indonesia kapan sih? Bagaimana asal mula Hari Blogger di Indonesia? Mengapa tanggal 27 oktober sebagai Hari Blogger Nusantara? Simak ulasan saya pada artikel ini, semoga membantu menjawab rasa penasaran kamu. Sama seperti kamu saat ini, awalnya pun saya kurang mengerti bahkan tidak pernah tahu bahwa para blogger punya satu hari dalam setahun untuk merayakan kesenangan blogging.

Jika kamu mendengar pembahasan hari blogger dari teman sekomunitasmu atau mengetahuinya dari berita, televisi mau pun media mainstream lainnya, tenang bukan berarti kamu ketinggalan informasi. Saya pun pada awalnya kurang menyadari hari blogger indonesia, mungkin karena banyak media mainstream sudah tidak memberitakannya lagi, beberapa perusahaan event organizer kurang tertarik untuk menyelenggarakan agenda acara pada hari tersebut, mungkin menurut mereka kurang prospek. Alhasil, hanya mengandalkan komunitas blogger yang masih giat menyambut hari tersebut.

Sebelum saya mulai mengulas hari blogger indonesia di daerah-daerah, dan bagaimana tren perkembangan tiap tahunnya, mari saya ajak berkeliling.



Hari Blogger Nasional


Apa itu Hari Blogger Nasional, sebenarnya hari blogger nasional ini bukan hanya sekadar ajang memperingati hari blogger, tapi punya makna khusus secara tersirat. Menyampaikan bahwa blogger harus mengelola blog mereka dan memberikan sesuatu yang berkualitas untuk Indonesia melalui konten tulisan para penulis blog ini.

Saya pun setelah mengetahui makna tersirat dari peringatan hari blogger nasional ini menjadi lebih intropeksi, sudah sejauh apa saya mengelola blog agar menjadi lebih bermanfaat untuk banyak orang. Di blog saya yang lain, malahan selama ini saya masih berkutat dengan mencari kata kunci bahasan yang ramai dicari orang, namun tidak pernah peduli apakah informasi tersebut bermanfaat untuk orang lain.

Saya sudah taubat menyebarkan info copy paste demi mengejar kata kunci, beginilah balada pemburu receh dari adsense. Semoga di hari blogger nasional menjadi bahan renungan agar kita lebih giat meningkatkan kualitas diri agar blog kita lebih bermanfaat.

Sejarah Hari Blogger Nasional


Hari blogger nasional awalnya terinisiasi ketika diadakannya sebuah agenda acara megah yang diperuntukkan pada para blogger, dikenal dengan acara pesta blogger. 27 oktober 2007 event exhibition gathering blogger bertajuk pesta blogger digelar dan dihadiri para blogger se-Indonesia serta turut serta pak Mohammad Nuh Menkominfo kala itu.

Ditetapkannya hari blogger nasional oleh pak Menkominfo didepan seluruh peserta blogger yang berjumlah lebih 500 orang hadir ke Grand Indonesia, Blitz Megaplex, Jakarta Pusat. Blogger baru yang lahir di tahun belasan seperti saya tentu tidak mengetahui sejarah pasti tentang pesta blogger yang kabarnya merupakan pesta akbar tahunan. Hanya bisa menyimpulkannya dari berbagai ulasan para blogger terdahulu.

Walau pun agenda acara tahunan mungkin tidak terdengar lagi, bahkan tiap daerah di Indonesia kini memiliki acara tahunan masing-masing. Hari Blogger Nasional selalu disambut antusias oleh para blogger di Indonesia, banyak komunitas blogger merayakannya dengan ragam aktifitas online mau pun offline.

Pesta Blogger Indonesia


Pada masa baktifitas blogging jaya jayanya, pesta blogger adalah agenda tahunan Indonesia yang diinisiasi para penggiat blogger di Indonesia. Pesta blogger pertama diadakan pada tahun 2007 tanggal 27 oktober, dan diresmikan oleh Menkominfo sebagai Hari Blogger Nasional.

Mungkin sekilas aja tentang pesta blogger indonesia, lain waktu akan saya rangkum dari pengalaman para blogger yang menghadirinya.

Bapak Blogger Indonesia


Enda Nasution kelahiran tahun 1975 dikenal dan dijuluki sebagai Bapak Blogger Indonesia karena di beberapa kesempatan cukup banyak mempromosikan penggunaan blog melalui media mainstream. Selain sebagai seorang penulis blog, Enda juga kerap kali mengkampanyekan gaya hidup bermedia sosial, kebebasan berekspresi dan potensi di dunia teknologi.

Paling mendasari julukan Bapak Blogger Indonesia disematkan pada Enda Nasution karena pada tahun 2007 menjadi ketua panitia Pesta Blogger akbar yang dihadiri oleh 500 blogger dari seluruh penjuru Indonesia. Tahun berikutnya, Enda menjabat sebagai pengurus di kepanitiaan Pesta Blogger. Aktif menjalankan start up berbasis isu sosial dan banyak aktifitas lainnya yang berhubungan dengan dunia digital.

Perkembangan Tren Blogging Dunia


Nanti di update yaa..





Blogger yang awalnya hanya sebagai hobi atau pun profesi sampingan, kini dengan banyaknya program pemasaran yang membutuhkan blogger, banyak para blogger mulai serius menjadikannya sebagai profesi. Semoga para blogger lebih giat lagi memberikan konten berkualitas bukan hanya sekadar konten promosi yang perlahan menurunkan kualitas blogger itu sendiri. Selamat Hari Blogger Indonesia

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Baru tahu nih sejarah blogger di indonesia, salah satunya pak Enda Nasution. Bisa jadi bukti nih, kalau ngeblog bisa dilakukan oleh siapapun

    BalasHapus
  2. Jumpa sama Bang Enda, masih muda perawakannya :D

    BalasHapus
  3. Jujur baru tau tentang sejarah hari blogger nasional ini. Kmrn sempat liat rame di temlen twitter tapi gk ada yg bahas sejarahnya.

    Nice info mas. Trims

    BalasHapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .