Submit URL Langsung Page One, Apa Itu REO? REO adalah . . .

REO adalah Recomendation Engine Optimization, lalu sebenarnya apa itu REO dan apa perbedaan REO dan SEO, seperti apa kelebihan dan kekurangan REO.
Memang tidak ada habisnya ulasan mengenai dunia online marketing, istilah REO tercetus ketika komunitas blogger medan blog m akan mengadakan diskusi ringan membahas template untuk blogger pemula. Kemudian salah satu anggota komunitas, bertanya apakah di durian nanti akan menyinggung bahasan REO untuk blog, wah sebuah istilah baru dan sepertinya ilmu baru menurutku. Aku pun mencari tau di google, dan juga di grup facebook, masih sedikit yang mengulas apa itu REO. Di grup facebook Blogger Indonesia, bahasan ini ternyata sangat ramai, tapi masih menyisakan perdebatan.

apa itu REO

Apakah benar REO adalah teknik baru di dunia online marketing, atau REO hanya perluasan istilah yang lebih khusus dari teknik SEO itu sendiri.

Walau pun REO masih menyisakan tanda tanya dan juga perdebatan sana sini para profesional online marketing, tapi tidak ada salahnya untuk mengetahui sekilas tentang REO. Aku saja yang tidak pernah tamat kajian teknik SEO, malah ada istilah baru lagi REO, jadi makin pusing mana yang lebih bagus untuk dipelajari. Tapi tidak ada salahnya juga, untuk mempelajari kesemuanya baik itu SEO mau pun REO untuk menambah khazanah pelaku online marketing, khususnya blogger seperti aku.
apa itu reo

Apa itu REO?

REO adalah singkatan dari Recomendation Engine Optimization dikutip dari sebuah postingan salah satu anggota grup facebook Blogger Indonesia Ryan Ariana. Dibumbuhi dengan frasa kata "Dengan REO page one jadi lebih mudah dan efisien. Tinggalkan SEO. Tinggalkan Backlink. Gunakan REO" tentunya dengan pembuka obrolan seperti ini siapa yang tidak tertarik untuk mencari tau apa itu sebenarnya REO. Apakah sebuah teknik terstruktur yang harus dilakukan atau sebuah tools untuk membantu sebuah website masuk page one dengan mudah. Aku saja yang masih awam dengan SEO, paham benar bahwa SEO itu rumit dan sulit, tapi dengan melihat sekilas tentang REO yang katanya 2 jam setelah submit url langsung page one, siapa pun langsung terbelalak ingin mempelajarinya.

Kelebihan REO

Masih dikutip dari postingan yang sama milik Ryan Ariana tentang REO dengan tidak lupa kampanye meninggalkan SEO beralih ke REO. Menurutnya REO memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh SEO, tentu hal ini semakin bikin aku penasaran seperti apa sebenarnya REO ini, dan setidaknya berikut kelebihannya.

  • REO bisa bikin page one dalam 2 jam dan di search engine Bing bisa page one hanya dalam 1 jam
  • REO lebih mudah digunakan dan diterapkan, hanya sekali submit url langsung page one
  • REO membantu sebuah website auto search keyword, auto generate meta sehingga memudahkan search engine
  • REO bisa digunakan untuk layanan blogger dan wordpress

Setelah membaca kelebihannya, siapa yang tidak kegirangan untuk mencari tau, bahkan menariknya support pengguna blogger.

reo adalah

Langkah Teknik REO

Masih aku kutip dari postingan Ryan Ariana di grup facebook Blogger Indonesia, selanjutnya menjelaskan bagaimana dengan teknik REO sebuah website bisa masuk ke halaman 1 google atau pun search engine lainnya.

  • Siapkan Website
    Sama seperti teknik SEO pada umumnya, syarat wajib untuk page one ya harus punya website, kalau pun tidak punya website harus punya jejaring media sosial seperti instagram, facebook, dan lainnya. Sampai di langkah ini aku masih antusias tentang istilah REO yang sedang viral ini.
  • Ikut Les REO
    Langkah kedua mungkin redaksinya yang aku belum paham, jika dari pembuka postingannya step by step tools REO menuju page one google, seharusnya tentang teknis bagaimana sebuah website menuju google. langkah kedua seperti ajakan yang ingin belajar REO ikut les dulu, tapi sayangnya les REO dari Ryan Ariana sudah ditutup dari 50 yang daftar diterima 30 orang, kalah cepat aku dapat informasi ini.
  • Praktek Teknik REO
    Selanjutnya praktek teknik REO, ini yang membuatku penasaran seperti apa teknik terapan REO untuk sebuah website agar dengan mudah dalam 2 jam masuk page one. Aku pun masih berkutat di postingan facebook, dan keliling google menelusuri tiap artikel yang mengulas REO.
  • Submit ke Tools REO
    Di langkah ini semakin bingung, setelah penerapan teknik REO selanjutnya submit ke tools REO, seperti apa tools REO ini, apakah berbeda dengan submit url ke tools yang disediakan oleh google yaitu google search console.
  • Page One Google
    Dan selanjutnya, tungguh 2 jam website sudah masuk page one google, sangat menarik.

Kesimpulan dari langkah ini, untuk belajar teknik REO harus memiliki tools REO, dan apakah tools REO ini tersedia gratis atau memiliki lisensi jika digunakan. Mari sama-sama menunggu seperti apa kelanjutan kisah teknik REO ini, untuk semakin menambah rasa penasaran teman-teman, aku juga ketemu postingan bang Ryan Ariana tentang Question & Ask seputar REO, tapi komentar sudah dibatasi. Masih banyak yang belum percaya REO mampu dengan mudah membuat sebuah website page one, ada juga yang penasaran dengan teknik baru yang diulas bang Ryan Ariana ini.

apa itu reo

Bagaimana pun juga, REO adalah hal baru bagiku, tapi tidak menutup kemungkinan untuk aku belajar REO, tapi untuk saat ini aku tunggu informasi terbaru tentang REO seperti apa. Karena aku pun masih belajar online marketing yang aku simpan di blog ini, suatu hari perlu tinggal buka kembali.

Sedikit cerita tentang pengalaman pernah page one dengan mudah, untuk sebuah blog gratisan yang menyasar kata kunci jasa catering. Langkahnya mungkin terdengar rumit dibandingkan dengan langkah REO, tapi ini hanya sebuah pengalaman saja.
  • Pastikan title blog dan description blog sudah sesuah keyword
  • Terapkan basic writing article yang ramah SEO
  • Gunakan Keyword Local Search pada article
  • Perbanyak article keyword turunan
  • Submit URL ke google search console
Dah, gini aja pengalaman aku pernah page one, tapi ini pun karena saingan masih dikit, jadi tidak perlu kerja keras dengan link building, atau bangun backlink sana sini. Salam, semangat belajar.
Previous
Next Post »
0 Komentar