Blogger Medan Tahun ke Tahun Mencoba Eksis

Blogger Medan dan sebuah narasi pengalaman menulis di blog sejak tahun 2012 hingga akhirnya terbentuk Blogger Medan Blog M, sampai kini.

Sedari aku kanak, rasa-rasanya tidak ada sedikit pun untuk memiliki impian menjadi seorang blogger. Bahkan saat SD kelas 1 di Pematang Siantar, sangat jauh punya harapan untuk tulisan aku akan disenangai ramai orang. Jika dibandingkan dengan kanak-kanak di zaman sekarang, perihal impian mereka sangat lugas jika ditanya. Kalau aku, mungkin hari ini ingin jadi dokter, besoknya ingin jadi pilot, impian pada umumnya generasi shio kambing. Tdak ada kepikiran punya mimpi jadi filmmaker blogger.


Blogger Medan | Menjejaki SD kelas 3, aku terpaksa ikut orang tua pindah ke kota Medan, kota yang katanya lebih besar lagi dari Pematang Siantar. Padahal, aku sudah terlalu nyaman dengan suasana kelas kala itu, ulangan muatan lokal bahasa batak pun alhamdulillah baik. Tapi, angan ingin tumbuh besar sebagai darah jawa yang mampu berbahasa batak, sirna. Apa yang bisa dilakukan anak seumuran SD kelas 3 untuk membatalkan keputusan harus pindah ke Medan. Akhirnya hingga sekarang aku di Medan, dan tidak mengenal lagi Pematang Siantar, tiap pulang ke kampung halaman serasa menjadi turis lokal yang melancong ke destinasi yang tidak aku ketahui.

Kini pun masih di Medan, menikah di Medan tapi belum punya rencana akan menua di Medan, insyaAllah bisa menua di Turki atau pun di Jepang, itu sih motivasi ingin jalan jauh dengan istri dan anak kelak. Tiap orang memang harus menyulam motivasi hidup mereka, agar berproses ke arah yang lebih baik. Sepertinya sudah terlalu banyak paragraf pembuka untuk mengantarkan pembahasan tentang blogger medan. Mari aku mulai dari tahun 2012, sebuah ajang uji coba, menantang diri untuk menjadi pribadi yang konsisten, tapi ternyata sulit.

2012 Masih Tentang Puisi dan Fiksi

Seperti titik awal aku terseret dan berkutat dengan dunia blogging. Jauh sebelum itu, aku pun pernah punya blog di tahun 2009, isi tulisan hanya satu, tidak ada yang meninggalkan komentar di sana, dan aku tinggalkan karena tidak menemukan esensi dari punya blog sebenarnya apa. Dan di tahun 2012, singkatnya aku bertemu dengan orang baru berkat facebook. Pertemuan pertama, sekitar 9 orang menyamakan visi untuk membentuk komunitas blogger di medan. Aku yang pada waktu itu berharap bisa belajar banyak tentang dunia tulis menulis, malahan terikut gabung dan menjadi anggota diawal pembentukan sebuah komunitas.

Setelah pertemuan perdana, tahun pertama tidak banyak lagi tatap muka, obrolan hanya sebatas berbalas pesan melalui facebook. Aku pun belajar sendiri untuk punya blog dengan aliran fiksi dan puisi di platform blogspot. Mempercantik tampilan, sibuk mengganti-ganti widget, sampai pernah memasang widget hewan peliharaan di sidebar blog, aku pun tidak mengerti faedahnya, tapi aku pasang. Sedikit demi sedikit, mulai memahami kisah unik memiliki sebuah blog. Menjadi antusias ketika orang berkomentar menanggapi tulisan. Silih berganti dipertemukan lagi dengan orang baru melalui facebook di dalam grup komunitas. Dari sini mulai akrab dengan Rudi Hartoyo.

2013 Duet Berujung Quartet

Di tahun ini, masih bersama komunitas ini dengan visi yang juga masih sama dengan abang founder dari komunitas ini. Malahan di sini, aku dipercayakan jadi ketua untuk komunitas ini, berdua dengan Rudi Hartoyo kami mulai perlahan-lahan memperkenalkan blogger medan ke komunitas aktif lainnya di kota Medan. Disibukkan dengan mengurusi komunitas, sekaligus memantapkan produktifitas blog yang masih labil. Berbeda dengan Rudi, dari awal aku mengenalnya dia sudah mantap dan makin mantap hingga sekarang untuk fokus ngeblog di jalur wisata, dengan medanwisata.com.

Aku pun mulai perlahan, mencari jati diri dari warna kepenulisan blog, hingga akhirnya mencoba konsisten di jalur komedi, dengan komburkali.com. Lalu apa kabar dengan komburkali, jangan ditanya aku pun malu untuk menceritakannya. Disamping program bulanan yang aku jalankan untuk komunitas ini, kami sangat bersemangat memperkenalkan komunitas ini ke ramai orang. Menghadiri agenda dari komunitas aktif lainnya tanpa diundang, selama setahun banyak yang mengenal komunitas ini. Dari sini, kami mulai menarik beberapa blogger yang gabung di komunitas blogger nasional untuk ikut kembangkan komunitas blogger lokal. Sejak saat itu, kami mulai berempat ke sana sini memperkenalkan blogger medan bersama Rinrin Rinjaniah dan Dewi Sartika.

blogger medan blog m
Zaman Ngeblog di Warnet

Di tahun ini, selain mengurusi blog komburkali aku juga masih semangat berburu kontes kepenulisan di jejaring dunia maya, kebanyakan kontes nasional tentang fiksi. Alhamdulillah, beberapa kontes dijuarai, kontes blog dan juga kontes fiksi. Genap setahun, anggota dari komunitas mulai ramai, kami pun mengadakan anniversary 2 tahun yang sebelumnya tidak ada perayaan 1 tahun dari komunitas ini. Sangat menyenangkan saat itu, tapi tidak lagi setelah tahun kepengurusan berakhir, ada yang berbeda.

2014 Ada Yang Hilang

Tahun sebelumnya ramai teman komunitas di luar komunitas ini tertarik untuk bergabung, namun di tahun ini sangat berbeda, jika tahun sebelumnya selalu aktif gelar pertemuan rutin, tahun ini aktifitas komunitas tidak begitu padat lagi. Malahan, teman yang sepengetahuan mereka aku ketua tahun sebelumnya bertanya-tanya kapan ada pertemuan lagi. Aku hanya bisa membalasnya dengan senyum dan mengujar untuk menunggu informasi dari jejaring media sosial komunitas. Memang, setelah kepengurusan aku dan teman teman di di komunitas blogger ini sudah sangat jarang mengadakan kegiatan pertemuan. Bukan aku saja yang merasa seperti ada yang hilang, banyak teman-teman yang aku kumpulkan dari sudut kota medan juga merasakan hal yang sama, dan berjuang bersama memperkenalkan komunitas ini. Ketika banyak yang memberikan saran untuk membuat komunitas baru, aku pun masih enggan dan segan untuk bergabung di dalamnya, bahkan komunitas sejenis dengan komunitas sebelumnya itu yang membuat hati ini tidak merasa enakan jika bertemu dengan abang founder. Tahun ini aku masih di dalam grup komunitas di facebook, hanya menjadi pembaca komentar yang bisu karena obrolan

Ada yang berbeda dan ada yang hilang, visi itu mulai tidak sejalan, setelah hampir genap setahun aku pun menerima ajakan teman seperjuangan di komunitas ini untuk membentuk komunitas baru. Bukan lari dari kenyataan, lebih tepatnya membuat wadah baru yang kami inginkan bersama, menyamakan visi yang tidak goyah. Walau pun demikian, masih saja ada perasaan segan jika tidak memberi. Walau pun demikian, masih saja ada perasaan segan jika tidak mengabarkan dengan abang founder tentang keberpihakan ini. Apa harus seperti ini jalannya, membuat komunitas baru jika sudah tidak sevisi, membuat komunitas baru jika sudah tidak sehati. Walau pun aku dan abang founder sudah lama tidak berbalas pesan, tapi tetap saja ada perasaan yang mengganjal. Akhirnya tanpa mengabarkan abang founder, aku pun ikut serta menggagas komunitas baru, yang harapannya terus sejalan hingga menua, semoga saja. Tapi aku sangat bersyukur bisa bergabung dan menjadi ketua di komunitas ini, bertemu orang baru belajar mengakrabkan diri dengan orang yang sebelumnya tidak akrab. Sangat menyenangkan.

2015 Komunitas Blogger Tanpa Nama

Digagas oleh Rudi Hartoyo, Mollyta Mochtar, Aizeindra Yoga (aku sendiri), Diah, Agoes Perdana, Rinrin Rinjaniah, Robby Subrata, Dewi Sartika, Septian Hadavi Lubis, Silfana Wina, Ridsal di daerah Asoka tepatnya di kediaman kak Molly. Sebenarnya pertemuan ini, hanya ajang silaturahim yang telah lama rindu, dan akhirnya tumpah dalam canda gurau yang dibalut dengan obrolan ringan. Membuat komunitas baru hanyalah wacana, namun dipertemuan ini malah tercetus untuk diseriusin, akhirnya tergagas tanpa sengaja, bahkan nama dari komunitas ini pun belum tercetus. Hidangan menjamu kami, tempat yang makin mengakrabkan, dan dari sinilah awal dari komunitas tanpa nama ini berdiri.
Peresmian Blogger Medan Blog M di Graha XL Axiata

Setelah beberapa jam dari silaturahim di Asoka itu, kami pun mengumpulkan nama-nama tadi dalam grup, satu persatu teman memberi masukan nama dari komunitas ini. Ada yang serius memikirkan nama komunitas, ada yang sekadar meramaikan obrolan dengan nama yang asal, tapi akhirnya yang terpilh adalah Blog M sebuah singkatan Blogger Medan dari seorang pekerja kreatif di Medan saat itu, Septian Hadavi Lubis. Kenal punya kenal, temannya teman, suasana menyenangkan yang dibangun, dalam setahun komunitas Blog M sangat eksis. Bahkan, pertemuan perdana komunitas Blog M difasilitasi oleh XL untuk peresmian komunitas sekaligus memilih siapa ketua dari komunitas ini.

Terpilihlah Rudi Hartoyo, yang sebelum diajukan berbisik kalau aku saja yang menjadi ketua, trauma masih melekat, beban moral pernah menjadi ketua, akhirnya aku pun mengajukan Rudi Hartoyo juga, dengan iming-iming aku akan menjadi tim sukses. Layaknya penulis dengan ghostwriternya, layaknya sutradara dengan astradanya, aku dalam setahun membantu dan menjadi teman diskusi untuk program-program yang akan dilakukan. Alhamdulillah, tahun pertama banyak sekali dukungan dari instansi dan juga dari relasi komunitas yang kami jalin ketika di komunitas sebelumnya. Pernah beberapa kali featuring bersama komunitas Medan Heritage, Sigi Medan, dan banyak lagi, sering juga diliput dalam surat kabar dan pencapaian paling berkesan ketika melukan agenda bersama Medan Heritage di Istana Maimoon. Memberikan pemahaman sejak dini tentang penggunaan internet secara sehat untuk lestarikan kearifan lokal kepada adik adik panti asuhan, dan aku menjadi pemateri di sini. Hanya menggunakan peraga beberapa lembar kertas yang tercetak logo media sosial, aku mengajak adik adik membuka wawasan mereka tentang penggunaan internet.
Kegiatan Medan Heritage dan Blog M di Istana Maimoon

Agenda demi agenda banyak dilakukan, sering sekali diundang menghadiri agenda mewakili Blog M, dan tidak jarang bertemu abang founder. Aku masih merasa segan saat itu, tapi abang founder tidak mempermasalahkan terbentuknya komunitas sejenis, malahan beliau mengucapkan selamatnya atas terbentuknya Blog M. Wah, aku pun merasa senang, rasa segan menjadi akrab, kami pun sebentar telah larut dalam obrolan. Walau pun berbeda visi, tapi tetap berjalan masing-masing dan menjaga silaturahim.

Tahun pertama yang begitu berkesan, di sini aku mengajukan diri jadi ketua panitia, mengurus segala hal tentang agenda anniversary. Alhamdulillah, bersama teman-teman yang lainnya anniversary berjalan dengan meriah di salah satu ruangan Graha XL Axiata Jl Diponegoro. Mengambil tajuk "OneLINE" pendekatan dari kata online identik dengan kegiatan komunitas Blog M yang berharap tetap online, tetap terhubung dan one line, tetap satu garis, tetap sevisi. Konsep dari anniversary tahun pertama tidak hanya potong tumpeng, tapi juga dengan mengadakan penghargaan sederhana untuk mengapresiasi teman-teman lainnya. Dengan metode pemilihan penghargaan dari teman-teman anggota yang mengajukan nama terbaik menurut mereka. Alhamdulillah aku terpilih sebagai blogger hits pria, mungkin terdengar ada yang aneh, aku ketua panitia aku yang menang penghargaan, bahkan lucunya lagi aku juga mengisi serangkaian hiburan di anniversary ini. Namanya, anniversary komunitas, dari kita untuk kita. Diakhir annivesary sebelum foto bersama, pengumuman nama pengurus tahun berikutnya yang sebelumnya telah dipilih secara pemilihan online.
blogger medan blog m
Anniversary Blogger Medan Blog M tahun pertama


2016 Terpaksa dan Dipaksa

Jadi ceritanya, sebenarnya aku tidak menginginkan untuk menjadi ketua di tahun kedua. hanya saja tidak ada yang ingin mencalonkan diri untuk jadi pengurus. Metode mencalonkan nama pengurus oleh teman-teman, dan namaku pun tertera, hanya beda satu suara yang ingin Rudi Hartoyo jadi ketua Blog M tahun kedua. Dengan banyak pertimbangan, aku pun terpaksa iya untuk menjadi ketua, karena saat itu ada sesepuh di komunitas Blog M yang abstain sesaat melihat tidak ada nama aku dalam calon ketua untuk dipilih. Siapakah sesepuh itu, teman-teman di Blog M silahkan tebak saja.

Pencapaian tahun pertama dari Blog M, memudahkan langkahku menjadi pengurus, banyak sekali di tahun kedua instansi yang nyisip di agenda Durian. Sebuah program silaturahim bulanan yang dikemas dengan berbagi informasi dan edukasi secara umum, Diskusi Ringan Anak Medan (DURIAN). Program ini ada sejak tahun pertama, dan harapannya selalu ada di tahun-tahun berikutnya, nama Durian juga berdasarkan pemilihan terbanyak, diusulkan oleh Dewi Sartika yang menjadi sekretaris di tahun pertama Durian. Layaknya tahun sebelumnya, Blog M tidak diurus sendiri ada bendahara dan juga sekretaris, tapi bedanya di tahun kedua ini, aku minta lebih banyak tim lagi yang mengurusi Blog M. Jika tahun pertama ketua Rudi Hartoyo, Sekretaris Dewi Sartika, dan Bendahara Rinrin Rinjaniah tahun kedua aku minta tim kreatif untuk urus media sosial Blog M.
Salah satu agenda roadshow anniversary tahun kedua, video pariwisata sumut

Aku sebagai ketua yang selalu urus kerjaan sekretaris seperti proposal, dan sekretaris Lynur yang selalu mengurus urusan desain serta bendahara Iyah yang mengurus urusan uang keluar dan masuk. Sedikit cerita tentang Iyah, anggota lama dari komunitas sebelumnya yang berhasil aku ajak untuk gabung di komunitas lokal, padahal si Iyah ini merupakan ketua di komunitas nasional cabang Medan, istilah double agent sih dia, komunitas nasional dan komunitas Blog M juga pengurus. Tim Media sosial ada Yuha sebagai content planner sekaligus leader, ada Wina yang urus twitter dan juga Ririn Anindya yang urus instagram. Yuha ini adalah sepupu dari Iyah yang berhasil diajak gabung, sedangkan Lynur adalah teman kuliah dari Yuha, kalau Wina termasuk anggota lama, kalau Ririn Anindya ini teman dari komunitas FLP Medan yang ikut gabung di awal-awal Blog M terbentuk sama seperti Lynur dan Yuha.

Dari sini, aku sering sekali diundang menjadi pemateri, narasumber talkshow dan juga trainer tentang kegiatan blogging. Sebuah pengalaman yang tidak terlupakan dan sangat berkesan tentunya. Banyak juga serangkaian agenda yang telah kami gelar selama setahun, dari mulai agenda di bulan ramadhan, dan juga acara anniverary tahun kedua. Alhamdulillah, Bank Sumut memberikan kepercayaan penuh saat itu ketika kami mengadakan anniversary. Berlangsung di pelataran gedung Bank Sumut, konsep pun tidak kalah menarik dengan tahun sebelumnya, tidak ada yang berbeda potong tumpeng ada, penghargaan juga tetap ada, lagi-lagi aku juga mendapatkan penghargaan blogger pria terhits. Anniverary tahun kedua mengambil tajuk Blog Fest 2 You, dengan harapan komunitas ini selalu hadir untuk kamu, dan angka dua adalah umur Blog M ketika anniversary berlangsung. Seperti tahun sebelumnya, di akhir annivesary ada pengumuman pengurus untuk tahun berikutnya, ketua Fajar Siagian, sekretaris Amel dan bendahara Ri Amel dan bendahara Ririn Wandes.

blogger medan blog m
Anniversary Tahun Kedua Blogger Medan Blog M, foto oleh agnesiarezita


2017 Dari Blogging Hingga Filmmaking

Di tahun ini aku tidak banyak memberikan kontribusi sebagai anggota, sudah sangat mempercayai teman-teman dalam mengurus rumah tangga di komunitas ini, dari mulai Durian, hingga agenda ramadhan dan lain sebagainya. Blogger Medan Blog M tetap berjalan dengan semestinya, tidak ada yang hilang walau pun berganti kepengurusan. Silaturahim tiap bulan tetap diadakan, agenda di luar durian pun masih ada di tahun ini, namun aku tidak terlalu banyak berkontribusi karena mencoba hal baru di tahun ini, mencoba belajar perfilman dengan komunitas film dakwah di Medan, Fisabilillah Production.

Pertama kali aku edit video untuk video dokumentasi durian di bulan maret 2017,
pakai software Sony Vegas, videonya pakai smartphone

Kenal pertama kali dengan komunitas Fisabilillah Production melalui media sosial facebook yang memberikan sugesti di sudut kanan halaman, nama yang unik untuk sebuah komunitas film pikirku. Tahun ini aku sedang semangat-semangatnya merubah penampilan, dulu yang ke mana-mana pakai celana pendek berangsur malu jika tidak mengenakan celana panjang, dulu dengan siapa saja aku berjabat tangan ketika bertemu kini mulai menjaga sentuhan dengan perempuan yang bukan mahramku. Bukan berarti aku jadi orang baik, tapi di tahun ini aku perlahan mencoba untuk merubah kebiasaan. Sebabnya, ketika menemukan informasi recruitment anggota komunitas film fisabilillah, aku langsung mengajukan diri dan mengajak septian hadavi lubis.

Banyak sekali pelajaran dan pengalaman setelah masuk di komunitas ini, bahkan aku terlibat langsung bagaimana pembuatan film dari awal, di mulai dengan pra-produksi, produksi dan post-produksi dari sebuah film. Aku ingin mempelajari apa pun di dunia baru yang sedang aku jalani, berawal dari ikut serta brainstorming ide cerita "Lenyap Dalam Sunyi" yang akhirnya sukses menjadi film dan memenangkan juara pertama di ajang islamic fest bandung, hingga menulis naskah sendiri berjudul "Aurora". Berawal dari blogging hingga mencoba hal baru seputar filmmaking, terbersit seketika inginku menjadi Syamsul Yusof versi Medan tapi masih jauh perjalanan, hanya angan yang mungkin menjadi impian.

Kembali ke komunitas Blog M, beberapa kali aku sering absen dari agenda durian atau pun pertemuan antar anggota untuk membahas perencanaan kegiatan apa yang dilakukan di tahun ini. Membagi waktu antara Fisabilillah Production dan Blog M ternyata agak sulit, tapi aku memutuskan untuk 75% fokus di Fisabilillah Production saat itu, mengingat Blog M sudah ada yang mengurusi dan Fisabilillah Production aku di sini masih anggota baru, jadi jangan absen kalau ada pertemuan bisa-bisa didrop-out. Alhamdulillah, Blog M di tahun ini banyak melakukan serangkaian agenda dari mulai buka bersama agenda rutin ramadhan dan juga anniversary di salah satu coworking space di Medan. Walau tidak semeriah di tahun sebelumnya, tapi suasana kekeluargaannya sangat jelas terasa, kami jadi saling tukar kisah dan cerita menyambung serta mempererat lagi silaturahim yang mungkin agak kendur. Konsep anniversary tahun ini tidak ada awarding, hanya syukuran bersama, namun masih tetap sama pengumuman pengurus untuk tahun depan setelah anniversary. Ketua yang mengurus Blog M tahun depan Arif Lubis, sekretaris Ika Lubis dan bendahara Siti Rohaya yang dipanggil Susan.

Anniverary Blogger Medan Blog M tahun ketiga


2018 Mempererat Kekeluargaan

Tahun ini pun aku tidak terlalu banyak berbuat, hanya ikut arahan jika sewaktu-waktu tenagaku diperlukan, komunitas film masih aktif ditekuni namun porsinya kini sudah berimbang 25% Blog M dan 25%, lalu 50% lagi, fokus mengikhtiarkan tambatan hati. Durian masih tetap berlangsung di tahun ini, agenda di luar durian pun sangat rutin bahkan di tahun ini dari aktifitas ngeblog aku bisa berangkat ke Jakarta mewakili Medan untuk temu netizen seluruh Indonesia di gedung MPR. Sebuah serangkaian acara selama 3 hari yang diadakan oleh humas MPR untuk menyerukan menjadi netizen yang bijak menanggapi isu hoaks yang seliweran di lini masa dunia maya.

Di sini udah coba-coba pakai premiere pro, videonya pun dari DSLR pinjam dari Ramli

Untuk komunitas film, aku masih rutin, masih memberikan yang terbaik jika dibutuhkan, di tahun ini dipercaya masuk bagian management yang tugasnya saling koordinasi tentang rencana apa saja yang akan dilakukan tahun ini. Pembahasan tidak henti, dari mulai rencana produksi film pendek, screening, dan lain halnya. Tahun ini, aku coba-coba menjajal jobdesk baru di produksi film, menjadi sutradara salah satu film pendek, yang berjudul "katakan putus" sebuah film pendek tentang orang yang diputusin pacarnya, klise sih namanya juga film.

Anniversary tahun ini sangat sederhana, tidak terlalu banyak anggota yang datang dan tidak mengundang banyak orang untuk datang. Sebuah syukuran tahun ke empat yang begitu akrab dan begitu homey, layaknya keluarga sedang temu ramah. Potong tumpeng tidak ketinggalan tiap tahunnya, tapi yang berbeda kami tukaran kado dengan membacakan harapan ke depannya untuk komunitas Blog M. Sungguh menarik dan begitu haru, setelah anniversary tidak ada pengumuman siapa pengurus tahun depan, hanya sebuah diskusi siapa-siapa yang ingin terlibat mengurus Blog M untuk satu tahun kedepan. Oh iya, di anniversary ini aku tidak lagi sendirian, ada seorang istri yang menemani, tambatan hati yang tidak terlalu jauh, karena anggota Blog M juga. Kalau judul FTVnya sih, istriku adalah teman sekomunitasku. Tapi tidak perlulah terlalu banyak berkisah tentang romansa di suatu suasana, nanti yang ada jadi terbawa rasa.
blogger medan blog m
Syukuran Blogger Medan Blog M tahun keempat, foto oleh Ridsal


2019 Masih Tanda Tanya

Seperti apa keseruan tahun ini, mari kita ukir bersama untuk dapat dikisahkan di tahun depan, dan semoga semakin banyak orang yang terinspirasi agar menjadi pribadi yang tanpa menyerah selalu kreatif dengan mengedepankan silaturahim, bukankah silaturahim membuka pintu rezeki. Tidak percaya, dicoba saja, yuk menjalin silaturahim sama aku.

Ulasan ini hanyalah tentang aku yang mencoba tetap eksis dan berusaha menjadi pribadi yang kreatif, bukan semata berkisahkan tentang komunitas Blog M. Karena komunitas Blog M sudah untuk dikisahkan, karena menurut aku komunitas Blog M menyenangkan dan membahagiakan belum tentu orang lain, bisa saja menurut orang lain komunitas Blog M tidak nyaman dan tidak bersahabat. Tiap orang punya kebebasan untuk memberikan pendapat, tidak ada salahnya berbeda pendapat tapi jika pendapatnya merugikan orang lain itu yang perlu waspada. Mungkin bukan komunitas Blog M yang salah, mungkin juga bukan orang-orang di dalamnya yang salah, bisa jadi ada yang salah dalam diri kita.

/semacam ungkapan terimakasih/

silaturahim membuka rezeki,
namun tidak semua rezeki berbentuk materi
dikaruniai pertemanan setulus hati,
adalah rezeki yang tidak mudah tuk diraih

dari kak Nasution Rizky, aku memaknai arti kolaborasi
dari bang Agus Perdana, aku mengerti organisasi
dari bang Wahyu Blahe, aku mencoba optimisasi diri
dari kak Mollyta Mochtar, aku belajar konsistensi
dari bang Jimmy Oloan, aku paham komunikasi negosiasi
dan teman-teman sekalian, adalah rezeki yang selalu aku syukuri

Yoga Aizeindra Musika
WA 081264381755

Posting Komentar

35 Komentar

  1. Sebuah ulasan Blog M yang detail dari tahun ke tahunnya. Senang bisa menjadi bagian dari komunitas ini 🙌

    BalasHapus
  2. Gak detail detail kalilah nikmal, cuman berbagi kisah tentang pengalaman bareng blog m hingga sekarang ini. Masih banyak belum terkisahkan dalam ulasan ini, masih banyak 🙋

    BalasHapus
  3. Wih, Dalem kali Bre...
    Jadi semacem Kaleidioskop Blog M per tahun ya.Aku nikmatin dan ngerasa banget perjalanan Blog M dari setiap yang dituliskan.

    BalasHapus
  4. @massanto/ aku pun pas nulisnya seketika teringat ada yang japri aku dari fb, pas komunitas itu udah gak aktif, trus aku bilang tunggu aja ada kabar baik. Trus tau taunya jdi deh komunitas blog m, trus kau ikut masuk didalamnya 😁

    BalasHapus
  5. Yah walaupun ga detail kali gapapa, asalkan yang inti-intinya terkisahkan. Semangat terus ngeblognya,bang!

    BalasHapus
  6. Bermanfaat sekali bang tulisannya, ntar para anak magang yang masuk blog M harus baca tulisan ini bang biar tau sejarahnya.

    Eh ternyata benerkan tulisan awak,kalau dulu blog M namanya bukan Blog M diawal-awal

    BalasHapus
  7. @nikmal/ kalo perihal semangat sih semangat, tapi ya penyakit pada umumnya, kadang gampang untuk nulis kadang susah mau memulainya. Ada tips biar tetap semangat?

    BalasHapus
  8. @isnaini/ jdi semacam syarat pra anggota harus tau sejarahnya gitu ya, keren juga. Tapi tulisan ini semacam pengalaman aja gabung di komunitas dan memilih aktif didalamnya

    BalasHapus
  9. Kadang rasa semangat itu bisa muncul dari diri kita sendiri tanpa harus memikirkan apa komentar orang lain tentang karya/konten yang kita tulis. Jadi tanamkan mindset dari sekarang jangan malas di waktu luang, seluang apapun nulis aja. Aku udah pernah sih ngasi tips ini di blog aku karena banyaknya masalah dalam berkarya yang sering dicurhatin temenku.

    Untuk tulisan tips dan trik lainnya silahkan langsung ke halaman Kiat di blog aku, ya.

    BalasHapus
  10. Aduh pas baca terakhir, 2019 masih tanda tanya. Ngeri2 sedap awak pas mau bacanya. Wkwkwk

    Aku ngebayangin bg yoga nulis ini pasti ngalir aja gitu. Krna mmg ngalamin sendiri, awak pas baca bisanya ngebayangin, betapa serunya bisa menjadi bagian terpenting di blog M. Kadang jd merasa brrsalah kalau blm maksimal di blog M😭

    BalasHapus
  11. Jadi tahu perjalanan blog M itu bgmn. Tp di postingan lain perlu jg itu menulis tentang si tambatan hatinya, Pak Yoga,biar mengabadi. Trmksh utk tulisan ini, sy yg baru jd pny modal utk lbh dekat dgn blog M. Senang jg Krn bbrp kwn2 FLp jg ada di sini.

    BalasHapus
  12. Thank you for sharing..
    berguna banget bagi emak2 magang kek aku nih. jadi tau perjalanan blog M meski itu dari sudut pandang yang subyektif. Tapi dari salah satu founder gitu lhoo...

    BalasHapus
  13. @nikmal/ makasih tipsnya nikmal, mungkin lain kali bg coba, mana tau bisa diterapkan, kadang agak susah juga ngikutin tips yang sesuai.

    BalasHapus
  14. @jannah/ ada serunya ada gak serunya juga, semua ngeblend jadi satu, tinggal kita aja yang memaknainya kan ya,

    BalasHapus
  15. @fitri/ iya pasti nanti bakalan diabadikan dalam tulisan tambatan hati, senang sekali tulisan ini bisa jadi makin lebih dekat ama blog m

    BalasHapus
  16. @lisda/ karena tiap orang kan punya sudut pandang masing masing kak, kita gak bisa memaksakan sudut pandang kita ama sudut pandang orang lain, bisa jadi kita suka sudut lancip orang lain suka sudut siku, heheh

    BalasHapus
  17. @wily/ dulu durian itu selalu ada perkenalan antar anggota dan peserta umum yang datang, hanya saja semakin kemari, jam durian semakin sempit, dan proses kenalan pun mendadak secara sendirinya ditiadakan, ya gitulah jadinya gak kenal ya kan

    jebakan betmen yang mana nih, hehehe. sebenarnya hampir semua yg datang recruitment 75% lolos, karena dari dia datang saja berarti sudah serius untuk mau gabung, sisanya pande pandelah ya kan hehehe

    kapan ya jadi, tunggu adegan tabrakan di slow motion di SCTV udah gak ada lagi

    BalasHapus
  18. Bener bang, sebenarnya belum tentu tips nikmal bisa cocok sama abang. Harus cocok-cocokan juga ini bang kaya skincare sama jodoh~ eh maap keceplosan 😶

    BalasHapus
  19. @nikmal/ makanya ditest dulu, tapi ada yang gak boleh ditest untuk ngecek kesesuaiannya, cari jodoh gak boleh ditest, hanya bisa pake istikhara hehehe,

    badewe kalo nikmal apa aja yang nikmal rasakan sebelum dan sesudah gabung di blog m?

    BalasHapus
  20. Ashanti lagi tiarap, aasshiiappp!

    Sebelum join di Blog M sih aku suka masih bingung kek manalah ini ya ngeblog yang bagus, atur template, sama gimana caranya bisa konsisten. Setelah join Blog M sih aku bisa dapatin semuanya, sampe-sampe lebihnya aku bisa tau gimana basic SEO, cara mengoptimasi tulisan, dan lainnya. Apalagi juga di Blog M gak ada yang pelit ilmu kaya abang, jadi baru 4 tahun gabung aja udah banyak kali ilmi baru yang didapat.

    BalasHapus
  21. @nikmal/ basic SEO kadang di mana mana, jarang ngasih tau pelit, padahal kan ilmu itu kalo dishare jadi amal jariyah kan, tapi banyak juga sih yang gabung di blog m gak ada dapet apa apa, karena mereka nunggu, nunggu dikasih tau, bukan cari cara untuk kembangin diri.

    kalo mau belajar materi di luar blog m pun banyak orangnya tinggal japri

    BalasHapus
  22. Bener sih kata abang. Dulu tu ya, aku cuman denger-denger sikit gimana nyesuain template yang bagus dari bang Rudi sama bang Davi. Selebihnya aku improve sendiri, belajar dari blogger
    -blogger lain, baik yang di Indonesia maupun blogger luar. Alhamdulillah makin ngertilah. Sekarang aku mau fokus di SEO sih, karena aku kayanya lemah banget di SEO.

    Kapan-kapan bisalah kita sharing bareng kalo waktu luang, bang.

    BalasHapus
  23. @nikmal/ SEO mah ilmu tak pasti, tapi kalo sharing sharing bisalah, karena SEO itu semakin dibahas semakin dalam gak berhenti, dari mulai DA PA, dari mulai building link, dan lain sebagainya
    abang main SEO biasanya di blog lain, kalo di blog ini, ya basic basic ajalah,

    BalasHapus
  24. Tapi walaupun pasti ga pasti tetap ada aja trik-trik ngakalinnya bang. Nah, dari SEO bisa buat kita lebih kreatif lagi kira-kira gimana caranya mesin pencarian itu bisa memikat blog kita. Disitu sih bang kadang aku merasa masih gagap soal SEO

    BalasHapus
  25. Iya bang, jadi para-para magangers udah kenal blog m paling gak dari tulisan-tulisan para pendahulu.

    Jujur awak juga banyak tau setelah baca tulisan-tulisan abang kakak tentang blog m ini

    BalasHapus
  26. @nikmal/ iya sih lebih ke trik ngakalin, tapi lebih nikmat main SEO itu kalo ada goals, semisal personal branding, atau main adsense, atau goals lainnya, jadi makin kreatif kita rajut keyword ke tulisan, banyak yang ngerti SEO tapi kurang paten rajut kata kata

    BalasHapus
  27. @isnaini/ alhamdulillah kalo ulasan pengalaman ini bisa jadi informasi dan bikin banyak tau, semakin tau semakin kenal semakin akrab ya kan, jadi gak segan segan lagi

    BalasHapus
  28. Kalo aku sih SEO lebih ke personal branding aja sih, cuman kadang bang kata-kata yang udah kita tuliskan itu terpaksa bisa ancur sih demi memerhatikan SEO. Itu sih pengalamanku sedikit. Jadi harus tetap kreatif juga dan dipikirin matang-matang nyelipin SEO di tulisan kreatif

    BalasHapus
  29. Hehehehe kayaknya kalau jumpa langsung masih segan-segan juga bang

    Awakni apalah huehuehue

    BalasHapus
  30. hmm, kek gini rupanya cerita blogM, udah bisa jadi artikel wajib untuk anak baru ini bg zen haaha. oiya foto bg rudi sma bg aizen cupu kali ya dulu . Terus videonya kayak nonton TVRI ahaha keren, detik terakhir kok kayaknya lasak kali bg zen wkwkwkkkk

    BalasHapus
  31. Aku terharu,, namaku dibawa-bawa dalam tulisan ini.
    Eh aku siapa? aku medan wisata atau aku si Rudi.. ahhsudahlah,

    BalasHapus
  32. Bener-bener perjalanan mengenai terbentuknya Blog M nih... awalnya penasaran gimana terbentuknya Blog M ini, akhirnya terjawab juga... walau tidak sesederhana itu namun benar=benar bermakna... Alhamdulillah bisa menjadi bagian dari komunitas ini.

    BalasHapus
  33. HALO bang, jadi tersadar, awak ini pun kenal blog M dan sekelumit desas-desusnya dari tambatan hatimu loh ya bang, HAHAHA. waktu itu mikir-mikirnya kolabirasi itu mmg yang terpenting. Bersinergi antar komunitas pun demikian yakan. Jadi juga kalau diingat,awak ini rajin juga ng-Durian dan ikut meramaikan Anniversary blog M, kecuali yang ke4 terakhir sih karena belum anggota sah yakan, terus dapat grenpass anggota, terus terus yagitu. Makasih yak udah sering dibantu belajar tentang blog gini :') Sukses terus ayok.

    BalasHapus
  34. Pengalamannya luar biasa Bang.. Kalau di bikin kartun komik seru kali ya :D
    Salam, Orang Langkat di Bali.

    BalasHapus
  35. Pengalamannya luar biasa Bang.. Kalau di komikin seru kali Bang ya :D
    Salam Orang Langkat di Bali.

    BalasHapus

(〜 ̄△ ̄)〜

Hai kamu pembaca setia blog saya, jika ingin komentar sebagai akun google pastikan blogger profile kamu sudah disetting bagus ya, atau lebih baik menggunakan name/url. Jangan anonim dong, biar mudah blogwakingnya.
Karena jika komentar kamu menjadi broken link, mohon maaf untuk saya hapus dan tidak saya tampilkan di kolom komentar.
SPAM, WAR COMMENT auto delete.

Salam Hangat . . .