Beauty Blogger Indonesia Tips Menjadi Beauty Blogger Sukses

Beauty Blogger Indonesia dicari untuk Influencer Produk Kecantikan, dan Selebgram Endorse Kosmetik, berikut TOP Beauty Blogger Indonesia. Saya bukan seorang beauty blogger, tapi entah kenapa saya ingin sekali mengulasnya, semoga bermanfaat untuk yang ingin memulai menjadi seorang blogger kecantikan.

Artikel Relevan baca juga
Ingin Menjadi Travel Blogger Indonesia yang Terkenal?
Ingin Menjadi Parenting Blogger Indonesia yang Inspiratif?

Selebgram Beauty lihat ulasannya di sini, tidak sedikit dari mereka ditawarkan endorsement sebuah produk kecantikan, hanya saja tidak banyak seorang selebgram beauty blogger juga termasuk seorang blogger beauty. Untuk client yang ingin mencari seorang selebgram, tentu akan banyak yang memilih selebgram dan mempunyai blog sebagai acuannya.

Influencer Beauty kamu sudah follow? Influencer merupakan seseorang yang memiliki banyak pengikutnya di jejaring media sosial, apakah itu instagram, youtube atau pun media sosial lainnya. Maka seorang influencer beauty, media sosialnya akan banyak mengulas tentang tips kecantikan.

Artikel Relevan baca juga
Ingin Tau Sejarah Hari Blogger Indonesia?
balik ke daftar isi

Sejarah Beauty Blogger


Sejarah Beauty Blogger masih simpang siur kapan tren mengulas tips kecantikan ini dimulai, beberapa literatur menjelaskan bahwa tren ini dimulai oleh pengguna Youtube sebagai pionirnya. Tapi ada juga fakta menjelaskan bahwa pengguna Youtube yang mengulas kecantikan awalnya membuat weblog kemudian memanfaatkan jejaring sosial berbagi konten video di Youtube.

Pada bulan juli 2019, youtube mengeluarkan artikel beauty vlogger dengan subcriber terbanyak. Subcriber terbanyak pertama, Yuya dengan video pertamanya di tahun 2010 bulan juli, dan rekam jejak websitenya di tahun 2016 bulan januari, tapi domainnya diregistrasi pada tahun 2014 bulan mei. Dan pada tahun 2017 april, Forbes menerbitkan artikel tentang top influencer di beberapa negara, top influencer ke tiga Huda Kattan video youtube pertamanya tahun 2014 bulan mei, sedangkan websitenya dimulainya pada tahun 2010 pada bulan 4.

Dari fakta ini, tren sejarah mengulas kecantikan kebanyakan berawal dari video blog di youtube, kemudian memanfaatkan media blog juga. Hanya saja, di beberapa negara juga ada yang memulai tren mengulas produk kecantikan di media blog kemudian beralih ke media youtub.

sumber: beauty vlogger
balik ke daftar isi

Apa Itu Beauty Blogger


Apa itu Beauty Blogger? Beauty Blogger adalah istilah untuk sebutan orang yang membuat konten tulisan di media weblog mereka tentang kecantikan di dukung oleh foto, dari mulai mengulas produk kecantikan, hingga tips make up merias wajah bahkan tips merawat kesehatan wajah juga diulas oleh seorang beauty blogger.

Selebgram beauty adalah sebutan untuk orang yang memanfaatkan media sosial instagram mereka dengan membagikan foto atau pun video tentang kecantikan mau pun produk kosmetik. Berbeda dengan beauty blogger yang mengulas kecantikan di media blog, selebgram hanya membagikan konten di media instagram.

Vlogger beauty adalah istilah yang diperuntukan untuk seseorang yang membuat konten video di youtube dan mengulas tentang kecantikan, produk kosmetik dan tips merias. Seorang vlogger beauty tentu berbeda dengan selebgram dan juga blogger, namun bukan berarti orang yang ingin menjadi beauty blogger tidak boleh memanfaatkan banyak media sosial sebagai wadah berbagi cerita mereka tentang dunia kecantikan.

Jika kamu sudah bisa membedakannya, maka kamu pun bisa menjadi seorang influencer kecantikan yang memberikan pengaruh positif untuk para penikmat ulasan kamu tentang kecantikan. Saya bukan beauty blogger, tapi teman sekomunitas banyak yang fokus menjadi beauty blogger, jadi tau banyak walau pun masih sedikit tentang beauty blogger.

Ingin menjadi beauty blogger indonesia, simak ulasan saya dari hasil wawancara ke beberapa teman sekomunitas.
balik ke daftar isi

Arti Beauty Blogger


Peran beauty blogger menjadi sumber informasi dunia kecantikan, tidak hanya untuk para pengguna produk kecantikan tapi juga berperan memajukan industri kecantikan. Maka, untuk menjadi beauty blogger bukanlah gampang, karena ada peran penting yang disematkan dalam tiap tulisannya.

Referensi Utama Ketika Mencari Produk Kecantikan

"Arti menjadi beauty blogger adalah memberikan lebih banyak informasi tentang kecantikan tentang merek yang dibutuh, jadi tidak buta informasi dan tidak salah pilih produk yang sesuai untuk mereka" Farah Rodiah.

Jenis kulit wajah yang berbeda-beda, mengharuskan pengguna lebih teliti dalam memilih produk kecantikan sebabnya perlu banyak informasi tentang produk yang sesuai dengan jenis kulit mereka. Peran sebagai sumber referensi utama begitu penting, bayangkan jika informasi ini diulas secara asal, mungkin banyak pengguna yang salah menggunakan kosmetik yang sesuai.

Membantu Pemasaran Industri Kecantikan

Merek kosmetik di industri kecantikan sangat banyak jumlahnya, bahkan hampir di tiap negara memiliki merek industri kecantikan masing-masing. Yang bikin saya penasaran bagaimana cara market share yang diterapkan. Dengan peran sebagai beauty blogger yang tidak terikat pada satu merek, dan mengulas banyak merek kosmetik adalah salah satu bentuk market share.

"Arti menjadi beauty blogger bisa lebih banyak tau tentang makeup, skincare dan kesehatan terutama kulit tanpa harus belajar formal" Amelia Pratami

Reviewer Kualitas Produk Kecantikan

Banyaknya produk kosmetik di industri kecantikan membuat para penggunanya kebingungan, produk apa yang sesuai dengan mereka. Tentunya, mencari ulasan pengalaman menggunakan produk terkait yang mereka ingin beli menjadi acuan untuk mempertimbangkan penggunaan produk yang akan mereka beli.

"Arti menjadi beauty blogger adalah tentang menulis review tentang kecantikan dan gaya hidup yang berkenaan tentang kecantikan di blog. Sharing dengan pembaca tentang experience produk yang digunakan" Nesia Rezita

balik ke daftar isi

Tips menjadi Beauty Blogger Sukses


Cara menjadi Beauty Blogger yang berhasil, tentu banyak yang mencari informasi ini, tapi tolak ukur keberhasilan seseorang menjadi beauty blogger pasti berbeda. Berikut sedikit tips untuk yang ingin mulai menulis kecantikan di Blog.

Punya blog terlebih dahulu

Langkah awal tentunya harus punya blog, tidak mungkin beauty blogger tanpa blognya. Pilihlah wadah menulis yang nyaman untuk kamu, bisa yang gratis atau berbayar. Yang gratis seperti blogger.com, wordpress.com, medium.com dan banyak lagi yang berbayar biasanya ditandai dengan nama top level domain .com .co.id .id dan domain lain.

"Punya blog, suka menggunakan skincare dan make up. Mau riset terlebih dahulu sebelum menulis, karena review produk tidak sekadar mencurahkan perasaan setelah memakai produk tapi juga ada pengetahuan tentang ingredients produk tersebut." Nesia Rezita

Mulai dari pengalaman

Masih bingung ingin mulai dari mana, jangan terlalu banyak bingung, buang jauh jauh deh. Kalo ingin memulai, mulailah dengan hal kecil yang kamu kuasai, jika pun tidak dikuasai tapi ingin mengulasnya, pelajari terlebih dahulu, intinya mulailah menulis.

Teman saya Farah Rodiah juga pada awal menulis kecantikan di blognya, memulainya dari pengaman pribadi.

Ciptakan ciri khas

Agar mudah dikenal diantara banyaknya beauty blogger, kamu harus ciptakan personal branding, bahasa sederhananya ciptakan ciri khas. Ulasan yang memiliki ciri khas akan dengan mudah dikenal oleh pengunjung baru yang datang ke blog kamu.

"Rajin nulis aja dulu, karena byk yg suka beauty tp ga suka nulis. Jadinya cuma rajin buat konten di IG tanpa ada tulisan di blog." Amelia Pratami

Membangun relasi

Walau pun menulisnya di dunia maya, bukan berarti dunia nyata ditinggalkan, usahakan memanfaatkan kemungkinan menjalin relasi. Apakah itu acara exhibition berkaitan dengan dunia kecantikan atau pun forum forum online.

Membangun relasi juga bisa dengan cara bergabung ke organisasi atau komunitas yang memiliki misi dan visi sesuai dengan kamu. Tentunya akan menarik, berkumpul dengan banyak orang yang satu frekuensi dengan kamu.

balik ke daftar isi

Tips Dasar Make Up untuk Beauty Blogger


Pilih kosmetik yang cocok

Tidak ada hal baku ketika kamu ingin merias wajah untuk ulasan blog, selama kosmetik tersebut kamu minati dan pas dengan kulit wajah, tidak ada salahnya digunakan.

"Pakai aja apa yang disuka. Explore semaunya, sesuaikan dengan situasi." Nesia Rezita

Ke mana pun jangan lupa makeup dong, biar terbiasa merias wajah dengan segala gaya dan kebutuhan suasana

"Jangan lupa ngalis dan lipstick merah kalau lagi males dandan atau buru-buru dandan" Amelia Pratami


Sesuaikan dengan suasana

Merias wajah sih boleh-boleh saja, tapi lihat kebutuhan juga jangan terlalu berlebihan, menjadi beauty blogger harus mengerti menempatkan riasan yang sesuai.

"Pilih make up yang memang cocok di kamu, mulai dengan riasan sederhana yang fresh dan ga norak untuk sehari hari
kalau mau untuk acara lebih, bisa lebih strong" Farah Rodiah

balik ke daftar isi

Beauty Blogger Medan


Nah, ini nih temen sekomunitas yang saya tanya-tanya tentang beauty blogger di medan dan dunia blogging tentang kecantikan.

Amelia Pratami Ameltami.com

Sejak kapan tertarik mengulas kecantikan di blog? Adakah inspirasi sehingga tertarik mengulas kecantikan di blog?
Sejak 2013, waktu itu baca berita tentang beauty blogger di Singapore yang kulitnya rusak gara-gara treatment di klinik kecantikan dan menuliskan kisahnya di blog. Lalu mulai cari-cari apakah ada Beauty Blogger di Indonesia, dan waktu itu di Jakarta ada Indonesian beauty blogger, gabung disana sejak 2013. 
Sangat suka jenis produk kecantikan apa?
Decorative makeup

Agnesia Rezita agnesiarezita.com

Sejak kapan tertarik mengulas kecantikan di blog? Adakah inspirasi sehingga tertarik mengulas kecantikan di blog?
Tertarik jadi beauty blogger sejak gabung di Komunitas Blogger Medan. Karena mulai mengenal beberapa niche blog dan beauty menjadi pilihan paling kuat untuk fokus. Inspirasinya karena pribadi suka make up & skincare. Suka mencari review di google, kenapa gak menulis sendiri review dari produk yang digunakan. Karena ternyata banyak yang mencari, termasuk saya sendiri.
Sangat suka jenis produk kecantikan apa?
Suka skincare karena jadi banyak belajar tentang ingredients. Aware sama kesehatan kulit karena banyak kandungan yang ternyata baik tapi bisa tidak baik di kulit jika salah penggunaannya.

Farah Rodiah farahrodiah.wordpress

Sejak kapan tertarik mengulas kecantikan di blog? Adakah inspirasi sehingga tertarik mengulas kecantikan di blog?
Sejak 2016 ada, dari beberapa beauty vlogger yang sebelum merambah ke vlog mereka juga menulis
Sangat suka jenis produk kecantikan apa?
produk kecantikan yang ga bikin muka jadi rusak setelah dipake dan ecofriendly

Posting Komentar

14 Komentar

  1. Naaaahhh pertanyaanku gini deh bang,,,,
    Beauty blogger kan buat cewek,,, yg buat cowoknya ada gak?

    BalasHapus
  2. Beruntung kali bisa kenal sama beauty blogger kece kota Medan.
    Kadang suka takjub sama mereka yang bisa menginfluence banyak cewe supaya lebih aware lagi akan kecantikan.

    Untuk tips harus punya ciri khas dan membangun relasi, tentunya semua niche blogger harus punya kemampuan ini. Karena ini penting banget demi personal branding tiap-tiap blogger.

    BalasHapus
  3. Jadi beauty blogger tidak mudah, tapi terbuka buat siapa aja 😍 makasi bang yoga, masuk name nya nih hihii

    BalasHapus
  4. bang nanti kasi artikel dong, tentang handsome blogger, mana tau ada yakan, bisa masuk ke dalam blogger itu,

    BalasHapus
  5. aku juga pengen jadi beauty blogger, eh salah ... kalau beauty kan pakai make up. Aku mau nyobaik jadi skincare blogger, hahahah... secara sekarnag udah pakai skincare. beberapa kali juga sempet tanya2 produk ke agnes

    BalasHapus
  6. Kalo mukak ku ganteng cemana bang ?

    BalasHapus
  7. aku juga suka review skin care macam beauty blogger, tp ya apalah aku yg lebih suka posting tulisan gegalauan dan jalan2.. wkwkwk

    BalasHapus
  8. Dulu pengen jadi beauty blogger cuma gak pede aja :D

    BalasHapus
  9. Lah kok jadi pingin beli skin care, make up.. mohon kode ini ditindaklanjuti. wkwk

    BalasHapus
  10. Wiiih..kirain yoga mau jd biuti blogger ^_^
    Kalu MUA cowok kan uda banyak memang yaa..tp kalo biuti blogger cowok aku kok memang blum pernah jumpa. atau kurang jauh BWnya ya? hahaha

    BalasHapus
  11. mwehehehehe, itu fotonya tahun kapaaaan di wardaaaah

    BalasHapus
  12. Makasih bang sudah menampilkan sedikit tentang beauty blogger versi agnesiarezita hehe :)

    BalasHapus
  13. Jadi penasaran nih kalau yang bahas beauty cowok, kira2 seperti apa ya??

    BalasHapus
  14. Mau jadi beauty blogger, tp aku gak beauty, cemana? Hahaha

    Masih rempong aku tuh mau mekapan dan skinkeran, masih digangguin 2baby😅😅

    Kalo para beauty blogger di list tulisan ini dah gak diragukan lagi kerajinannya review produk mekap dan skinker.. 😻

    BalasHapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .