17+ Ide Genre Blog Indonesia yang Jarang & Ramai Pengunjung

Genre Blog Seperti Apa yang Sesuai untuk Kamu dan Banyak Pembacanya, Takut Salah Memilih Niche Blog Indonesia, ini Tips Menentukan Genre Blogger untuk Pemula. Setelah membaca ulasan artikel ini tentang cara mengetahui bahasan apa yang tepat untuk blog milikmu, harapan saya kamu mengambil pelajaran dari pengalaman saya.

Apa pun profesinya, tiap orang dituntut untuk fokus menampilkan ciri khas mereka, layaknya pelukis ada aliran surealis, pointilis, abstrak dan lainnya, bahkan seorang pemusik juga harus mengambil jenis musik dominan, jazz, pop, rnb, dan macam musik lainnya, begitu pun kamu yang ingin mulai membuat blog. Jika kamu masih bingung, dan khawatir salah memilih genre blog yang sesuai, kamu harus lebih mengenal diri kamu terlebih dahulu, jangan paksakan apa yang tidak kamu sukai.

Bahkan, setelah kamu memilih genre blog yang menurutmu menarik untuk dibahas, kamu juga masih dituntut untuk menampilkan personal branding melalui tulisan. Semisal kamu memilih menjadi financial blogger, mulailah menjadi financial blogger dengan memiliki gaya tulisan yang menjadi personamu. Di dunia yang dipenuhi dengan ragam blogger di dalamnya, bagaimana cara kamu agar muncul ke permukaan, bukan dengan cari sensasi tapi buktikan dengan karya dan gaya tulisan.
Artikel Relevan baca juga
Ingin menjadi Travel Blogger Nasional yang terkenal?
Ingin menjadi Beauty Blogger Nasional yang sukses?
Ingin menjadi Parenting Blogger Nasional yang sukses?



Artikel Relevan baca juga
Ingin Tau Sejarah Hari Blogger Indonesia?
balik ke daftar isi

Niche Blog


Apa itu niche blog? Weblog lebih dikenal dengan istilah blog, dan orang yang memiliki blog dan mengelolanya secara rutin dari mulai mengatur tampilan dan konsisten menulis disebut blogger. Niche blog adalah istilah untuk menyebutkan sebuah blog yang fokus serta konsisten membahas topik tertentu, genre blog ini umumnya berangkat dari hobi, minat, passion seorang blogger terhadap sebuah topi dan menuliskannya di blog mereka.

Seorang blogger yang hobi jalan-jalan ke destinasi wisata tentu dia akan memilih tema blog traveling, membagikan pengalaman jalan dengan menulis di weblog. Para pecinta dunia kecantikan akan berbagi informasi seputar kecantikan dengan menulis artikel blog beauty. Bahkan, para mom yang hobi menulis akan menuliskan pengalaman mereka tentang mengasuh anak dan keluarga melalui blog parenting. Berikutlah alasan seseorang umumnya memilih genre blog untuk blog pribadi mereka, selain berbagi dengan orang lain juga menjadi kepuasan tersendiri menuliskannya di blog.

Tapi tidak sedikit blogger yang masih kesulitan untuk menentukan niche blog mereka, banyak blogger pemula yang hilang arah menentukan genre tulisan blog mereka, setidaknya baca dulu manfaat niche blog semoga bisa sedikit membuka wawasan kamu tentang pentingnya memiliki niche blog.

balik ke daftar isi

Manfaat Niche Blog


Berbeda dengan artikel buku, majalah atau surat kabar, media ini adalah bahan bacaan satu arah pembaca tidak bisa berinteraksi langsung setelah membacanya. Media blog adalah sebuah media yang saling terhubung dengan kesamaan minat, baik pemilik blog mau pun sekadar pembaca blog mereka sudah masuk ke dalam blogosphere.

Blogosphere adalah istilah untuk menyebutkan sebuah zona lapisan di jejaring dunia mana, sebuah tempat yang mempertemukan blog dengan para pembacanya, yang menghubungkan antara blog satu dengan blog lainnya, singkatnya semua aktifitas blogging di lakukan di blogospehere. Maka penting, untuk kamu memiliki genre blog agar memudahkan blog kamu ditemukan dan menemukan pembacanya.

Sebagai Identitas Blog

Di antara banyaknya blogger, menentukan tema blog adalah salah satu cara memperkenalkan personal branding ke banyak orang yang berkunjung di blog kamu. Tulisan yang selalu konsisten membahas topik tertentu akan mudah dikenal pembaca dan mudah diingat, untuk di lain waktu membacanya lagi atau pun menunggu tulisan baru.

Mudah Ditemukan Pembaca

Pembaca yang berkunjung dari mesin pencari seperti Google, Yahoo atau pun Bing adalah pembaca yang memiliki minat tertentu akan sebuah informasi yang dicari. Maka dengan memiliki niche pada blog yang kamu miliki, akan memudahkan pembaca mampir ke artikel blog yang kamu tulis. Pembaca yang minat musik mungkin akan mencari cara main gitar, maka blog tentang musik yang akan dikunjungi.

Acuan Para Agency Advertiser

Kamu yang memulai menulis blog untuk menghasilkan income, akan sangat perlu memilih niche blog yang sesuai, pasalnya para agency advertiser menentukan genre blog seperti apa yang masuk ke biaya pemasaran mereka/client mereka. Tidak mungkin produk traveling akan diiklankan ke blog tentang financial yang bahasannya berhemat, tentu produk traveling harga mahal tidak berhasil mengambil pasar pembaca yang berhemat.

sumber: niche blogosphere

balik ke daftar isi

Daftar Niche Blog yang Jarang Digunakan


Genre blog yang masih jarang orang mengulasnya akan dengan mudah masuk ke peringkat 1 pencarian google, maka sangat berpotensi untuk para blogger pemula untuk mengambil niche blog ini. Saya rangkum dari beberapa artikel yang mengulas topik blog untuk pemula, lihat beberapa ide tema blog yang mungkin sesuai untuk kamu.

1. Hewan Peliharaan dan Fashion Pet
2. Berkebun di Rumah / urban farming
3. Berburu Hantu
4. Tips Vegetarian
5. Menjahit dan Merajut
6. Camp Travel
7. Sejarah dan heritage
8. Doodle n art etc
9. Robotik
10. Vape n tips berhenti merokok

balik ke daftar isi

Niche Blog Terlaris Abadi tiap Tahun


Beberapa genre blog yang selalu ramai dicari orang di tiap tahunnya, istilah niche ini adalah tema evergreen atau topik abadi. Walau pun banyak pesaingnya, jika konsisten dan memiliki ciri khas kamu pun bisa mendapatkan pengunjung, berikut niche blog yang banyak dikunjungi pembaca tiap tahunnya.

11. Travel
12. Health
13. Personal Finance
14. Edukasi
15. Beauty n Fashion
16. Local Food
17. Parenting
18. Teknologi
19. Income Online
20. Blogging

balik ke daftar isi

Niche untuk Personal Blog, Simak Tipsnya


Memilih genre blog yang menguntungkan bagi kamu tentu sedikit sulit jika tidak ada tips panduan untuk menentukannya. Berikut ini sedikit tips untuk memilih niche blog potensial bagi personal blog seperti kamu.

Pilih Ide Tema Blog yang Menarik Buatmu

Percayalah setiap topik bahasan blog pasti ada pembacanya, maka kenali diri kamu dan pahami, lebih tertarik untuk menulis tentang apa yang kamu sukai. Memulai blog personal dengan membahas apa yang kamu senangi lebih mudah daripada menulis artikel yang tidak kamu pahami, malahan nantinya tulisan akan terlihat kaku karena dipaksakan.

Mari saya ajak kamu mengenal apa yang kamu senangi, jawablah pertanyaan ini semoga memudahkan kamu untuk menemukan genre tulisan yang kamu nyaman membahasnya. Sebutkan 3 hobi yang kamu senangi, apa saja kemampuan yang kamu kuasai, bahasan apa yang menarik kamu pelajari dan belum kamu kuasai?

Setelah kamu membuat daftar dari pertanyaan tersebut, pilihlah masing-masing pertanyaan 1 jawaban, kemudian pertimbangkan bahasan mana yang kamu senangi dan membuatmu tertantang untuk menulisnya. Kamu bisa menciptakan pertanyaan sendiri agar lebih memastikan pilihan ide tema blog yang nyaman untuk kamu tulis di weblog kamu.

Periksa Tren Niche Blog yang Kamu Pilih

Pantau sejauh apa tren bahasan blog yang telah kamu pilih, apakah ada yang mencarinya atau malahan tren bahasan tersebut tidak ada yang mencari. Untuk memilih tema blog yang menguntungkan, tentu kamu harus mencari bahasan yang banyak dicari orang, maka memeriksa tren genre blog yang kamu pilih adalah sebuah keharusan.

Mari kita ambil contoh, kamu hobi bersepeda dan ingin mengulas bahasan tentang bersepeda di blog baru kamu, lalu seperti apa tren pencariannya. Buka laptop kamu, pergi ke browser dan kunjungi trends.google.co.id cari tau seperti apa pergerakan tren yang mencari informasi seputar hobi kamu. Pilihlah rentang waktu 5 tahun terakhir perhatikan berapa banyak rata-rata persentase yang mencari informasi seputar sepeda.

https://trends.google.co.id/trends/explore?date=today%205-y&geo=ID&q=sepeda

Klik link tautan di atas, merupakan data pencarian 5 tahun terakhir yang mencari informasi tentang sepeda. Berapa rata-rata trennya, jika terlalu jatuh atau terlalu naik di beberapa waktu, tren ini tidak sesuai mungkin kata kunci kamu yang kurang familiar. Coba perhatikan perbedaan sepeda, bersepeda dan main sepeda, tren yang mana yang paling banyak orang cari. Umumnya pergerakan grafik masih di rentang 50 ke atas adalah tren yang potensial untuk diulas.


Pilih Tema Blog yang Lebih Spesifik untuk Pemula

Di dunia blogging, mesin pencari adalah raja yang menampilan segala jenis artikel yang dibutuhkan oleh para pembaca, apakah pembaca memerlukan informasi atau mencari barang untuk dibeli. Maka perhatikan bahasan yang kamu pilih di mesin pencari google, berapa banyak orang yang mencarinya, jika terlalu banyak website-website besar yang bersaing pada tren kata pada sebuah topik, pilihlah tema yang lebih khusus.

Misalkan bahasan sepeda tadi, kamu sudah melihat seperti apa pergerakan tren selama 5 tahun terakhir, cenderung stabil dan berpotensi untuk diulas. Selanjutnya pergi ke browser dan masuk ke halaman google.com kemudian ketik sepeda, berapa banyak yang mencarinya. Sekitar 152 juta yang mencarinya, dan banyak sekali website dengan otoritas tinggi yang berada di halaman satu, maka kamu harus memilih topik bahasan sepeda yang lebih khusus.

Masih pada halaman mesin pencari google, scroll ke bagian bawah lihat penelusuran terkait tentang sepeda, pilih salah satunya dan lihat pencarian apakah masih tinggi atau sudah mulai turun. Ada harga sepeda rodalink, harga sepeda biasa, dan banyak lagi, kita ambil contoh ambil saja sepeda biasa. Pergi ke pencarian lagi, ketik sepeda biasa dan lihat hasil pencariannya, serta apa saja penelusuran terkaitnya. Jika masih terlalu tinggi, pergi ke mesin pencarian kata apa saja yang disugesti pada google.

Kata sepeda biasa masih banyak pesaing website besar, pada kolom pencarian tambahkan spasi di depan kata, ditengah dan diakhir kata apa yang menurut kamu menarik untuk kamu bahas dan sedikit yang masih bersaing di sana. Mari kita lihat modifikasi sepeda biasa, website apa saja yang berada di halaman satu, yups kamu bisa memulainya dari bahasan modifikasi sepeda biasa.



Pastikan Potensi Topik Blog Menguntungkan atau Tidak

Banyak cara melihat bahasan blog yang kamu pilih apakah berpotensi diendorse atau mempunyai masa depan yang cerah. Trik melihatnya adalah, seberapa banyak bahasan tentang spesifikasi produk berkaitan topik bahasan, atau pencarian mengenai harga, bahkan melihat apakah ada situs penjual yang mengiklan pada kata pencarian tertentu yang masih terkait.

Jika melihat kata sepeda biasa, dan ditambah dengan kata berkaitan tentang produk seperti harga, jual, spesifikasi, dll. Yang menempati peringkat atas adalah kebanyakan situs jual beli online, maknanya potensi blog yang kamu serius akan topik sepeda biasa bisa saja diendorse oleh penjual sepeda atau program-progam lain yang mendatangkan income untuk blog sepeda biasa.

Sederhananya, jika bahasan sepeda biasa memiliki produk sepeda yang dijual secara online, maka topik blog sepeda potensi untuk diulas. Contoh lain, hobi melipat kertas potensi produknya hanya pada jualan kertas origami (kalau saya tidak salah menganalisa), apakah produk ini memiliki propek untuk melakukan program pemasaran pada blogger jika blog kamu membahas origami, tentu kesempatan itu kecil. Bahkan untuk menjadi produk afiliasi sebuah produk kertas origami tidak terlalu besar dibandingkan menjadi blog afiliasi produk sepeda.

Semoga artikel ini membantu kamu menentukan genre blog yang kamu senangi untuk mengulasnya, kembali lagi ke diri kamu, selama kamu tertarik dan nyaman membahas sebuah niche blog, berpotensi mendapat bayaran atau tidak, pastikan kamu menulis secara konsisten dengan artikel yang berkualitas.


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Wih godaan nih, siapa tahu bisa coba niche-nya

    BalasHapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .